Cara Menghilangkan Rasa Malas

21 Tips Sakti Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cara menghilangkan rasa malas ketika melakukan aktivitas akan kita bahas bersama di artikel ini ya :). Rasa malas mungkin menjadi momok buat Anda dan bisa menjadi salah satu penyebab yang bisa menghambat untuk meraih kesuksesan.

Coba bayangkan bila Anda sedang berusaha membangun sebuah usaha mulai dari awal dengan sebuah perencanaan yang sudah sempurna, tapi tiba-tiba ketika akan menjalankan usaha tersebut malah tersandung rasa malas yang hingga pada diri Anda. Tentu hal itu akan menjadi penghambat Anda dalam meraih sebuah kesuksesan.

Rasa malas tidak hanya menghalangi Anda dalam hal mengejar kesuksesan. Tapi hampir semua kegiatan yang positif selalu di hambat oleh rasa malas yang ada pada diri Anda. Biasanya orang-orang yang sukses dalam bidang yang ditekuninnya tidak pernah berhenti mencoba dan selalu berusaha untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapinya sehingga bisa bersemangat dalam menjalankan aktivitas harian.

Oleh karena itu Anda harus melawan rasa malas itu agar bisa menjalankan semua rencana yang telah dibuat sehingga bisa lebih cepat menggapai cita-cita yang telah ditetapkan sejak lama. Faktor yang mempengaruhi kemalasan seseorang mungkin akan berbeda-beda tergantung dari keadaan lingkungan, ekonomi dan pergaulan.

Misal orang yang secara ekonomi susah akan selalu bekerja keras tanpa malas, karena di tahu bahwa kalau tidak bekerja tidak bisa makan dan kelaparan. Sedangkan orang yang sudah mendapatkan banyak warisan akan cenderung malas bekerja karena dia merasa sudah mempunyai banyak uang dan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlepas dari semua hal itu kita harus bisa melawan rasa malas yang ada pada diri sehingga bisa terus bertumbuh menjadi lebih baik lagi dalam segala hal.

Artikel Terkait :  Menjual Rumah dengan Menggunakan Jasa Iklan

Cara Menghilangkan Rasa Malas

cara menghilangkan malas
Sumber Gambar : news.softpedia

Malas adalah suatu sifat yang wajib kita hindari, jika kita terbawa oleh rasa malas maka akan berdampak buruk pada kehidupan dan juga karir, pendidikan, bahkan untuk kesehatan tubuh kita. Banyak orang yang terbawa dengan khayalan pada dirinya tapi mereka tidak melakukan apapun selain hanya berkhayal saja. Oleh karena itu mari kita lakukan beberapa hal ini yang bisa menghilangkan rasa malas dari diri kita.

Membuat Pola Hidup yang Lebih Baik

Cara Mengatasi Rasa Malas

Rasa malas sering kali muncul pada diri kita karena pola kehidupan yang kita jalani tidak teratur, malah cenderung berantakan. Contoh sederhananya adalah seseorang yang bangun kesiangan akan cenderung untuk tidak merapikan tempat tidur karena buru-buru untuk memulai aktivitasnya.

Hal ini akan berdampak buruk pada aktivitas lain pada hari itu. seperti ruangan kerja yang berantakan, penyimpanan dokumen atau arsip tidak tertata dengan baik, catatan-catatan penting yang tidak tersimpan pada tempatnya sehingga membuat Anda semakin malas dalam bekerja.

Jika sudah demikian parahnya dan hal itu berlangsung dalam waktu yang lama, tanpa Anda sadari kebiasaan-kebiasaan itu akan membuat Anda terjangkit rasa malas tingkat akut. Oleh karena itu mulai dari sekarang pastikan semua hal yang berantakan dalam hidup Anda disusun kembali agar lebih rapi dan teratur.

Anda bisa memulainya dengan bangun lebih pagi, dan mulai membersihkan tempat tidur dan diri Anda sendiri agar lebih segar dalam menjalani aktivitas rutin. Selain itu hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah jadwal secara mendetail aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu.

Kerjakan Hal yang Sulit di Pagi Hari

Cara Untuk Menghilangkan Rasa Malas
pepworldwide.com.au

Pada waktu pagi hari adalah ketika otak dan tubuh kita masih sangat segar karena telah diistirahatkan dalam selang beberapa waktu. Oleh karena bentuk kebiasaan untuk bangun lebih awal untuk membersihkan diri dan juga menikmati sarapan pagi. Setelah itu kerjakan pekerjaan yang menurut Anda sulit dikerjakan di waktu pagi. Jangan menunda-nunda sampai siang apalagi sampai malam, karena di waktu-waktu itu tubuh kita sudah dalam keadaan lelah.

