Persiapan Prosesi Pernikahan

10 Tips Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan

Persiapan pernikahan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum digelarnya pesta pernikahan. Pernikahan merupakan suatu peristiwa sakral dalam hidup. Sebagian orang hanya ingin melakukan perayaan pesta pernikahan sekali seumur hidup. Oleh karena itulah persiapan untuk menggelar penikahan dilakukan jauh-jauh hari agar bisa berjalan dengan baik. Apa lagi bila kamu ingin menggelar pesta pernikahan yang meningalkan kesan mendalam.

Wanita biasanya sangat detail dalam melakukan persiapan pernikahannya, dan tidak jarang keinginan untuk membuat pesta pernikahan yang diinginkan terhalang oleh biaya yang sangat tinggi. Sebenarnya untuk membuat pesta pernikahan yang berkesan tidak selalu menggunakan biaya tinggi. Kamu bisa mendapatkan sebuah pernikahan yang sederhana tetapi menimbulkan kesan takterlukan.

10 Tips Ini Bisa Membantumu Mempersiapkan Pernikahan yang Sederhana dan Berkesan

Diskusikan Rencana Pernikahan Kamu dengan Baik pada Keluarga

Berbicara dengan Keluarga
Berbicara dengan Keluarga [email protected]

Bila kamu sudah mengambil keputusan untuk melangsungkan pernikahan, segera diskusikan rencana tersebut kepada keluarga. Jangan takaut atau malu untuk menceritakan keingin tersebut kepada keluarga, cobalah untuk berterus terang tentang masalah sewa gedung, katering, budget, tamu undangan dan masalah lainnya kepada keluarga. Hal tersebut akan membuat kamu lebih mudah dalam menyusun rencana pernikahan. Selain itu keluarga juga akan membantu mencarikan solusi agar pesta pernikahan bisa berlangsung dengan baik.

Membuat Tabel Anggaran yang Diperlukan

Membuat Tabel Anggaran Pernikahan
Membuat Tabel Anggaran Pernikahan via @walimahan.com

Buatlah daftar harga serta anggara biaya yang akan digunakan. Hal ini akan membuat kamu lebih fleksibel dalam memilih apa saja yang dibutuhkan untuk menggelar pesta penikahan. Selain itu kamu juga bisa menghilangkan hal-hal yang tidak terlalu diperlukan sehingga bisa lebih menghemat biaya.

Menentukan Tempat dan Lokasi Pernikahan

Menentukan Tempat dan Lokasi Pernikahan
Menentukan Tempat dan Lokasi Pernikahan via @vemale.com

Tentukan di mana kamu akan menggelar pesta pernikahan. Kamu bisa menggelar pernikahan di Outdor atau indoor, sesuaikan dengan dekorasi pernikahan yang akan kamu gunakan. Bila tidak memiliki cukup biaya untuk sewa gedung, kamu bisa menggelar pesta pernikahan di rumah, hal tersebut tidak akan mengurangi kesan dari pernikahan tersebut.

Menentukan Jumlah Undangan yang Akan Dibuat

Jumlah Undangan Pernikahan
Jumlah Undangan Pernikahan via @vemale.com

Hal ini sangat penting untuk dipikirkan, karena akan mempengaruhi jumlah konsumsi yang harus dipersiapkan. Cobalah pikirkan siapa saja orang-orang yang kamu harapkan untuk bisa hadir dalam pesta pernikahan kamu. Jika kamu akan menggelar pesta pernikahan sederhana, maka undanglah hanya kerabat terdekat dan keluarga saja. Hal ini akan membuat suasana dalam pesta pernikahan menjadi lebih akrab dan berkesan.

Lakukan Prosesi Pernikahan Hanya dalam Satu Hari Saja

Persiapan Prosesi Pernikahan
Persiapan Prosesi Pernikahan via @ibundacerdas.com

Prosesi acara pernikahan sebaiknya dibuat sederhana sehingga bisa diselesaikan dalam waktu satu hari saja. Acara utamanya hanyalah akad nikah dan resepsi sehingga bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini akan lebih menghemat anggaran yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan.

Mempersiapkan Baju Pengantin Jauh-jauh Hari

Mempersiapkan Baju Pernikahan
Mempersiapkan Baju Pernikahan via @gaunpengantinmu.blogspot.com

Sebaiknya baju pengantin dipersiapkan jauh-jauh hari agar baju yang dikenakan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika kamu memesan baju pengantin secara mendadak, hasil yang didapat terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Karena pilihan baju pengantin terbatas dan kamu tidak bisa melakukan custom karena keterbatasan waktu.

Bila Kamu Menggunakan Jasa Wedding Organizer, Sebaiknya menggunakan Daftar Paket

Memilih Jasa WO
Memilih Jasa WO VIA @thewalimahplanner.wordpress.com

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah memilih jasa wedding organizer. Bila tidak mau repot mengurusi segala kebutuhan dalam menggelar pernikahan, kamu bisa menggunakan jasa wedding organizer yang terpecaya. Gunakan paket all in one yang biasa ditawarkan oleh WO dalam paket pernikahan. Nah, kamu bisa memilih paket yang tersedia misalnya seperti dekorasi, katering, fotografi, pakaian pengantin, dokumentasi, dan tata rias pengantin.

Undang Sahabat Dekat untuk Meramaikan Acara Pernikahan

Mengundang Taman Dekat
Mengundang Taman Dekat via @yebab.com

Bila kamu mempunyai banyak teman yang memiliki keahlian khusus, maka cobalah meminta mereka untuk berpartisipasi dalam acara pernikahan. Mereka bisa menjadi pengisi acara seperti penyanyi, pemain musik, atau fotografer. Dengan begitu suasana pesta kamu akan semakin berkesan.

Buatlah Udangan dengan Bentuk dan Model yang Unik

Udangan Pernikahan Unik
Udangan Pernikahan Unik via @mainmatawedding.com

Bila ingin menimbulkan kesan khusus pada teman atau keluarga dekat, cobalah untuk membuat udangan pernikahan dengan desain dan tema yang unik. Kamu bisa mendesain sebuah undangan yang sesuai dengan tema yang akan kamu inginkan. Dengan membuat bentuk yang unik, undangan pernikahan kamu akan disimpan dengan baik oleh penerima undangan.

Membuat Souvenir Khusus untuk Para Tamu Undangan

Souvenir Khusus untuk Para Tamu Undangan
Souvenir Khusus untuk Para Tamu Undangan via @vemale.com

Sama seperti undangan, buatlah souvenir dengan model dan desain yang unik. Kamu bisa membuat souvernir sederhana dengan biaya minim sehingga menimbulkan kesan bagi tamu undangan yang hadir dalam pernikahan.

 

Artikel Terkait :  Ini Lho, 17 Karakter Muslimah yang Membuat Banyak Pria Ingin Meminangnya

1 thought on “10 Tips Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan

Leave a Comment