Cara Membuat Bunga dari Kertas

Cara Membuat Aneka Bunga Unik dari Kertas Krep

Cara Membuat Bunga dari Kertas – Siapa sih yang gak suka dengan bunga? Yups, hampir setiap orang menyukai bunga, terutama bunga bank hehehehe. Kali ini saya akan berbagi cara membuat bunga dari kertas krep. Bagi yang sering membuat kerajinan tangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini.

Kertas krep memang sering digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan karena teksturnya yang mudah untuk dibentuk serta harganya yang murah. Selain itu ada banyak sekali pilihan warna yang bisa digunakan sehingga bisa membuat berbagai karya yang menarik.

Kreasi Aneka Bunga dari Kertas Krep

Kreasi dari Kertas Krep
Kertas Krep – alibaba.com

Bunga dari kertas krep bisa dijadikan berbagai hiasan di dalam rumah atau ruangan lain. Kamu bisa membuat bunga untuk hiasan dinding ataupun bunga sebagai hiasan di atas meja. Bunga hias ini juga bisa digunakan untuk menghias ruangan pesta atau acara lain.

Bunga apa saja yang bisa dibuat dari kertas krep? Mungkin itulah sebagian pertanyaan yang ada di benak Anda. Hampir semua bunga yang populer seperti bunga mawar, melati, tulip, sakura dan berbaga jenis bunga lain. Tentu setiap bunga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Nah kali ini kita akan belajar membuat hiasan bunga dari kertas krep yang mudah untuk dibuat. Sebelum masuk pada tutorial membuat bunga, persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan di bawah ini.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Pot kecil

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Kertas Krep aneka warna
  2. Lem Kertas
  3. Benang
  4. Kertas Koran
  5. Kawat kecil untuk membuat tangkai bunga
  6. Isolasi warna

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

Bunga Sakura dari Kertas Krep
Bunga Sakura dari Kertas Krep – flickr.com/photos/nina_19

Bunga sakura merupakan bunga khas negara Jepang. Untuk membuat bunga sakura dari kertas krep cukup rumit, pasalnya bunga ini tidak hanya memiliki satu tangkai saja. Dalam satu tangkai bisanya terdapat banyak ranting dan bunga di dalamnya.

Untuk membuatnya tangkainya Anda bisa menggunakan kawat kemudian dililit kertas atau benang agar mirip dengan ranting asli. Tetapi jika tidak mau repot, Anda bisa menggunakan ranting yang sudah kering dan di awetkan. Selain itu siapkan kertas krep dengan 3 warna yang berbeda yakni kuning, merah muda dan hijau tua. Setelah kedua bahan di atas siap untuk membuat bunga kertas bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Bros Bunga dari Kain Flanel

Langkah  Membuat Bunga Sakura dari Kertas

  • Gunting kertas krep warna hijau dan kuning dengan ukuran 1 x 10 cm, kemudian kertas warna merah muda dengan ukuran 5 x 10 cm.
  • Selanjutnya lipat kertas krep warna pink kemudian potong menjadi lima bagian dengan bentuk memanjang dan lonjong seperti bentuk kelopak bunga sakura.
  • Hasil dari pemotongan di atas akan menghasilkan 5 bagian kelopak yang masing-masing ada 2 tumpuk kelopak.
  • Selanjutnya adalah membuat putik bunga dengan kertas krep warna kuning. Buat lipatan kertas krep warna kuning agak panjang sehingga memudahkan untuk menempelkan kelopak pada ranting.
  • Setelah putik bunga jadi, tempelkan satu per satu kelopak bunga pada putik sampai membentuk seperti mahkota.
  • Selanjutnya tutup bagian putik dengan kertas krep warna hijau agar terkesan seperti sebuah tangkai bunga asli.
  • Ulangi langkah di atas untuk membuat bunga sakura pada ranting yang lain. Ulangi langkah tersebut sampai semua ranting terisi dengan bunga yang indah.
Artikel Terkait :  Inilah Kerajinan Tangan Unik yang Dibuat dari Barang Bekas

Masih binggung dengan langkah-langkah di atas? Tenang saja kamu bisa melihat tutorialnya dalam bentuk video di bawah ini.

Agar bunga yang dibuat terlihat seperti pohon asli, Anda bisa membuat beberapa kuncup bunga sakura. Buatlah bulatan dari kertas krep warna merah muda,kemudian lapisi dengan 3 kelopak bunga, dan buat lapisan pada bagian bawahnya dengan kertas krep warna hijau.

Setelah bunga sakura dan bunga kuncup yang dibuat dirasa cukup, saatnya untuk menyusun bunga-bunga tersebut. Tempelkan bunga dan kuncup bunga yang telah dibuat pada ranting secara hati-hati. Untuk merekatkannya Anda bisa menggunakan lem.

Tempelkan secara merata pada ranting agar ranting tersebut dipenuhi dengan bunga. Untuk pelengkap tempelkan juga kuncup bunga yang sudah dibuat pada bagian ranting yang belum terisi bunga. Setelah selesai Anda bisa menancapkan ranting pada pot atau media lain.