Banyak menunda-nunda sesuatu akan membuat beban serta pekerjaan kita semakin menumpuk dan ujung-ujungnya Anda akan menjadi malas mengerjakan pekerjaan tersebut. Dan parahnya lagi pada esok hari kemalasan Anda akan semakin berlipat ganda karena banyaknya pekerjaan menumpuk yang belum kamu selesaikan.

Hindari Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur Sebelum Waktu Istirahat

Cara Mengatasi Rasa Malas
blog.reship.com

Apabila masih ada tugas atau pekerjaan yang belum Anda selesaikan makan percepat proses pengerjaannya. Di samping itu jangan melakukan hal yang akan mendatangkan rasa malas seperti duduk-duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang meski dengan alasan untuk beristirahat sebentar.

Tanpa Anda sadari kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas akan memancing rasa malas yang akut dan sulit untuk dihilangkan karena telah menjadi sebuah kebiasaan rutin. Apabila Anda keasyikan duduk di sofa sambil menonton TV, akibatnya pekerjaan yang seharusnya selesai hari ini akan terbengkalai akibat Anda beristirahat dahulu sebelum waktunya.

Memotivasi Diri Sendiri untuk Menjadi Lebih Baik

Cara Hilangkan Rasa Malas
randyfrazier.com

Berikan motivasi pada diri Anda sendiri untuk menjauhi rasa malas. Misalnya bila Anda perlu untuk mandi pagi ketika hari libur, biasanya pada saat itu rasa malas seringkali muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti itulah Anda harus memberikan keyakinan terhadap diri Anda untuk tidak mengikuti kebiasaan buruk tersebut. Yakinkan diri Anda bahwa mandi pagi memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh Anda.

Dengan membiasakan diri untuk memberikan motivasi diri dalam melakukan hal-hal positif akan membuat rasa malas sedikit demi sedikit akan hilang dari diri Anda. Selain itu Anda akan merasakan bahwa mengerjakan kegiatan-kegiatan positif tidak lagi terasa berat bahkan Anda akan melakukan kegiatan tersebut secara sukarela dan ikhlas.

Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Malas
philipcaruso-story.com

Setiap Anda berhasil mengerjakan aktivitas yang berat dan berhasil melawan rasa malas yang menghadang jangan sungkan untuk memberikan sebuah hadiah kecil pada diri Anda sendiri. Misalkan bila Anda bisa bangun pagi dan bisa menghindari rasa malas maka berikan ucapan selamat dan berikan sebuah hadiah seperti makan menu sarapan yang disukai atau hal menyenangkan lain.

Artikel Terkait : Bisnis Rumahan Modal Kecil Penghasilan Jutaan

Begitu juga sebaliknya, bila Anda bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas maka jangan ragu untuk memberikan sebuah hukuman bagi diri Anda. Hukuman itu tidak harus berat cukup dengan melakukan hal yang tidak Anda sukai atau hal lain yang sangat Anda takut melakukannya. Dengan menggunakan hadiah dan hukuman akan membiasakan diri Anda melakukan hal-hal yang baik saja, karena pada dasarnya manusia itu menghindari sengsara dan mencari nikmat.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Malas
worldwiderunning.com

Olahraga adalah sebuah aktivitas yang perlu Anda lakukan karena aktivitas olahraga saat ini menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda rutin melakukan olahraga maka akan tertanam rasa semangat di dalam tubuh terasa seperti tidak ada habisnya. Rasa malas kadang juga disebabkan karena tubuh kekurangan asupan gizi serta vitamin dan juga kurangnya olahraga.

Oleh karena itu usahakan meluangkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga misalkan seperti lari di pagi hari atau olahraga ringan yang lainnya. Jika Anda bosan dengan olahraga yang itu saja mungkin bisa memvariasikan dengan olahraga lain seperti renang, main futsal, atau jenis olahraga yang menyenangkan lainnya.

Menghilangkan Rasa Malas dengan Cara Islam

Menghilangkan Rasa Malas dengan Cara Islam
Sumber Gambar : islamiccenterr.blogspot.com

Dalam agama Islam rasa malas sangat dilarang karena akan menjadikan seseorang menjadi pengkhayal dan tidak produktif. Orang malas sering berkhayal dengan berandai-andai “Seandainya aku melakukan ini, tentu hasilnya akan begitu dan tidak begini” Itulah kalimat yang digunakan oleh si pengkhayal yang cenderung semu dan tidak akan terjadi.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasalam pernah mewanti umatnya untuk tidak mengumbar kata “seandainya” kata kata-kata itu merupakan tipu daya setan untuk menjerumuskan manusia dalam sebuah kemalasan.

