Ini Dia 4 Perlengkapan yang Wajib Dimiliki Ibu Menyusui!

Loading...
Loading...

Memiliki buah hati merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pasangan suami istri. Dengan kedatangan si buah hati pasti semua akan merasa senang dan bahagia. Pastinya seorang ibu sangat berperan penting dalam memberikan ASI kepada si buah hati secara eksklusif.

Kini ibu tidak perlu terus aktif menyusui si buah hati. Dengan adanya peralatan modern yang dirancang khusus untuk ibu menyusui akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan rumah sambil memberikan ASI si buah hati.

Tak hanya mempermudah aktivitas sehari-hari saja, kini perlengkapan menyusui pun juga dibuat lebih praktis dan tidak merepotkan para ibu muda.

Pasalnya peralatan menyusui itu sudah menjadi peran penting dalam hal kelancaran ibu untuk memberikan ASI kepada sang buah hati. Bahkan juga dapat meningkatkan mood booster ketika menyiapkan ASI.

Berikut ini peralatan yang harus disiapkan oleh para ibu muda saat sedang menyusui. Tetap stay tune, ya!

Bra menyusui

cara memilih bra
sumber : cheatsheet.com

Agar lebih nyaman, sebaiknya saat sedang masa menyusui gunakanlah bra khusus untuk menyusui. Selain nyaman, bra ini juga mudah kok dilepas pasang saat ingin pumping. Terdapat semacam klip pada daerah areola supaya mudah dibuka ketika bunda ingin memberikan ASI kepada si kecil dan pastinya nggak bakal bikin ribet deh, karena tidak perlu membuka seluruh bra.

Pastikan sebelum memilih jenis bra satu ini sesuaikan dengan kebutuhan anatomi tubuh supaya bunda lebih nyaman ketika menggunakannya.

Breast pads

Sumber : Shopee
Sumber : Shopee

Ketika sedang dalam masa menyusui menggunakan breast pads ini sangat penting banget lho, bun. Apalagi saat tiba-tiba ASI mengalir karena sudah waktunya pumping tetapi belum dikeluarkan. Hal ini biasanya sering disebut dengan efek let-down reflex (LDR).

Dengan adanya breast pads ini bisa mengatasi supaya baju tidak basah kuyup karena ASI. Breast pads lebih nyaman digunakan sehari-hari dan pastinya mama nggak perlu lagi gonta-ganti baju terus setiap ingin bepergian akibat proses let-down reflex ini.

Breast pump

Gunakan Breast Pump
Sumber : medelabreastfeedingus.com

Breast pump ini merupakan senjata tempur paling utama yang harus dimiliki para bunda ketika dalam masa menyusui. Pastikan bunda memilih pompa ASI atau breast pump yang paten supaya lebih membantu dalam pengumpulan stok ASI perah. Pompa ASI sendiri umumnya terdiri dari dua jenis yaitu, alat pumping elektrik dan manual.

Ketika mama memilih pompa ASI manual harus memperhatikan beberapa hal seperti, pilihlah pompa ASI yang mudah dibersihkan, tidak memiliki part kecil yang terlalu banyak serta bagiannya yang mudah dilepas.

Sedangkan untuk pompa ASI sudah dilengkapi dengan sebuah aplikasi untuk mengoperasikannya dan bunda pun bisa menginstallnya di smartphone.

Aplikasi tersebut dapat menampilkan statistik ASI, mengatur alarm waktunya memompa ASI dan masih banyak lainnya. Kedua jenis pompa ASI ini pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Canggih ya!

Kantong penyimpan ASI

kantong penyimpan asi
Sumber : mommyasia.id

Bunda bisa langsung memberikan ASI yang baru dipompa pada si kecil dan bisa memilih untuk menyimpannya jika saat keluar terlalu berlebihan. Gunakan kantong penyimpan ASI jika ASI yang dihasilkan terlalu banyak dan masukkan ke dalam kulkas ya, bun.

Kantong ini bukan sembarang kantong, sebab sudah dirancang khusus untuk menyimpan ASI supaya lebih aman dan terhindar dari bakteri.

Jadi, bunda perlu punya 4 perlengkapan ini saat sedang dalam masa menyusui si kecil. Selain menyehatkan si kecil memberikan ASI juga berdampak baik bagi bunda juga, lho. Dengan adanya perlengkapan yang modern ini jadi lebih mudah deh  untuk beraktivitas seharian tanpa takut repot.