Contoh Paragraf Induktif

10 Contoh Paragraf Induktif Paling Lengkap

Paragraf induktif merupakan lawan dari paragraf deduktif, paragraf induktif yaitu suatu paragraf yang pada kalimat awali berisikan penjelasan dan kalimat-kalimat terakhir merupkan gagasan utama dari paragraf tersebut. Untuk lebih sederhananya, paragraf induktif yaitu kalimat utamannya berada di akhir dan kalimat penjelas ada di awal. Paragraf induktif memiliki pola paragraf yang mulai dari khusus ke umum.

Pola pengembangan paragraf induktif terbagi menjadi tiga bagian, yaitu generalisasi, analogi, kausal atau sebab akibat. Pertama pola pengembangan generalisasi, pola ini merupakan pola pengembangan dimana pernyataan khusus sangat mirip sekali dengan peryataan kesimpulan atau kalimat utama.

Kedua pola pengembangan analogi pola ini merupakan pola pengembangan yang memperbandingkan dua hal yang mempunyai kemiripan. Ketiga klausal atau sebab akibat, pola pengembangan paragraf klausal merupakan pola yang menggunakan fakta-fakta untuk mempertegas kesimpulan.

Ciri-ciri paragraf infuktif yang harus dikenali yaitu kalimat utama yang berara di akhir paragraf. Sedangkan kalinat penjelasnya berada diawal kalimat, Anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Dalam hidup ini kita haruslah membiasakan gaya hidup sehat. Untuk memulai gaya hidup sehat, mulailah dari sikap cermat dalam berbagai hal. Seperti, cermat dalam memilih suatu produk makanan untuk dikonsumsi. Sebagai konsumen dari produk tersebut, maka kita haruslah teliti komposisi dan tanggal kadaluarsa agar mengetahui kandungan tanggal kadaluarsa produk tersebut.

Hal tersebut sangatlah berguna dalam menjaga kesehatan, karena semua kita tahu bahwa kesehatan sangatlah penting dan mahal dalam hidup kita.

Disini kita cek bahwa kalimat penjelas mulai dari “dalam hidup ini …… kadaluarsa produk tersebut”, sedangkan kalimat kesimpulan atau utama yaitu “Hal tersebut sangatlah berguna……. penting dan mahal dalam hidup kita”. Contoh lebih lengkap bisa lihat dibawah ini.

Artikel Terkait :  Gagal Jadi Dokter, Wanita Muda Ini Raup Ratusan Juta Dari Jual Shampo

Contoh Lengkap Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif

1. Contoh Paragraf Induktif 1

Ujian semester akhir mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) telah usai, kini hasil ujian mahasiswa sistem informasi semester dua dibagikan. Dalam deretan daftar mahasiswa yaitu Heri, Cepi Cahyana, Ujang Suherman dan Dadan mendapatkan nilai yang cukup memuaskan yaitu mendapatkan nilai A.

Sedangkan untuk mahasiswa lain kebanyakan hanya mendapatkan nilai B dan hanya satu orang nilai C. Namun, dalam ujian mata kuliah PSI juga ada dua orang yang tidak mengikuti sehingga tidak mendapatkan nilai. Dari keseluruhan nilai mata kuliah pengembangan sistem informasi (PSI) dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup bagus dalam mengerjakan soal terutama dalam menganalisis sebuah sistem.

2. Contoh Paragraf Induktif 2

Sudah kita ketahui bahwa susunan alam yang teratur dengan adanya siang dan malam, diibaratkan mesin memiliki kemiripan dimana mesin memiliki susunan teratur. Tata surya seperti bintang, planet beserta benda langit lainnya tersusun beraturan dan berorbit teratur sesuai aturan mengitari mentari, seperti halnya roda kendaraan yang beraturan berputar ke hendak penggunannya.

Sebuah mesin yang memiliki ketangguhan dalam mempermudah setiap kebutuhan itu dibuat oleh manusia. Mesin dibuat oleh manusia, maka dari itu alam semesta ini juga tentu saja ada penciptanya. Allah SWT Sang Pencipta seluruh alam jagat ini. Mesin dibuat oleh manusia dengan harapan dapat membantu si pembuatnya. Maka begitu pula Allah SWT yang sangat sayang kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa.

3. Contoh Paragraf Induktif 3

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman gelombang cinta, gelombang cinta salah satu jenis anthurium yang memiliki harga yang lumayan mahal. Selain gelombang cinta ada juga Jenmani juga yaitu jenis anthurium yang kini sedang banyak dicari, maka itu diberi harga yang cukup mahal.

Bukan karena harganya yang mahal, tanaman jenmani banyak dicari oleh penghobi tanaman hias dikarenakan tanaman jenmani memiliki daun yang indah. Sebenarnya bukan hanya tanaman jenmani dan gelombang cinta yang banyak dicari penghobi tanaman hias, namun berbagai jenis anthurium pasti banyak dicari penghobi tanaman hias karena keindahannya.