Firman Allah dalam al-Qur’an (artinya):

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan salat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS an-Nisa’ [4]: 142)

Jika Anda telah terjangkit rasa malas dan ingin mengusirnya berikut ini ada beberapa tips yang diajarkan oleh Rosulullah shallallahu alaihi wasallam:

Memperbanyak Berdoa Agar Dihindarkan dari Rasa Malas

Doa adalah sebuah senjata yang paling ampuh bagi umat muslim dalam hal apapun, karena hal ini merupakan salah satu bentuk penghambaan diri kita pada Allah yang maha kuasa. Ibnu Qayyim dalam karyanya al-Jawâb al-Kâfî li Man Sa’ala ‘anid-Dawâ’ asy-Syâfi, menjelaskan bahwa obat mujarab untuk menyembuhkan jiwa orang mukmin yang sudah terjangkiti berbagai penyakit adalah berdoa dan bersungguh-sungguh dalam doa. Di antara doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menanggulangi rasa malas adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ والْجُبْنِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ. رواه أبو داود

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesusahan, dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan sifat malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir dan pengecut, dan aku berlindung pada-Mu dari hutang yang tak mampu ditanggung serta kesewenangan orang yang tak mampu dilawan.” (HR Abu Dawud).

Lawanlah Rasa Malas dan Nafsu yang Dibisikan Oleh Setan

Rasa malas sebenarnya adalah dari bisikan. Setan akan terus berusaha mengusik dan membujuk kita agar mengikuti hawa nafsu manusia untuk menjadi pemalas dalam hal aktivitas maupun dalam hal ibadah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Setan mengikatkan tiga ikatan di belakang kepala salah seorang dari kalian ketika tidur. Pada setiap ikatan setan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah.” Apabila salah seorang dari kalian terjaga dari tidur, lalu menyebut nama Allah, maka akan terlerai satu ikatan. Jika ia mengambil wudu, maka terlerai satu ikatan lagi. Dan jika ia salat, maka terlerailah semua ikatan. Jika demikian, maka ia akan bangun di waktu pagi dalam keadaan rajin serta lapang hatinya. Jika ia tidak (melakukannya), maka ia bangun pagi dalam keadaan buruk jiwanya dan diliputi rasa malas.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibn Hibban, dan lainnya)

Hadist ini menunjukan pada kita bahwa rasa malas adalah salah satu senjata yang digunakan oleh setan untuk memperdaya manusia. Oleh karena itu kita harus terus melawannya dengan cara tidak mengikuti apapun yang dibisikan olehnya termasuk dengan rasa malas. Jika Anda bisa melawan dan mengalahkan bisikan setan maka secara otomatis rasa malas yang ada pada diri Anda akan hilang karena pada hakekatnya rasa malas berasal dari setan.

Usir Rasa Malas dengan Menimba Ilmu

Ilmu adalah hal yang diwajibkan kepada umat Islam, karena dengan ilmu kita bisa melakukan hal-hal baik. Biasanya orang-orang yang mempunyai cukup ilmu akan menghindari rasa malas yang karena tahu betapa buruknya kebiasaan itu. Dengan memiliki ilmu yang luas akan mempermudah kita dalam memahami suatu hal dari segi kebaikan ataupun keburukannya.

Dengan memiliki ilmu kita akan tahu faedah-faedah melakukan suatu hal. Misalkan dalam hal sholat berjama’ah, orang yang memiliki ilmu tentang hal ini akan termotivasi dalam mengerjakan ibadah ini, dan dia akan menghiraukan apa yang di bisikan oleh setan untuk membuatnya menjadi malas. Oleh karena itu maka salah satu anjuran Islam untuk mencari ilmu wajib dilakukan agar terbebas dari sifat-sifat negatif yang akan merusak keimanan kita.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar
Sumber Gambar : http://www.okposberita.biz/

Saat Anda sedang belajar biasanya banyak sekali godaan yang mengganggu seperti ngantuk, atau hal-hal lain yang bisa mengalihkan fokus Anda. Hal ini bisa jadi menjadi sebuah tanda rasa malas sudah mulai ada pada diri Anda. Bila timbul rasa kantuk maka segeralah membasuh muka dengan air atau mungkin bisa langsung mandi agar badan kembali merasa segar dan bugar. Dengan begitu Anda bisa menyerap materi pembelajaran dengan baik. Bila hal itu belum cukup untuk mengusir rasa malas mungkin Anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini.

