Seserahan Berupa Peralatan Rias

9 Daftar Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seperangkat Pakaian Wanita

Sserahan Pernikahan Pakaian Wanita
Sserahan Pernikahan Pakaian Wanita – anyrias.blogspot.com

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok semua orang. Pakaian yang diberikan dalam seserahan pernikahan biasanya berupa pakaian adat Jawa seperti selendang dan kain batik. Pemberian pakaian adat ini juga memiliki makna yakni setiap pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus bisa menyimpan rahasian ruma tangga mereka dari siapapun. Oleh karena itu sebisa mungkin setiap masalah yang muncul dalam rumah tangga sebaiknya jangan sampai menyebar keluar.

Seserahan Berupa Buah-buahan

Seserahan Buah-buahan
Seserahan Buah-buahan – puteriputeri.com

Buah-buahan yang diberikan ini mempunyai makna agar kedua pasangan selalu dipenuhi dengan rasa kasih sayang dan cinta. Jenis buah yang biasa digunakan dalam seserahan adalah buah jeruk, anggur, apel, dan pisang.

Makanan Tradisional

Wajik Ketan untuk Seserahan Pernikahan
Seserahan Pernikahan adat Jawa via nova-fms.blogspot.com

Makanan tradisional memang selalu ada dalam setiap acara pesta, termasuk dalam pesta pernikahan. Jenis makanan tradisional yang digunakan dalam seserahan berupa wajik, jenang, dan jadah. Ada yang aneh? Yups, semua makanan tradisional yang diberikan terbuat dari beras ketan. Sebenarnya dari makanan tradisional yang diberikan tersebut mengandung doa, bahwa kedua mempelai diharapkan akan selalu lengket seperti sifat makanan tradisional tersebut.

Suruh Ayu

Seserahan Pernikahan Suruh Ayu
Seserahan Pernikahan Suruh Ayu via kaskus.id

Suruh atau daun sirih yang digunakan untuk seserahan mempunyai pesan yang mendalam. Makna dari pemberian seseran ini adalah untuk mendoakan kedua pengantin agar diberikan kebahagiaan dan keselamatan di dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Hem,, sungguh pemberian yang syarat akan makna.

Peralatan Rias atau Make up

Seserahan Berupa Peralatan Rias
Seserahan Pernikahan adat Jawa via nova-fms.blogspot.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa wanita merupakan makhluk yang memiliki keindahan. Pemberian peralatan rias dari pihak pria ini merupakan simbol bahwa pihak pengantin pria akan berusaha untuk menjaga kecantikan pengantin wanita. Selain itu pengantin pria juga harus berusaha untuk menyediakan peralatan agar pengantin wanita bisa tetap tampil cantik di depan suaminya.

Artikel Terkait :  Rahasia Cepat Dapat Jodoh Menurut Islam

Sepatu, Sendal, dan Selop

Seserahan Pernikahan berupa Sepatu Pemberian sepatu atau jenis alas kaki lain sering dijumpai dalam seserahan pernikahan adat Jawa. Seserahan ini mempunyai makna bahwa kedua pengantin pria mapun pengantin wanita sudah harus siap untuk menapaki kehidupan berumah tangga bersama-sama. Itulah arti dan makna seserahan pernikahan yang biasa diberikan dalam prosesi adat Jawa. Sebuah pesan singkat yang yang tertuang dalam sebuah benda yang digunakan untuk seserahan.

Leave a Comment