Cara Mengoptimasi Gambar

Tips Dan Trik Optimasi Gambar

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mendatangkan traffik yang melimpah pada blog anda, banyak cara yang dilakukan oleh seorang bloger diantaranya optimasi Off Page seperti mendapatkan backlink yang berkualitas dari berbagai sumber, ada juga optimasi On Page seperti  optimasi, optimasi URL artikel, judul artikel dan URL blog, optimasi gambar, optimasi template atau CSS dan lain lain. Untuk Optimasi artikel anda bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara mudah optimasi blog dan juga optimasi off page. Pada kesempatan saat ini saya akan berbagi tips dan trik optimasi gambar agar bisa masuk diperingkat google.

Optimasi Gambar Agar Seo Friendly

Optimasi Gambar Agar Seo Friendly
Optimasi On Page, Denagn Cara Optimasi Gambar

Untuk mengoptimasi gambar agar seo friendly sebenarnya mudah tapi banyak blog atau website yang tidak menerapkan cara ini, banyak sekali pemula yang hanya fokus pada desain template dan menghiraukan isi artikel dan gambar, padahal konten sangat berperan utntuk mendatangkan traffik. Berikut ini akan sedikit saya jabarkan cara optimasi gambar agar seo friendly, simak baik-baik ya.

1. Optimasi Nama File

Sama seperti judul artikel nama file gambar juga harus mengandung kata kunci, merubah nama file gambar yang akan anda upload kelihatanya memang simple atau sederhana tapi hal ini ternyata membantu mesin pencari untuk menemukan pencarian kata kunci dan juga bisa menaikan SERP pada mesin pencari.Sebagai contoh mungkin file gambar yang akan anda pakai memiliki nama 5758terus.jpg maka anda harus mengantinya dengan nama yang sesuai judul artikel anda misalnya Tips-Dan-Trik-Optimasi-Gambar.jpg

Berdasarkan saran Google Webmaster
Dalam optimasi gambar, sebaiknya Anda menempatkan gambar Anda dalam satu folder di situs Anda, misal “domainsaya.com/gambar”. Selain itu, juga harus berkaitan dengan nama file dan permalink gambar, agar Anda menggunakan tipe file gambar yang umum seperti JPEG, GIF, PNG, dan BMP.

2. Penggunaan Title Dan ALT

Optimasi Gambar Title text Dan Alt Text
Optimasi Gambar Dengan Mengisi Title Text Dan Alt Text Sesuai Keyword

Robot spider mesin pencari tidak dapat melihat gambar yang anda gunakan di dalam website, dia hanya mendeteksi gambarnya berdasarkan kode html. Jadi mengisi  Title Dan Alt sangat diperlukan, di sini saya akan menjelaskan beda dari Title dan ALT

  • Title Text

    Title text adalah informasi tambahan yang diberikan pada sebuah gambar untuk mendukung tema yang sedang dijelaskan dalam sebuah artikel dan judul postingan, biasanya muncul ketika kita mengarahkan mouse ke gambar atau juga biasa disebut hover, pop up yang muncul biasanya dalam bentuk url ataupun keterangan pada  gambar.

  • Alt Text

    Sebuah keterangan singkat yang diberikan pada suatu gambar ,ketika terjadi gangguan jaringan atau koneksi lemot, sehingga bila gambar tidak muncul maka akan muncul kalimat yang diisikan pada Alt text.

Jadi intinya fungsi dari keduanya adalah untuk memberikan keterangan atau deskripsi pada rombot spider mesin pencari. Tag Title text dan Alt text juga berfungsi sebagai kata kunci atau deskrisi dari gambar tersebut, pastikan deskripsi yang anda masukan pada Alt text dan title text sesuai dengan gambar yang anda gunakan, dan juga hindari menggunakan keyword stuffing (menggunakan kata kunci secara berulang-ulang) pada kolom deskripsi.

3. Ukuran Gambar

Ukuran Gambar Sesuai Untuk SEO
Gunakan Ukuran Yang Ringan Agar Loading Website Cepat

 

Ukuran gambar juga termasuk teknik seo on page tentang performa loading suatu website, oleh karenanya anda dapat memperkecil ukuran gambar tersebut tanpa mengurangi kualitas dari gambar itu sendiri. Anda dapat mengatur width dan height, cara mengubahnya anda bisa masuk ke mode html pada halaman penulisan anda, gunakan kode ini untuk mengatur ukuran gambar sesuai keinginan anda.

< img src=”http://sarungpreneur.com/cara-optimasi-gambar. jpg” width=”90″ height=”90″>

Pemakaian ukuran gambar penting untuk menjaga loading website yang anda kelola, terutama jika anda pengunjung website anda tinggal di daerah yang jaringan internetnya masih lemot. Loading blog yang berat akan mempengaruhi pengunjung website anda, karena bila loading website yang anda kelola berat pengunjung akan merasa kesal dan mungkin akan langsung menutup atau meninggakan website anda.

4. Gunakan Plugin SEO Friendly Images

Seo Friendliy Image
Plugin Seo Friendly Image Untuk Membantu Optimasi ALT text Dan Title Text Secara Otomatis

Plugin ini bisa memudahkan anda untuk mengisi Alt text dan Title text pada gambar yang anda gunakan. Dengan memasangan plugin ini pada website yang anda kelola, apabila anda lupa untuk mengisi Alt text dan Title text pada image yang anda upload, secara otomatis plugin ini akan membuat Alt text dan Title text pada gambar tersebut sama dengan judul postingan yang menggunakan gambar tersebut.

Artikel Terkait :  Cara Melawan Rasa Takut

3 thoughts on “Tips Dan Trik Optimasi Gambar

    • Untuk baris keterangan bisa di isi tentang penjelasan singkat tentang gambar dan dari mana gambar di ambil. Sedangkan untuk description diisi dengan penjelasan secara mendetail mengenai gambar. Usahakan untuk menyisipkan “kata kunci” yang akan dioptimasi. Selain itu jumlah kata pada deskripsi semakin banyak semakin bagus 🙂 saya pribadi biasanya mengisi penjelasan pada kolom deskripsi sampai 40 kata

Leave a Comment