Hiasan dari Batok Kelapa

Kerajinan dari Bahan Batok Kelapa yang Unik dan Kreatif

Kerajinan dari batok kelapa memang agag sulit untuk dibuat. Tapi bila kamu tahu cara serta tips membuat kerajinan tangan dari batok kelapa, kesulitan itu lama-lama akan menjadi kemudahan. Biasanya batok kelapa dianggap sebagai limbah karena tidak memiliki manfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari.

Mungkin dari semua bagian pohon kelapa hanya batok yang kurang dimanfaatkan. Batang pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan bangunan, daun biasanya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan atau bisa juga dibuat ketupat. Buah kelapa sendiri memiliki banyak sekali kegunaan.

Namun saat ini ditangan orang-orang kreatif batok kelapa yang awalnya dianggap sebagai benda sampah yang mengotori lingkungan diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Mungkin salah satu contoh orang kreatif itu adalah bapak Nur Roufiq dari Yogyakarta. Dari batok kelapa beliau bisa membuat berbagai souvenir pernikahan, gantungan kunci. Kerajinan yang telah dibuat bahkan bisa sampai tembus mancanegara dan omzet dari usaha kerajinan ini pun sampai miliaran rupiah.

Proses Pembuatan Kerajinan dari Batok Kelapa

Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa
cimuruyhandcraft.blogspot.com

Setelah tahu bahwa batok kelapa bisa kita manfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi maka langkah selanjutnya adalah dengan belajar membuat kerajinan dari batok kelapa menjadi berbagai produk yang diminati masyarakat. Benda-benda kerajinan yang biasa dibuat dari batok kelapa antara lain sebagai berikut:

Perabotan rumah tangga, seperti sendok, sayur, tempat minum, gayung air, asbak rokok, piring dan lain-lain. Selain itu batok kelapa juga bisa dibuat berbagai aksesoris seperti kalung, figura, miniatur kendaraan, ukiran dan lain-lain.
Untuk membuat kerajinan dari batok kelapa kita memerlukan alat dan bahan berikut:

  • Pilihlah batok kelapa yang sudah benar-benar tua dan kering, yang mempunyai ciri-ciri bagian potongannya mempunyai warna agag kehitaman.
  • Siapkanlah alat-alat yang dibutuhkan untuk mengolah batok kelapa seperti gergaji, pisau, pecahan kaca, lem kayu, amplas, daun pisang kering, cat pernis dan lainnya.
  • Persiapan batok kelapa agar bisa diolah menjadi kerajinan tangan.

    Lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Artikel Terkait : Aneka Kerajinan dari Bahan Keras

Bersihkan serabut kasar yang ada di permukaan batok kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.

  • Langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa serabut halus pada permukaan batok menggunakan amplas kasar,
  • lalu gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan batok secara merata.
  • Agar permukaan batok bisa mengkilat kamu bisa menggosok permukaan batok menggunakan daun kering secara
  • berulang sampai terlihat mengkilat. Cara lain yang bisa digunakan agar batok terlihat mengkilat adalah dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
  • Langkah terakhir adalah memotong batok sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibuat, untuk memotongnya gunakan gergaji besi.

Contoh Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Batok kelapa yang dibuat menjadi kerajinan seperti tempat minum, kaligrafi dan lain-lain. Dengan sentuhan seni yang halus, batok kelapa tersebut akan kelihatan lebih cantik, lebih artistik dan sangat menarik. Dibawah ini beberapa beberapa contoh kerajinan tangan dari batok kelapa yang sederhana tapi memiliki nilai jual yang tinggi.

Kerajinan Batok Kelapa Bentuk Hewan

Kerajinan dari Batok Kelapa
Sumber Gambar : batiksidoagung.blogspot.com
Hiasan dari Batok Kelapa
Sumber Gambar : https://phieyo.wordpress.com

Batok kelapa yang sudah melewati proses akhir bisa diubah menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan lucu. Dengan membentuk batok menjadi sebuah karakter kartun atau sebuah hewan maka kerajinan ini akan diminati bukan hanya kalangan dewasa tapi juga kalangan remaja dan juga anak-anak. Terkadang ada juga beberapa orang yang memanfaatkan batok kelapa untuk tempat es krim. mereka mengunakan mesin es krim dengan kualitas terbaik.

Kerajinan Batok Kelapa Bentuk Asesoris

Aksesoris yang Terbuat dari Batok Kelapa
Gambar Asesoris yang Terbuat dari Batok Kelapa

Ditangan orang-orang yang kreatif batok kelapa yang sering dianggap sebagai sampah bisa diubah menjadi aneka aksesoris yang cantik. Aneka gantungan kunci lucu serta pin dari berbentuk binatang bisa membuat penampilan kamu makin oke.

Aneka Lampu Hias dari Batok Kelapa

Lampu Hias dari Batok Kelapa
Sumber Gambar :images-amazon.com/
Aneka Lampu Hias dari Batok Kelapa
Sumber Gambar : images-amazon.com/

Bila kamu mempunyai rencana untuk membuat tampilan ruangan kamu menjadi lebih artistik, mungkin lampu hias ini bisa menjadi salah satu hiasan yang harus kamu punyai.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman Untuk Anak-Anak

1 thought on “Kerajinan dari Bahan Batok Kelapa yang Unik dan Kreatif

Leave a Comment