optimasi seo off page

APA ITU SEO OFFPAGE

Menyambung artikel saya sebelumnya tentang optimasi web dengan mudah, saya mejelaskan ada tiga faktor penting dalam SEO yaitu on page, off page dan keyword research. Dan pada kesempatan saat ini saya akan membahas sedikit tentang pengertian optimasi seo off page. Seo off page dapat dikatakan juga optimasi seo diluar blog atau web (dibelakang  layar) yang telah kita buat, dengan artian anda harus membangun sebuah link yang mengarah ke web atau blog yang anda miliki atau biasa disebut link building.

SEO off page
SEO off page

 

Optimasi Off Page

Aktifitas seo off page bisa dilakukan oleh siapa saja diluar admin yang mengelola blog, biasanya tanpa disadari banyak orang yang mebantu optimasi blog kita dengan menyebarkan link url ke sosial media yang menimbulakan efek viral, hal itu bisa saja terjadi apabila anda memiliki konten yang berkualitas sehingga membuat orang yang  mengunjungi blog anda ikut menyebarkan artikel yang dia baca. Seo off page biasanya dilakukan oleh seoarng bloger dengan cara mempromosikan blognya agar robot google mendeteksi blog yang kita punyai mempunyai autoritas yang baik, sehingga blog kita mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari google. Agar blog anda mendapatkan kepercayaan dari google sebaikanya dalam membangun backlink usahakan agar terlihat secara natural, yaitu grafik baclink yang di buat terus menanjak secara konsisten. Lalu bagaimana cara membangun backlink yang baik?? sebenarnya inti dari seo off page adalah membangun backlink dari sumber-sumber yang berkwalitas. Contoh situs-situs yang bisa menjadi sumber backlink yang berkualitas.

off-page-SEO
Optimasi seo off page
  • Web Directory

Cara ini jarang dilkukan oleh sebagian praktisi seo yaitu mensubmit ke website directory, sebenarnya dengan mensubmit blog kita ke website directory bisa memberikan traffik signifikan untuk blog yang baru dibuat. Karena web directory rata-rata memiliki traffik yang besar dan pageranknya sudah tinggi.

  • Sosial Media

Sekarang ini social media juga merupakan hal yang penting dalam seo, karena dari sosial media kita bisa mendapatkan traffik yang melimpah, selain itu dalam alogaritma google sosial media juga sangat diperhitungkan karena google beranggapan sosial media menjadi tempat berkumpulnya orang dari berbagai belahan dunia. Jika kita mendapatkan visitor dari sosial media, maka google menilai visitor kita itu benar-benar manusia bukan robot yang menyusup ke web kita.

  • Sosial Bookmark

Sosial bookmark ini penting untuk para blogger, para blogger diluar negeri menjadikan aktifitas bookmark ini sebagai aktifitas wajib setelah merea melakukan pembaharuan artikel yang ada di dalam blog mereka. Bebrapa sosial bookmark yang populer dan banyak digunakan oleh para blogger adalah pinterest, delicious, Stumbleupon, Reddit, dan masih banyak lagi yang lainya.

  • Artikel directory

Cara ini sudah banyak digunakan oleh sebagian blogger untuk mendapatkan backlink, artikel directory digunakan untuk mengenakan blog kita ke banyak orang denga cara menulis suatu artikel, di dalam artikel yang telah di buat itu disisipkan beberapa link yang mengarah ke blog yang dimilki.

  • Forum

Ini adalah media yang bisa  digunakan untuk mempromosikan blog kita, forum merupakan salah satu tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffik, salah satu caranya adalah dengan rajin posting atau berkomentar pada thread yang dibuat oleh orang lain dengan meninggalkan signature  yang mengandung link mengarah ke blog kita. Thread harus sesuai dengan bahasan blog kita, dan signature yang di tulis sesuai keyword yang telah anda bidik.

Kesimpulan

Optimasi off page memerlukan waktu yang lama, link yang dibangun harus secara natural dan berkelanjutkan sehingga link yang di bangun memiliki indeks yang selalu naik. Ketekunan dan keuletan mutlak diperlukan untuk membangun link building off page.

Artikel Terkait :  Cara Mudah Optimasi Blog

1 thought on “APA ITU SEO OFFPAGE

Leave a Comment