Artikel Terkait : Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kertas Krep

Bunga Tulip dari Kertas Krep
Bunga Tulip dari Kertas Krep – zhahab.blogspot.com

Nah setelah pada tutorial sebelumnya kita membuat bunga sakura, sekarang kita akan membuat bunga tulip. Bunga tulip merupkan bunga khas negeri kincir angin Belanda. Bentuk bunga ini cukup sederhana sehingga untuk membuatnya tidak perlu teknik khusus.

Bentuk dan warna bunga tulip sangat anggun dan indah sehingga cocok untuk dijadikan bunga hias. Untuk membuatnya juga cukup mudah, hanya mmeprlukan beberapa bahan kertas krep aneka warna dan juga kawat kecil sebagai tangkainya. Untuk membuat bunga tulip dari kertas bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tutorial Membuat Bunga Tulip

  1. Siapkan kertas krep dengan ukuran 6 x 10 inchi.
  2. Potong kertas tersebut menjadi 5 bagian dengan masing-masing bagian mempunyai ukuran 2 x 6 inchi.
  3. Ambil satu kertas yang telah dipotong kemudian lipat bagian tengahnya kemudian pelintir sampai membentuk kelopak bunga.
  4. Ulangi langkah nomor 3 untuk membuat kelopak bunga yang lain sehingga terbentuk 5 buah kelopak bunga tulip.
  5. Untuk membuat tangkai bunga tulip bisa menggunakan koran bekas yang digulung dengan ukuran dan panjang menyesuaikan ukuran bunga. Agar gulungan tangkai tidak mudah lepas, Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkannya.
  6. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan kawat untuk dijadikan tangkai bunga tulip.
  7. Langkah selanjutnya adalah menempelkan satu per satu kelopak bunga ke tangkai bunga.
  8. Ikat kelopak bunga yang satu dengan lainnya dengan menggunakan benang agar tidak mudah lepas.
Artikel Terkait :  Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Unik dan Kreatif

Agar bunga tulip yang dibuat lebih rapi, Anda bisa menutup tangkai dengan kertas krep warna hijau atau bisa juga menggunakan isolasi warna hijau. Selain warna hijau Anda juga bisa menggunakan kertas warna coklat untuk melapisi tangkai bunga. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat bunga tulip dari kertas krep bisa melihat video di bawah ini.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krep

Bunga Mawar dari Kertas Krep
Bunga Mawar dari Kertas Krep – penulispro.com

Bunga kertas yang terakhir yang akan kita buat adalah bunga mawar. Anda tentu sudah tidak asing lagi kan dengan bunga ini? Bunga yang sering dijadikan tanda cinta ini memang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain mempunyai bentuk dan warna yang indah, bunga mawar juga mempunyai aroma yang harum.

Tidak heran bila banyak orang yang mengandrungi bunga yang satu ini. Bila bunga aslinya biasanya ditanam di pot bunga, maka bunga kertas ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan di dalam rumah. Untuk membuat bunga mawar dari kertas krep juga cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Siapkan kertas krep dengan warna yang Anda sukai. Anda bisa menggunakan warna merah, merah muda, putih ataupun warna ungu.
  • Gunting kertas krep tersebut menjadi beberapa bagian dengan bentuk melengkung menyerupai kelopak bunga mawar.
  • Buatlah tangkai bunga dengan menggunakan gulungan kertas koran yang direkatkan dengan lem atau bisa juga menggunakan kawat.
  • Tempelkan kelopak bunga yang telah dibuat pada ujung tangkai dengan menggunakan lem.
  • Tempelkan kembali kelopak bunga yang lainnya secara melingkar sampai terbentuk satu mahkota bunga yang indah.
  • Setelah selesai menempelkan kelopak bunga, buat lapisan pada bagian tangkai bunga dengan kertas krep warna hijau atau coklat. Agar tampil lebih menawan Anda bisa menambahkan daun pada tangkai dengan kertas krep warna hijau.

Untk lebih detail mengenai pembuatan bunga mawar dari kertas krep bisa melihat video yang ada di bawah ini.

Itulah beberapa tutorial cara membuat bunga dari kertas krep yang bisa Anda di rumah. Kegiatan ini cukup efektif untuk mengisi waktu luang dan bisa juga dijadikan bisnis sampingan yang menguntungkan.

7 thoughts on “Cara Membuat Aneka Bunga Unik dari Kertas Krep

  1. Kak kertas krep nya agar bisa melar begitu kalau di tarik kondisi nya harus gimana yaa, aku banyak buat percobaan bikin mawar dari kertas krep berbagai macam merk tapi belum ada yang bisa melar gitu kalau di tarik .-. mohon info nya kak. apa kertas harus dalam keadaan baru? (tidak lama di simpan di toko atau di rumah)

  2. Kak tau ga beli kertas crepe yang bisa ditarik tarik kaya divideo buat bunga kebanyakan orang luar itu ? Terus warnanya bervariasi ga hnya warna umum aja?

Leave a Comment