Ini Manfaat Luar Biasa Menikah di Usia Muda

Manfaat Nikah Muda - tribunnews.com

Loading...
Loading...

Tidak sedikit orang yang menunda untuk menikah di usia muda dengan alasan karier, atau alasan lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa menikah muda memiliki beberapa kelebihan dalam menikah di usia muda.

Hal ini sesuai dengan hadist dari Rasulullah SAW yang menerangkan kebaikan menikah di usia muda. Mengapa demikian? Karena di usia muda merupakan usia yang retan dari godaan setan untuk mendekati dan terseret dalam perbuatan zina. Oleh karena itulah Rasulullah SAW memerintahkan pemuda yang sudah mampu untuk segera menikah.

يَامَعْشَرَ الشَّبَابِ: مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

“Wahai kaum muda, barangsiapa di antara kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab ia dapat mengekangnya.” Shahiih al-Bukhari (IX/112, no. 5066)

Berikut adalah ulasan tentang indahnya, nikmat nikah muda sekaligus sebagai bantahan bagi mereka yang belum beranu menikah muda. agar kamu tidak ragu lagi untuk melangkah dalam menikah diusia muda, resapi dan renungkan setiap poin yang disebutkan di bawah ini.

Ada yang mengatakan bahwa nikah di usia muda dapat membebani seorang pemuda dalam mencari nafkah untuk anak dan istrinya.

Rezeki Datangnya dari Allah – webmuslimah.com

Sebagian orang masih menganggap bahwa menikah di usia mda dapat membebani seorang pemuda dalam memberikan nafkah bagi istri dan anaknya. Hal tersebut tidaklah benar, karena semua rezeki semua mahkluk telah dijamin oleh Allah SWT. Sebaliknya dengan menikah akan membawa keberkahan dan kebaikan bagi suami istri.

Menikah dengan niat karena Allah demi menjaga hati dan diri agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan zina, berarti telah menjalankan apa yang telah Rasulullah perintahkan sesuai dengan hadits diatas.

Dan pastikan kamu harus yakin bahwa semua rezeki itu semua datangnya dari Allah, seperti dalam firmannya.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya.” (QS. Hud: 6)

Jika engkau menjalani nikah, maka Allah akan memudahkan rizki untuk dirimu dan anak-anakmu. Allah Ta’ala berfirman,

نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُم

Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka.” (QS. Al An’am: 151)

Menikah muda akan membuat kamu lalai dan mengalami kesulitan dalam menuntut ilmu?

Mudah dalam Menuntut Ilmu – entrepreneurmuslim.com

Apakah kamu termasuk yang memakai pernyataan ini untuk menolak menikah muda? Alasan ini tidak benar. Siapa yang bilang bahwa nikah muda akan menghabat dalam mencari ilmu? Siapa bilang nikah mudah akan memberikan kesulitan dalam belajar?

Yang mengatakan hal demikian, mungkin dia belum mengetahaui kenikmatan belajar sambil bercanda dengan pasangan halal. Benarkan? Sungguh menikah di usia muda tidak akan menghalangi kamu dalam karier, justru sebaliknya. Menikah di usia muda akan memberikan ketenangan jiwa sehingga bisa lebih fokus dalam belajar ataupun dalam berkarier.

Melamar untuk Menikah – viva.co.id

Dengan menikah kamu akan mudah dalam mencari ilmu karena mempunyai teman hidup yang bisa diajak berdikusi dan berjuang dalam mendapatkan ilmu. Selain itu ketenangan dan kelapangan jiwa karena sudah menikah akan mempermudah dalam mendapatkan ilmu.

Sebaliknya bila kamu belum menikah kemungkinan bisa menghalangi dalam menuntut ilmu. Karena biasanya bila sudah memasuki masa balig akan timbul keresahan bila belum memiliki pasangan. Hal tersebut menimbulkan rasa was-was sehingga akan kesulitan dalam menuntut ilmu.

Ketahuilah bahwa Allah sendiri telah berjanji untuk senantiasa menolong orang yang berani menyempurnakan sunah Rasulullah SAW tersebut. Dalam hadits dikatakan:

ثلاثة حق على الله عونه: الناكح الذي يريد العفاف و المكاتب الذي يريد الأداء و الغازي في سبيل الله (رواه أحمد و الترمذي و الحاكم)

“Ada tiga golongan yang pasti akan ditolong oleh Allah SWT. Yaitu:

1. Orang yang menikah karena menjaga kehormatannya

2. Budak yang mengadakan perjanjian dengan tuannya untuk memerdekakan dirinya dengan bayaran tebusan tertentu

3. Orang yang berperang dijalan Allah.

Menikah merupakan sebuah sunnatullah untuk manusia yang sudah seharusnya kita jalani, untuk menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perzinahan. Menikah merupakan salah satu ibadah yang menjadi pintu mendatangkan kebaikan bagi siapa yang menjalaninya dengan niat yang baik.Dan dengan menikah kamu bisa semakin mendapatkan kebaikan dan keberkahan.