Jenis Bunga Anggrek Beserta Gambar dan Ciri-cirinya

Bunga Anggrek – Siapa yang tidak tahu akan bunga yang satu ini? Saat ini banyak sekali orang yang sengaja menanam bunga anggrek untuk dijadikan tanaman hias. Bunga ini memiliki jenis yang sangat banyak, salah satunya jenis yang paling populer adalah anggrek bulan.

Di Indonesia anggrek bulan sangat populer terutama di kalangan kaum hawa. Oleh karena itulah banyak yang menjadikan bunga anggrek sebagai hadiah untuk menunjukan rasa suka terhadap pasangan. Banyaknya minat terhadap bunga anggrek membuat sebagian orang membudidayakan tanaman ini.

Karena untuk menanam bunga anggrek tidaklah mudah, faktor lingkungan serta perawatan sangat mempengaruhi apakah bunga ini bisa hidup atau tidak. Untuk bisa membudidayakan tanaman hias ini tentu diperlukan sebuah pengetahuan tentang bunga ini. Berikut kami akan membahas bunga anggrek secara lebih mendetail.

Pengertian Bunga Anggrek

Pengertian Bunga Anggrek

Pengertian Bunga Anggrek – anawalls.com

Bunga Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae yang merupakan salah satu bunga yang memiliki jenis terbanyak. Habitat bunga ini tersebar luas dari daerah sirkumpolar sampai wilayah tropika basah, tetapi kebanyakan bunga ini hidup di daerah tropika.

Anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup menumpang atau menempel pada pohon lain. Tetapi bunga anggrek buka tanaman parasit. walaupun mereka menempel pada pohon lain, tanaman ini mampu hidup secara mandiri.

Tanaman anggrek bisa hidup dari embun dan udara yang lembab, organ-organ yang tebal dan sekulen membuat tanaman ini tahan terhadap tekanan dari ketersediaan air. Untuk kebutuhan air pada tanaman ini diperoleh dari hujan, uap air di udara, tetesan embun.

Walaupun tidak mengambil sari makanan dari inangnya, tanaman anggrek akan mengganggu keseimbangan tanaman inang. Hal ini disebabkan oleh akar anggrek yang sering merusak kulit tanaman inang.

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Ciri-ciri Bunga Anggrek

Ciri-ciri Bunga Anggrek – cerianda.blogspot.com

Setiap tanaman yang ada di dunia ini tentu memiliki ciri khusus, begitu juga dengan bunga anggrek. Dengan mengetahui ciri-ciri tanaman anggrek akan memudahkan kita dalam membedakan bunga anggrek dan bunga yang lain. Setiap jenis bunga anggrek memiliki ciri khusus yang berbeda-beda, tetapi kali ini kita akan membahas ciri umum yang dimiliki oleh bunga anggrek. Berikut adalah ciri-ciri bunga anggrek.

Bunga Anggrek Memiliki Warna Cerah dan Bentuknya yang Mirip Serangga

Anggrek memiliki bentuk bunga yang unik, bentuk dari bunga ini mampu menarik perhatian serangga peyerbuk. Hal ini karena bunga ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan binatang penyerbuk fungsinya untuk menarik serangga agar hinggap dan membantu dalam proses penyerbukan.

Salah satu contoh bunga anggrek yang mirip dengan serangga adalah jenis anggrek ngengat (Phalaenopsis). Ciri khususnya adalah memiliki kelopak bunga yang lebar, serta bagian atasnya yang mirip dengan serangga ngegat. Jenis anggrek ini memiliki kantong yang menarik lebah atau burung untuk mengambil serbuk sari bunga.

Memiliki Akar yang Serbaguna

Bentuk akar anggrek telah berevolusi untuk bisa melakukan berbagai fungsi untuk mendukung kebutuhan hidupnya yang menempel di pohon. Selain memiliki fungsi untuk menyalurkan air ke semua bagian tumbuhan, akar anggrek juga memiliki fungsi sebagai jangkar agar bisa terus menempel di pohon atau media tanam lain dengan kuat.

Ciri khusus dari tanaman epifit adalah memiliki lapisan velamen yang berongga. Fungsi dari lapisan ini untuk memudahkan akar anggrek dalam menyerap air hujan yang jatuh di kulit pohon atau pada media tanam lain. Hal ini memungkinkan anggrek untuk bisa menyimpan air seperti tanaman lainnya.

