Menulis Tinjauan Pustaka

Cara Menulis Tinjauan Pustaka Secara Sistematis

Tinjauan Pustaka – Dalam setiap makalah dan proposal penelitian tentu harus di buat secara urut dan sistematis, dimana bagian-bagian dalam setiap penyusunan harus terdapat beberapa bagian.

Salah satu bagian terpenting dalam menyusun usulan makalah maupun proposal tersebut yaitu harus terdapat bab tinjauan pustaka apa yang biasanya di sebut dengan studi kepustakaan atau studi literature.

Namun sayangnya, dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini banyak orang yang menganggapnya sebelah mata sehingga sering melupakan bab yang satu ini karena menganggap bahwa pada bagian tersebut hanya sekedar sebagai pelengkap saja.

Tujuan Pembuatan Tinjuan Pustaka

Tujuan Pembuatan Tinjuan Pustaka
ibcurdu.com

Dalam pembuatan karya ilmiah yang baik dan benar, penyusunan bab tinjauan pustaka merupakan suatu keharusan.

Tinjauan pustaka sendiri merupakan bagian dalam penyusunan sebuah laporan penelitian maupun proposal karena dalam bab ini akan diungkapkan pemikiran serta teori-teori yang akan di jadikan landasan dalam melakukan sebuah eksperimen.

Untuk teori yang di sajikan pada tinjauan pustaka menyajikan hubungan antara beberapa konsep yang dipergunakan untuk menjelaskan masalah penelitian yang dilakukan. Sedangkan konsep-konsepnya akan di jelaskan melalaui beberapa variabel  penelitianyang akan dikaitkan dengan para peneliti sebelumnya.

Setelah temuan-temuan tersebut dilakukan, langkah selanjutnya yaitu menyajikan kerangka teori yang berisikan tentang hubungan antar variabel yang akan di teliti.

Sehingga melalui bab tinjauan pustaka ini seorang peneliti dapat memberikan penjelas yang tepat kepada pembaca mengenai dasar pemikiran terhadap penelitian yang dilakukannya.

Terlebih mengenai suatu masalah yang di jadikan penelitian dan juga mengapa variabel yang dijadikan bahan penelitian dianggap memberikan kejelasan untuk hasil eksperimen.

Mengingat begitu pentingnya tinjauan pustaka dalam sebuah penelitian karya ilmiah, maka dapat di maksudkan bahwa tinjauan pustaka adalah kegiatan yang meliputi membaca, mendengarkan serta mencari laporan-laporan penelitian.

Artikel Terkait :  Contoh Teks Dialog Interaktif Singkat dan Menarik

Tak hanya sampai di situ saja, ternyata bahan dari pembuatan daftar  pustaka tersebut memuat teori-teori yang relevan sehingga bisa sesuai dengan penelitian yang sedang di lakukan.

Pada saat inilah kegiatan tersebut sangat penting dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan pendekatan ilmiah yang sudah menjadi keharusan untuk dilakukan dalam sebuah eksperimen karya ilmiah. Untuk hasilnya, kegiatan ini merupakan materi yang nantinyaakan disajikan untuk menyusun dasar kerangka teori penelitian.

Pembuatan tinjauan pustaka ternyata mempunyai tujuan yang harus selalu di perhatikan dimana bab ini berguna untuk mengembangkan wawasan serta pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap penelitian yang pernah di lakukan dalam suatu pembahasan.

Agar lebih mendetail apa itu tujuan dari tinjauan pustaka, berikut beberapa penjelasan yang menjabarkan tujuan dari dibuatnya tinjauan pustaka.

Menemukan Penjelasan yang Dapat Membantu Menafsirkan Data Penelitian

Beberapa sumber pengetahuan mengenai temuan-temuan penelitian yang relevan dapat membantu dalam menafsirkan data penelitian yang sudah dibuah.Besar kemungkinan bahwa hasil temuan yang dilakukan tersebut mempunyai dukung dari temuan-temuan sebelumnya asalkan data penelitian tersebut mendukung dan memberikan rekomendasi.

Menghindari Pendekatan yang Steril

Dalam bagian tinjauan pustaka, sering di jumpai adanya penelitian serupa yang menggunakan pendekatan yang hampir sama sehingga kesemuanya tersebut tidak menghasilkan temuan yang berarti. Oleh sebab itu, pendekatan yang steril sebaiknya tidak digunakan jika anda ingin melakukan penelitian yang sama.

Mengetahui Apa yang Pernah di Lakukan dalam Penelitian yang Sebelumnya

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan para mahasiswa dalam tingkat doctoral yang biasanya dituntut untuk melakukan penelitian yang masih orisinil, bukan merupakan pengulangan penelitian yang pernah di lakukan sebelum-sebelumnya.Dengan melakukan tinjauan pustaka ini maka seorang calon doctor bisa mengetahui bahwa masalah yan dianggap belum pernah di teliti.

