Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu

Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu dan Gelang Tali Warna

Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu – Kali ini kita akan belajar cara membuat gelang dari tali sepatu yang mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Saat ini pasti Anda memiliki sahabat dekat bukan? Ya, pada waktu dulu gelang dari tali sepatu ini kadang digunakan sebagai tanda dari sebuah persahabatan.

Saat ini sudah jarang orang yang menggunakan gelang dari tali karena di anggap jadul dan ketinggalan zaman. Tetapi dengan kreativitas barang jadul juga bisa dibuat menjadi barang yang modern serta memiliki nilai seni yang tinggi.

Untuk membuat gelang dari tali ini cukup mudah untuk dilakukan, jadi sangat cocok untuk dijadikan prakarya siswa ataupun dijadikan aktivitas untuk mengisi waktu luang. Cukup mengikuti tutorialnya sambil praktek pasti akan mudah untuk mengingat langkahnya.

Tinggal Anda kembangkan dengan ide serta kreativitas Anda sehingga tercipta sebuah kreasi yang menarik. Dengan mengkombinasikan beberapa bahan serta warna yang sesuai maka akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi pemakainya.

Artikel Terkait : Cara Membuat Lampion Benang

Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu

Kali ini kita akan membuat gelang tali menggunakan tali sepatu seperti yang ada pada gambar di atas. Dengan memadukan tali sepatu dan juga manik mutiara akan tercipta sebuah gelang yang unik cocok digunakan bersama dengan aksesoris lain.

Langkah awal sebelum membuat gelang dari tali sepatu tentu kita perlu menyiapkan bahan serta alat agar mempercepat kita dalam membuat kerajinan ini. Berikut adalah alat dan bahan yang kita akan butuhkan dalam membuat gelang dari tali.

Bahan bahan untuk membuat gelang dari tali sepatu
Bahan bahan untuk membuat gelang dari tali sepatu Sumber Gambar kreasitangan.com
  • Tali sepatu yang akan digunakan sebagai bahan utama membuat gelang.
  • Manik-manik mutiara, aksesoris ini bisa membuat tampilan gelang menjadi lebih menarik.
  • Benang dan jarum sesuai dengan warna tali sepatu
  • Korek gas digunakan untuk merapikan ujung tali sepatu
  • Gunting.

Bila semua bahan dan alat sudah tersedia, saatnya kita memulai belajar membuat gelang tali dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah Membuat Gelang dari Tali Sepatu

Membuat gelang dari tali tahap awal
Membuat gelang dari tali tahap awal via @kreasitangan.com

Pada gambar ilustrasi di atas Anda bisa melihat langkah awal dalam membuat gelang dari tali sepatu dengan cara menusuk jarum dan benang ke sisi tali sepatu kemudian masukan mutiara atau manik-manik yang telah dilipat sedikit agar bergelombang.

Ulangi langkah tersebut sampai semua mutiara terjahit dengan rata sehingga bisa membentuk suatu pola unik berbentuk tali gelang. Jika semua langkah awal telah Anda lakukan sekarang lanjut pada langkah berikutnya yaitu menyambungkan tali sepatu agar menjadi benang.

Ukur terlebih dahulu panjang gelang yang akan dibuat, setelah itu potong tali sepatu menggunakan gunting. Setelah itu rapikan ujung potongan tali sepatu dengan menggunakan korek api. Kemudian buat lubang pada salah satu ujung tali sepatu seperti pada gambar no. 3, jahit menggunakan jarum dan benang agar terlihat rapi. Dan satukan kedua ujung tali sepatu, jadilah sebuah gelang mutiara yang cantik. Bagaimana mudah bukan?

Langkah akhir membuat gelang dari tali sepatu
Langkah akhir membuat gelang dari tali sepatu via @kreasitangan.com

Bila Anda kesulitan coba ulangi dari langkah awal dan coba perhatikan dengan cermat foto pada gambar ilustrasi, dengan adanya foto tersebut saya yakin itu akan mempermudah Anda dalam membuat gelang dari tali sepatu. Ya selamat praktek membuat gelang ini di rumah masing-masing, semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat berbagai kreasi dari barang bekas yang ada di sekitar Anda.

Artikel Terkait :  Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Sederhana dan Mudah Dibuat

Leave a Comment