Akar pada tanaman anggrek memiliki ciri khusus yaitu terdapat kandungan klorofil di dalamnya, lebih tepatnya terdapat pada lapisan velamen. Dengan adanya kandungan klolofil pada akar anggrek memungkinkan tumbuhan ini melakukan fungsi fotosintesis seperti yang dilakukan daun pada umumnya.

Artikel Terkait :  Cara Mudah Budidaya Kroto yang Menguntungkan

Akar anggrek epifit mempunyai beberapa rambut pendek bahkan sebagian ada yang tidak memiliki rambut. Sedangkan untuk jenis anggrek tanak memiliki rambut yang cukup panjang dan banyak, sehingga bisa menyerap air dan zat organik di dalam tanah dengan maksimal.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek – ipb.ac.id

Pada awal artikel sepat saya singgung bahwa untuk menanam bunga anggrek tidak mudah. Butuh sebuah perawatan serta kondisi iklim yang baik sehingga tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Walaupun begitu, tetap saja masih banyak orang yang tertarik untuk menanam bunga anggrek untuk dijadikan tanaman hias di dalam maupun di halaman rumah. Oleh karena itu banyak sekali orang yang mencari tutorial cara menanam bunga anggrek.

Apakah anggrek bisa di tanam di dalam rumah? Mungkin kamu juga memiliki pertanyaan serupa, jawabnya tentu bisa. Bunga anggrek bisa dibudidayakan di ruangan tertutup yaitu dengan menggunakan media pot. Jadi kamu bisa menaruh pot itu di sudut ruangan untuk menambah nilai estetika.

Selain budidaya sendiri tanaman anggrek juga bisa dibeli di toko penjual tanaman hias. nah agar bunga anggrek yang kamu beli tetap segar dan bisa tumbuh dengan baik, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut.

  • Agar bisa tumbuh maksimal letakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara alami, tetapi jangan terlalu panas. Idealnya jangan meletakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Memberikan cahaya lampu. Hal ini dilakukan bila kamu menaruh bunga anggrek di dalam ruangan, dengan adanya lampu tersebut akan menjaga bunga anggrek tidak kekurangan cahaya.
  • Menjaga kelembaban bunga anggrek. Sebagai salah satu tanaman tropis tentu menjaga kelembaban tanaman sangat penting untuk dilakukan.
  • Memberikan pupuk. Sebagai tanaman budidaya tentu anggrek juga memerlukan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu berikan pupuk untuk tanaman ini dengan jenis pupuk untuk tanaman tropis.
  • Itulah cara yang paling sederhana untuk merawat bunga anggrek agar tetap bisa tumbuh subur dan berkembang dengan baik.

Manfaat Bunga Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek – anakagronomy.com

Kalau sudah punya bunga anggrek apakah cuma dibuat untuk hiasan saja? Bisa iya, bisa juga tidak. Bunga anggrek memiliki beberapa manfaat yang jarang digunakan oleh orang. Secara umum orang hanya menjadikan bunga anggrek sebagai hiasan untuk ruangan atau taman di rumah.

Tapi tahukah kamu bahwa bunga anggrek memiliki beberapa manfaat selain digunakan sebagai tanaman hias? Berikut beberapa manfaat dari bunga anggrek.

Anggrek Sebagai Tanaman Hias

Tanaman anggrek sudah dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang populer dengan keindahan bunganya. Bunga anggrek memiliki beragam variasi warna dan jenis yang sangat banyak. Tingginya minat pada tanaman ini membuat sebagian orang memanfaatkannya dengan menjadikan anggrek sebagai tanaman hias di dalam pot.

Anggrek Sebagai Simbol dan Aroma Pengharuman

Cinta selalu identik dengan bunga, mungkin itulah yang membuat bunga anggrek dijadikan sebagai simbol rasa cinta, keindahan dan kemewahan selama berabad-abad lamanya. Pada zaman dahulu di bunga di jadikan sebagai simbol kejantanan bagi bangsa Yunani. Sedangkan di Tiongkok anggrek dipercaya sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh raja mereka.

Anggrek Sebagai Tanaman Herbal

Pada zaman dahulu anggrek sangat berperan dalam perkembangan pengobatan tradisional. Tanaman ini telah digunakan sebagai salah satu sumber obat-obatan herbal di Cina sejak 2800 SM. Gastrodia elata merupakan salah satu jenis anggrek dari genus Gastrodia adalah salah satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang pertama dikenal di Cina sebagai jenis anggrek yang digunakan untuk pengobatan(Shennon bencaojing).

