Mark Zuckerberg

Biodata, Profil dan Biografi Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dilahirkan di kota White Plains, New York – USA, pada tanggal 14 Mei 1984. Pemuda dengan nama asli Mark Eliot Zuckerber terkenal karena telah menciptakan situs jejaring sosial bernama Facebook. Mark memiliki hobi mengotak-atik komputer dan mencoba berbagai program serta membuatnya sendiri. Kedua orang tuanya sangat mendukung bakat yang dimiliki oleh Mark, bahkan mereka membelikan komputer sejak Mark berusia 8 tahun. Bakat Mark dalam programer komputer terlihat ketika ia telah membuat plugin ketika masih sekolah di Phillips Exeter Academy, dia dan rekannya, D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp.

Awal Pembuatan Facebook

Mark Zuckerberg
andi-techno.blogspot.com

Setelah menyelesaikan pendidikanya di Phillips Exeter Academy Mark melanjutkan ke Harverd University. Ketika di Harverd inilah Mark menemukan ide untuk membuat situs jejaring sosial Facebook. Mark menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa secara online karena di universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang berisi foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Tapi setiap kali dia menawarkan diri untuk membuat direktori itu, Harvard menolaknya. “Mereka mengatakan punya alasan tersendiri mengapa tidak mengumpulkan informasi mahasiswa di Harvard.
Meski selalu ditolak tapi mark pantang menyerah, dia selalu mencari cara untuk mewujudkan keinginannya. Akhirnya saat dia sudah 2 tahun di Harvard Mark website Facemash, Mark menyabot data mahasiswa yang ada di Harvard dan memasukanya ke web yang telah dia buat. Sehingga foto-foto mahasiswa Harvard muncul di webnya. Untuk menarik agar para mahasiswa mengunjungi websitenya, dia meminta menuliskan nama dari foto-foto mahasiswa yang paling hot. Umpan dari Mark ternyata berhasil, dalam tempo yang relatif singkat websitenya telah di kunjungi lebih dari 400 pengunjung, dan lebih dari 22.000 foto telah mereka buka. Pihak Harvard mengetahui apa yang dilakukan Mark, mereka langsung memutus sambungan internet yang ada disana. Akhirnya Mark pun diperkarakan karena telah mengambil data dari Harvard tanpa ijin. Dan Anak muda berambut pirang inipun meminta maaf kepada teman-temannya yang fotonya terpampang di Facemash.

Artikel Terkait :  Cara Budidaya Kroto Dengan Bambu yang Baik dan Menguntungkan

Artikel Terkait: Kisah Pengusaha Muda Sukses

Alih-alih kapok dengan apa yang telah dia perbuat, dia malah membuat website baru dengan nama Facebok (www.thefacebook.com). Facebook diluncurkan pada tahun 2004, website ini adalah penyempurnaan dari Facemash. Sasaran masih tetap sama yaitu sebagi ajang pertemuan online sesama mahasiswa Harvard. Ternyata respon yang di dapat lebih dari apa yang Mark bayangkan, Facebook dengan cepat menyebar keseluruh dunia.

dalam waktu satu tahun pengguna Facebook sudah mencapai 1 juta pengguna. Banyaknya aplikasi yang ada di dalamnya membuat Facebook memiliki daya tarik tersendiri dari pada media sosial sebelumnya. Karena semakin berkembangnya Facebook membuat kesibukan Mark semakin banyak, akhirnya Mark memutuskan untuk drop out dari Harvard dan fokus untuk mengembangkan Facebook.

Kekayaan Mark Zuckerberg dari Saham Facebook

Semakin bertambahnya pengguna Facebook yang memcapai jutaan itu membuat Mark seperti memiliki tambang emas. Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Facebook, semakin bertambah juga dana yang diperlukan untuk mengelolanya. Untuk mengatasi kekurangan dana itu Mark mengandeng beberapa perusahaan untuk mendanai pengembangan Facebook. Pada 2007 Microsoft mulai melirik Facebook, mereka melakukan pendekatan dan menawari Facebook untuk membeli 5% saham Facebook sebesar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai tersebut disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook telah mencapai US$ 6 miliar sampai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun sampai Rp 90 triliun. Namun akhirnya Microsoft memutuskan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta.

Setelah itu tawaran banyak sekali tawaran untuk membeli saham Facebook. Melesatnya bisnis Facebook membuat Mark memiliki jumlah kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes merilis jumlah kekayaan Mark mencapai US$ 1,5 miliar atau sebesar Rp 13,5 triliun. Majalah Forbes juga menobatkan Mark sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.
Prestasi yang di dapat oleh Mark dalam mengembangkan Facebook tidak benar-benar mulus, hambatan dan juga rintangan banyak menghampirinya ketika mengembangkan Facebook. Sejumlah perkara pernah menghampirinya termasuk dari rekannya di Harvard yang menyatakan rancangan Facebook sebenarnya merupakan tiruan dari ConnectU. Namun Mark tetap bergeming bahwa Facebook adalah hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama, perusahaan ini mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008. Kontroversi juga mengiringi Facebook di negara-negara seperti Arab Saudi, Myanmar, Bhutan, Syria, Iran, yang menyebutkan bahwa Facebook mempromosikan serangan terhadap pemerintahanya. Sehingga Facebook susah diakses di negara-negara tersebut.

Artikel Terkait :  Peluang Bisnis Makanan Ringan Kriuk Menjanjikan Keuntungan Besar

Ditengah kontroversi yang mengguncangnya Facebook menjadi media sosial yang digandrungi oleh kalangan muda di berbagai belahan dunia. Ditengah kekayaan dan kepopuleran yang di dapat Mark tetap tampil sederhana. Dia masih tinggal di apartemen sewaan yang kamarnya hanya tersedia meja dan kursi. Kasurnya pun tegeletak di lantai. Ketika berangkat ke kantornya pun Mark lebih sering berjalan kaki atau mengendarai sepeda.
Saat ini Facebok menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 900 juta pengguna.

2 thoughts on “Biodata, Profil dan Biografi Mark Zuckerberg

Leave a Comment