Artikel Terkait :  Cara Menulis dan Contoh Daftar Pustaka

Membatasi Masalah dan Ruang Lingkup Penelitian

Seperti diketahui bahwa dalam pembuatan kerangka proposal maupun makalah langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan menentukan topik penelitian.Selanjutnya anda bisa membatasi penelitian masalah serta ruang lingkup untuk penelitian. Dalam setiap kasus mungkin anda akan merasa bingung dalam membatasi masalah serta ruang lingkup untuk bahan penelitian. Jika  mendapati hal tersebut cara terbaik yaitu dengan mendiskusikannya dengan teman yang lebih berpengalaman.

Cara Membuat Tinjauan Pustaka

Menulis Tinjauan Pustaka
epulkatama.com

Agar mudah dalam pembuatan makalah yang bagus, berikut langkah pembuatan tinjauan pustaka  yang bisa anda coba.

Buatlah Outline tentang Informasi Apa yang Anda Butuhkan

Outline yang dimaksudkan disini yaitu jatah kunci dari setiap informasi yang dibutuhkan dimana outline tersebeutakan membantu anda supaya lebih fokus mencari bahan untuk referensi.

Anda bisa menuliskan outline tersebut dalam bentuk paragraf maupun sub judul. Untuk selanjutnya anda bisa mencari referensi sesuai dengan outline yang anda kerjakan.

Mencari Informasi dari Berbagai Sumber

Memang mencari bahan tinjauan pustaka terasa melelahkan, terlebih jika informasi yang akan di cari tergolong baru dan belum banyak orang mengetahuinya. Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir, karena saat ini anda bisa mencari referensi pada jaringan yang lebih luas. Sebagai contoh anda bisa bergabung dalam media social yang terdapat nara sumber penulis buku sesuai dengan referensi yang sedang anda butuhkan.

Jangan Lupa untuk Paraphrase

Paraphrase yaitu salah satu proses yang dilakukan saat pembuatan tinjauan pustaka. Jika anda melewatkan proses yang satu ini maka, sudah dapat dipastikan bahwa karya anda akan di cap sebagai plagiat dimana poses ini merupakan pengungkapan kembali suatu konsep dengan cara lain namun dalam bahasa yang sama tanpa mengubah makna yang sebebarnya.

Contoh Pembuatan Tinjauan Pustaka

Contoh Penulisan Tinjauan Pustaka
blogekstra.com

 

Bab II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Tinjauan Pustaka

Berdasarkan dengan judul penelitian oleh penulis mengenai “Pemanfaatan Buah Pisang Untuk Selai di RT 01 RW 06 Kelurahan Kradenan  KecamatanSelomertoWonosobo” maka diperlukan penjelasan mengenai sejarah awal mula ditemukan pohon pisang, jenis dan pemanfaatan pisang

2.1.1 Pohon Pisang

Mempunyai nama Latin paradisiacal L yang mempunyai daun besar serta berasal dari suku Musaceae. Kata pisang berasal dari bahasa Arab yaitu maus, oleh Linneus dimasukkan dalam kelas Musaceae untuk mendapatkan penghargaan kepada Antonius Musa sebagai dokter pribadi yang menganjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang.

Mulanya, buah ini berasal dari daerah Asia Tenggara yang disebarkan oleh pemuka agama Islam yang selanjutnya disebarkan ke seluruh dunia meliputi daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia terdapat kurang lebih 230 jenis pisang namun yang umum dikonsumsi yaitu pisang raja, kapok, ambo, lampung, nangka, susu, raja jambe dan masih banyak lagi.

2.1.2 Macam-macam Pisang

  1. Pisang yang enak untuk dikonsumsi, dibagi menjadi dua bagian :
  2. pisang yang dimakan langsung tanpa diolah
  3. pisang yang dimakan setelah diolah terlebih dahulu
  4. Pisang yang hanya diambil pelepahnya batangnya sebagai serat
  5. Pisang liar yang digunakan sebagai tanaman hias

2.1.3 Pemanfaatan Pisang

Selain dapat dikonsumsi buahnya ternyata, masih banyak lagi manfaat lain dari buah tersebut seperti

  1. Kulit : dapat dijadikan kompos tanaman
  2. Batang : dapat digunakan sebagai rakit, kertas daun ulang dan kerajinan tangan
  3. Daun : dapat dijadikan alas untuk bungkus makanan
  4. Jantung : diolah menjadi sayur

Leave a Comment