Artikel Terkait :  Fakta Anak Kedua yang Aneh dan Penuh Misteri

Anggrek Sebagai Bahan Makanan

Vanili atau nama latinya Vanilla planifolia merupakan salah satu keluarga suku anggrek. Tumbuhan ini buahnya digunakan sebagai bahan penyedap kue dan juga digunakan sebagai bahan pembuatan aroma terapi dan parfum. Ada juga anggrek Orchis mascula yang telah dijadikan bubuk untuk dijadikan bumbu memasak.

Selain kedua jenis anggrek di atas masih banyak lagi jenis anggrek yang biasa dijadikan bahan baku makanan seperti anggrek Saprophytic dari kelompok Gastrodia menghasilkan umbi-umbian. Tanaman ini dikonsumsi sebagai makanan oleh orang pribumi di Australia dan dapat berhasil dibudidayakan, terutama Gastrodia sesamoides.

Jenis Bunga Anggrek

Jenis Bunga Anggrek

Jenis Bunga Anggrek – htn-tropis.blogspot.com

Bunga anggrek merupakan bunga yang memiliki jenis yang sangat banyak. Setiap jenis bunga anggrek memiliki ciri khusus tersendiri. Di Indonesia sendiri juga sangat banyak jenis bunga anggrek bahkan ada sebagian diantaranya yang dilindungi karena sudah mulai langka.

Untuk menambah wawasan kita tentang bunga anggrek berikut adalah beberapa jenis bunga anggrek yang memiliki keindahan bunga yang sangat memukau.

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat – borneonews-borneoku.blogspot.com

Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Paraphalaenopsis serpentilingua. Ciri utama bunga anggrek bulan Kalimantan adalah bunga berwarna putih dengan corak berwarna kuning dan merah.

Dengan bentuk yang lucu dan warna yang menawan membuat orang yang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya. Bunga anggrek kalimantan merupakan salah satu jenis bunga yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Anggrek Tebu

Bunga Anggrek Tebu

yenikunkun.wordpress.com

Bunga anggrek tebu merupakan salah satu bunga anggrek yang paling besar karena mempunyai berat mencapai 1 ton dengan tinggi 3 meter. Bunga dengan nama latin Grammatophyllum speciosum memiliki ciri warna kuning dengan bintik berwarna coklat merah atau kehitam-hitaman. Salah satu keunikan dari bunga anggrek ini adalah tidak mudah layu meskipun telah dipotong batangnya, bahkan bisa bertahan sampai 2 bulan.

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking – nifty.com

Anggrek yang satu ini termasuk dalam jenis tanaman yang sangat langka. Bunga ini merupakan salah satu tanaman endemik Kalimantan Tengah yang hidup di bebatuan berlumut. Habitat bunga ini berada pada ketinggian 600dpl. Anggrek jenis ini hanya ada di Kalimantan Tengah.

Anggrek katung kolopaking memiliki nama latin Paphinopedilum kolopakingii dengan ciri daun berwarna hijau tua, dan berbentuk pita dengan ujung bulat dengan panjang sekitar 20 sampai 80 cm.

Anggrek Hitam

Bunga Anggrek Hitam

Bunga Anggrek Hitam – staticflickr.com

Anggrek hitam memiliki nama latin Coelogyne pandurata merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai maskot provinsi Kalimantan Timur. Anggrek ini biasanya tumbuh di tempat yang teduh seperti di pohon-pohon tua, di daerah dekat rawa dan pantai dan di daerah dekat sungai-sungai di hutan basah.

Ciri khas anggrek hitam terletak pada bunganya yaitu lidah yang memiliki warna hitam dengan sedikit garis-garis warna hijau dan berbulu. Dalam setiap tandan terdapat sekitar 1 sampai 14 kuntum atau lebih.

Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan – penulispro.com

Anggrek bulan mempunyai nama latin Phalaenopsis amabilis merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki ciri kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Jenis anggrek ini termasuk ke dalam tanaman anggrek monopodial yang hidup di tempat yang terkena sedikit cahaya. Bentuk daun yang memanjang dan berwarna hijau sedangkan bagian akar anggrek bulan memiliki warna putih dengan bentuk bulat memanjang.

Untuk jenis bunga anggrek lainnya akan kami update secara bertahap. Karena sangat banyak sekali jenis bunga anggrek yang ada di dunia ini. Jika artikel ini bermanfaat tolong bantu share ya :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. informasi yang bagus dan sangat perfect, so saya minta ijin untuk ngopi untuk bahan tugas putri saya bos. Terima kasih banyak.