4. Contoh Paragraf Induktif 4

Seorang musisi handal mampu membuat lagu-lagu yang indah, musisi tersebut membuat lagu dengan menuangkan imajinasinya sehingga terbentuklah syair lagu. Seorang penulis buku-buku dalam merangkai kata demi kata membutuhkan pengembangan imajinasi.

Begitu juga dengan seniman yang menuangkan karyanya dalam bentuk seni lukisan mereka menuangkan karyanya dengan imajinasinya menjadi sebuah karya yang indah. Maka dari itu imajinasi sangat dibutuhkan dalam menciptakan suatu karya.

Paragraf Induktif
Paragraf Induktif

5. Contoh Paragraf Induktif 5

Dengan memiliki keunikan sehingga berbeda dengan yang lainnya, ia ini sangat diburu oleh banyak orang. Dengan hanya satu daun memiliki dua warna atau lebih. Dengan langkanya semakin hari ia diburu oleh para kolektor. Sehingga harganya pun hampir menyamai karya seni,dan tiap hari semakin tinggi.

Disini hanya satu keinginan para kolektor yaitu keeksklusifannya. Coba kamu banyangkan saja, memliki peluang satu berbanding satu juta kelahiran. Itulah sebuah taman variegate.

6. Contoh Paragraf Induktif 6

Jika Anda menemukan seseorang demam yang tinggi beberapa hari maka harus dicurigai gejala demam berdarah. Selain mengalami demam orang yang menderita demam berdarah memiliki gejala lain seperti terjadinya pendarahan pada lubang hidung atau mimisan.

Bukan hanya gejala itu, gejala yang paling menonjol yaitu adanya bintik-bintik merah pada kulit tubuh. Apabila menemukan gejala-gejala tersebut hendaknya harus diperhatikan, agar penderita tersebut bisa ditolong dan juga ditangani dokter.

7. Contoh Paragraf Induktif 7

Kini banyak sekali pengembangan-pengembangan kewirausahaan sejak dini, mulai dari kalangan pelajar hingga kalangan mahasiswa. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mempermudahkan kita untuk melakukan bisnis dengan mudah.

Banyak sekali para pemuda merencanakan bisnis yang keren, sehingga ketika ada modal langsung mengeksekusinya. Kini antusiasme pemuda terutama mahasiswa untuk menjadi pengusaha pun meningkat pesat.

8. Contoh Paragraf Induktif 8

Dengan suksesnya produk ice cream magnum merupakan suatu momentum yang sangat baik dalam suatu pengembangan bisnis. Momentum yang sangat baik ini kini dimanfaatkan dengan baik oleh pihak ice cream Magnum yaitu dengan mendirikan Magnum Cafe.

Terbukti, sehingga kini banyak orang memilih mengantri di Magnum Cafe. Dengan memanfaatkan momentum maka keburuntungan akan berpihak pada orang tersebut karena pandai dalam memanfaatkan momentum.

9. Contoh Paragraf Induktif 9

Apa sajaka penyakit yang disebabkan rokok, penyakit tersebut antara lain seperti bronkitis, asma, dan kanker paru-paru. Penyakit tersebut disebabkan oleh roko terutama asap rokok yang masuk ke tubuh sangatlah berbahaya. Diatas telah disebutkan selain menyebabkan ganguan pernafasan juga menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya yaitu penyakit paru – paru.

Rokok memiliki kandungan yang sangat berbahaya diataranya tar, tar ini sangat memicu sel – sel kanker pada paru – paru dan sangat cepat berkembang. Bukan hanya itu, orang yang mencoba merokok akan ketagihan alias menyebabkan kecanduan.

Selain tar, rokok juga memiliki kandungan nikotin, kandungan nikotin ini dapat meyebabkan otak menyandu rokok sehingga orang tersebut susah berhenti merokok. Maka dari itu, rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

10. Contoh Paragraf Induktif 10

12 pelajaran di sekolah Anton sangat suka sekali pelajaran matematika. Jika belajar matematika dia sangat senang terutama dalam berhitung, dan mengerjakan tugas. Begitu senangnya dengan mata elajaran matematika, Anton tidak pernah absen dalam mengikuti pelajaran matematika di sekolah.

Apabila Anton tidak bisa dengan tugas yang diberikan guru atau tidak mengerti apa yang guru terangkan, dia tak segan untuk bertanya ke guru ataupun ke temannya. Jika mendapatkan materi baru, ANton terus berlatih dalam mengerjakan soal ataupun belajar menggunakan rumus-rumus matematika. Maka dari itu, Anton merupakan murid yang sangat pandai dalam pelajaran matematika.

Leave a Comment