Mengganti Posisi Duduk Ketika Sedang Belajar

Bila Anda sedang dalam proses belajar dan tiba-tiba menjadi malas cobalah untuk merubah posisi duduk Anda. Berdirilah selama beberapa detik lalu duduklah kembali dengan posisi yang membuat tubuh Anda nyaman. Jika perlu Anda bisa mengganti kursi yang Anda gunakan untuk duduk agar bisa kembali fokus dalam proses belajar.

Pindah Tempat Belajar

Tempat belajar yang digunakan selama beberapa jam akan membuat Anda memicu rasa malas dan bosan. Oleh karena itu untuk menyiasatinya agar tidak bosan dalam belajar adalah dengan berpindah lokasi belajar misalkan Anda beralih dari belajar di kamar tidur beralih ke ruang tamu yang penting jangan berpindah kedapur ya, nanti ngag jadi belajar malah ngabisin makanan. :v

Lakukan Relaksasi

Bila tubuh serta otak Anda dipaksa terus-menerus bisa terbebani dan lama-lama bisa membuat konsentrasi Anda menjadi buyar. Untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat tersebut Anda bisa melakukan rileksasi atau penyegaran tubuh selama beberapa menit. Anda bisa melakukan relaksasi dengan mendengarkan musik kesukaan, pergi ke taman yang memiliki udara sejuk, ke kolam renang atau mungkin pergi ke pantai yang memiliki pasir putih ombak yang tenang serta pasir putih yang indah.

Sambil Makan Camilan

Agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan Anda bisa selingi kegiatan itu dengan aktivitas lain seperti makan camilan yang sehat. Anda dapat menyediakan buah-buah segar seperti pisang atau apel di meja belajar. Ketika Anda sedang belajar dan memahami materi selingilah dengan memakan buah-buahan yang telah disediakan. Pergerakan mulut akan membuat otak Anda tidak hanya fokus pada belajar saja sehingga akan mengurangi rasa jenuh yang ditimbulkan pada saat belajar.

Rubah Pola Belajar

Bila selama ini Anda belajar dengan membaca dan menghafal saja, mungkin sudah saatnya Anda merubah pola belajar agar tidak cepat bosan. Anda bisa mencari proses belajar alternatif seperti dengan mendengarkan audio atau video materi yang sedang dipelajari. Saat ini hal itu sangat mungkin dilakukan karena sudah tersedianya berbagai fasilitas seperti DVD, Labtop atau tape recorder.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Sholat

Cara Menghilangkan Rasa Malas Sholat
bisahilang.com

Sholat adalah suatu ibadah yang wajib untuk dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bila meninggalkan sholat dengan sengaja akan memperoleh dosa yang sangat besar. Tetapi kadang ada saja seorang yang mengaku beragama Islam tapi tidak mengerjakan sholat karena malas. Bagi Anda yang mengalami hal seperti ini mungkin bisa melakukan beberapa cara ini untuk menghilangkan rasa malas mengerjakan sholat.

Tanamkan Niat yang Kuat di Dalam Hati

Segala sesuatu bisa terjadi karena adanya suatu niat yang kuat, baik itu perbuatan positif atau negatif. Contoh sederhananya ketika Anda akan mengerjakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat Muslim niatkan di dalam hati Anda ingin melakukan ibadah itu agar mendapatkan ridho dari sisi Allah yang maha esa.

Dan bila Anda meninggalkannya yakini bahwa meninggalkan ibadah wajib akan mendapat dosa serta siksa yang sangat berat kelak di akhirat nanti. Dengan melakukan itu Anda akan kembali bersemangat dalam melakukan ibadah apapun.

Imbangi dengan Kebiasaan Positif

“Seseorang menjadi bisa karena terbiasa” , pepatah itu mungkin sangat cocok untuk menggambarkan faktor keberhasilan seseorang dalam melakukan sesuatu. Jika kamu seorang pria maka lakukan sebuah kebiasaan untuk selalu sholat di masjid atau di mushola terdekat dari rumah. Lama-kelamaan kebiasaan ini akan tertanam kuat di dalam diri Anda sehingga akan terasa aneh bila Anda tidak mengerjakan sholat berjama’ah di masjid.

