Foto Bareng Mas Gugus

Bincang Santai Bareng Mas Gugus Sakti

Pagi kemarin pada tanggal 13 februari ada notifikasi di facebook saya, ternyata itu dari Ibrahim vatih yang memberitahukan bahwa nanti siang akan ada tamu undangan yang datang ke pesantren sintesa untuk sharing pengalamannya selama bergelut di dunia internet marketing.Acara seperti ini memang rutin di jadwalkan oleh mas vatih setiap akhir pekan, selalu mengundang teman-teman beliau untuk berbagi pengalamanya. Kali ini yang diundang ke pesantren sintesa adalah mas Gugus sakti, salah satu praktisi internet marketing yang fokus di periklanan.

Postingan Status Di Group Facebook
Postingan Status Di Group Facebook

Akhirnya Datang Juga

Setelah pengumuman di facebook itu rasa penasaranpun mulai merasukiku, akhirnya aku coba cari deh di google langsung ketik keyword nama “Gugus sakti” dan saya menemukan nama beliau terpampang di halaman pertama di mesin pencari google. Pertama buka blog pribadi beliau, ternyata tulisanya asyik enak untuk dibaca dan konten yang dimuatpun juga sangat bermanfaat. Akhirnya setelah menunggu beberapa jam, mas Gugus datang juga, sekitar pukul 14:15 wib beliau sampai di markas pondok sintesa.

seach gugus sakti di google
seach gugus sakti di google

Acara sharingpun akhirnya dimulai dengan mas Rully sebagai moderatornya, setelah menyampaikan beberapa hal akhirnya mas Rully pun mempersilahkan mas Gugus untuk memperkenalkan diri dan sharing pengalamannya.
Beliau mulai menceritakan pengalamanya, saat pertama kali mengenal internet pada tahun 2003, yang pada saat itu kecepatan internetnya baru 16 kB/s, “wah sudah lama banget ya, saya aja masih SD dan belum ada sinyal juga di desa saya”. Awal mas Gugus terjun ke dunia internet fokus di bidang adsense, tapi pada tahun 2007 google memperbaharui alogaritmanya yang menyebabkan akun-akun adsense banyak yang dibanned dari google, akhirnya beliau menekuni dunia affiliate marketing.

Kunci Sukses Menjadi Internet Marketing

Dari bincang-bincang santai dengan mas Gugus ada beberapa poin-poin penting yang beliau sampaikan kepada kami agar bisa berhasil dalam internet marketing seperti konsisten dalam menekuni suatu bidang pekerjaan.
Mas Gugus juga memberikan tips bagi yang akan memulai menekuni internet marketing.

internet marketing
belajar internet marketing

Berikut pertimbangan bidang apa yang akan di ambil

Menghasilkan
ketika anda ingin menekuni bidang internet marketing sebaiknya pilihlah bidang yang cepat menghasilkan, hal ini untuk menjaga semangat belajar anda dalam bidang yang anda pilih. Bayangkan bila anda menekuni suatu bidang dan itu tidak memberikan pemasukan finansial sedangkan anda sangat memerlukan itu untuk menunjang kehidupan anda sehari-hari, hal itu akan menurunkan antusias anda atau bahkan akan membuat anda cepat menyerah. Untuk itulah perlunya riset sebelum memulai suatu bisnis.

Hobi
Jika anda memulai bisnis online karena hobi anda akan mempermudah anda dalam belajar, misal anda memiliki hobi mendaki gunung, Anda tinggal membuat blog yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas yang anda lakukan.Hal itu pasti akan memudahkan anda dalam mencari atau membuat konten-konten yang berkwalitas karena anda sangat menguasai bidang itu. setelah pengunjung blog anda memiliki pengunjung yang banyak anda bisa memanfaatkanya untuk berjualan jaket gunung atau perlengkapan-perlengkapn untuk mendaki gunung.

Mudah dilakukan
Banyak yang ingin sekali terjun ke binis online tapi sebagian besar bingung harus mulai dari mana?. Mereka selalu beralasan bahwa mereka belum bisa atau alasan-alasan lain yang menunda mereka untuk segera action.
Padahal untuk pemula sebaikanya memilih hal-hal yang mudah untuk dilakukan seperti berjualan lewat sosial media yang hampir semua orang bisa melakukannya. Mulailah dari yang anda bisa dan lakukan upgrade pengetahuan anda sambil anda melakukan aktifitas itu. jika anda fokus saya yakin dalam 1 tahun anda akan mendapatkan penghasilan dari dunia internet marketing

SEO Dan Paid Traffic

Selain menjelaskan hal dasar yang sudah saya jelaskan diatas tadi mas Gugus juga menjelaskan SEO (search engine optimization) dan paid traffic, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Paid traffic memanfaatkan salah satu fitur yang disediakan oleh pihak pengelola mesin pencari ataupun sosial media dengan cara membayar, agar blog atau status kita bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Sehingga bisa mendatangkan traffic dengan cepat, sedangkan SEO dilakukan dengan mengoptimasi blog kita sendiri dengan cara gratis. kelemahan seo membutuhkan waktu yang lebih lama agar muncul di halaman satu google, sedangkan paid traffic bisa muncul dengan cara lebih instan.

Salah satu nasehat yang disampaikan oleh mas Gugus yang paling saya suka adalah belajarlah dari landak. “Landak hanya memiliki duri di kulitnya tapi dia bisa melindungi diri hanya dengan duri yang dia miliki”  begitupun bisnis jika kamu fokus dalam satu hal saja dan mengusai bidang itu sampai expert kamu akan dibayar mahal dengan keahlian yang kamu miliki.

Foto Bareng Mas Gugus
Foto Bareng Mas Gugus

Artikel Terkait :  Momen Istimewa Di Pondok Sintesa