Jangan Menunda-nunda Waktu Sholat

Bila Anda telah mendengar suara adzan maka tinggalkanlah semua aktivitas dan segeralah menuju ke masjid terdekat untuk melakukan sholat berjama’ah. Jangan menunda-nunda karena alasan sedang sibuk atau sedang tanggung karena pekerjaan Anda tinggal sedikit lagi selesai, sebenarnya alasan-alasan itulah yang membuat Anda menjadi seorang pemalas dalam mengerjakan ibadah.

Segeralah melakukan sholat apabila sudah mendengar suara adzan sehingga hati dan pikiran Anda akan merasa tenang sehingga pekerjaan Anda pun akan cepat terselesaikan dengan baik karena mendapatkan banyak inspirasi setelah melakukan sholat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja
terselubung.in

Rasa malas kadang kala hingga pada diri kita ketika sedang bekerja. Rasa malas ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena akan mempengaruhi kinerja Anda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal ini akan berdampak buruk pada posisi Anda pada perusahaan tersebut yang lebih buruknya Anda bisa saja dikeluarkan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Segera usir rasa malas itu dengan melakukan beberapa tips berikut.

Membasuh Muka dengan Air

Membasuh muka dengan air adalah salah satu cara yang cepat untuk mengusir rasa kantuk yang pada akhirnya bisa menyebabkan rasa malas. Dengan membasuh muka maka otot akan menjadi lebih rileks dan juga wajah serta otak akan terasa lebih segar sehingga Anda siap untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan.

Hirup Udara Pagi

Udara pagi memang baik untuk kesehatan karena belum banyak terkena polusi dari asap kendaraan atau pabrik. Jadi biasakan untuk bangun lebih awal dan hirup udara pagi, rasakan sensasi kesegaran udara tersebut. Anda akan seperti mendapatkan energi dan semangat baru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang menjadi tugas dari pekerjaan Anda. Anda juga bisa melakukan meditasi di pagi hari untuk mendapatkan sebuah ketenangan jiwa.

Berteman dengan Orang yang Lebih Sukses

Jika Anda memiliki teman yang sudah sukses sering-sering bergaul dengan mereka. Biasanya orang yang sudah meraih kesuksesan mereka lebih giat dan tekun dalam bekerja. Dengan bergaul dengan mereka Anda akan terbawa dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang mereka lakukan. Jangan sungkan pula untuk menanyakan apa yang menjadi motivasi mereka sehingga bisa meraih kesuksesan.

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Olahraga

Cara Menghilangkan Rasa Malas dalam Olahraga
manjur.net

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga kita. Oleh karena itu jangan biarkan Anda terjangkit penyakit karena malas olahraga. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh kita.

Bila Anda termasuk orang-orang yang sibuk cobalah luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan seperti lari atau bersepedah santai di pagi hari. Agar Anda tidak malas dalam melakukan aktivitas olahraga ikuti beberapa tips berikut.

Lakukan Olahraga di Rumah

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke tempat fitnes kenapa tidak melakukan olahraga di rumah Anda saja. Sudah banyak sekali tutorial yang ada di internet yang bisa Anda dapatkan secara gratis terkait dengan olahraga dan membentuk tubuh agar terlihat lebih atletis. Yang terpenting Anda konsisten melakukan olahraga meskipun di rumah akan membuat tubuh Anda terlihat lebih ideal.

Carilah Tempat Olahraga yang Cocok

Bila Anda sudah bergabung dengan salah satu pusat kebugaran yang ada di kota Anda, terkadang banyak sekali alasan yang membuat Anda malas pergi ke tempat tersebut. Masalah tersebut terjadi bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti lingkungan atau jenis latihan yang tidak cocok dengan Anda. Solusinya adalah dengan mencari tempat kebugaran lain yang bisa membuat Anda nyaman sehingga Anda tidak akan malas lagi pergi ke tempat kebugaran itu.

Jangan Cepat Bosan

Bila Anda berolahraga untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih ideal maka janganlah berharap itu bisa terjadi dengan cara instan. “keep it fresh” itulah prinsip yang harus Anda yakini ketika ingin berolahraga. Karena bila sudah bosan, alasan apapun yang akan Anda peroleh dari berolahraga tidak bisa mengembalikan mood Anda untuk berolahraga. Atau bisa juga Anda mencari jenis olahraga lain yang lebih menantang, sehingga dapat memacu adrenalin.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa malas. Mungkin Anda bisa melakukan tips-tips yang menurut Anda mudah untuk dijalani. Dengan begitu rasa malas yang ada pada diri Anda akan semakin berkurang. Selamat mencoba dan tetap semangat ya.

1 thought on “21 Tips Sakti Cara Menghilangkan Rasa Malas

Leave a Comment