Cara Membuat Slime

Cara Membuat Slime Tanpa Borax dalam Waktu Singkat

Cara Membuat Slime – Mungkin kamu belum tahu apa itu slime? Atau ingin belajar cara membuat slime? Selamat kamu sudah mengunjungi situs yang tepat, hehehe. Pada artikel kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat slime dengan cara sederhana dan mudah untuk dipraktekan tentunya.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu slime, bisa melihat agar-agar, bentuk dan teksturnya kurang lebih sama. tekstur kenyal yang dimiliki oleh slime membuat banyak anak menyukainya. Tidak heran bila mereka membawa benda ini kemana-mana, bahkan sampai dibawa ke sekolahan.

Apa Itu Slime?

Cara Membuat Slime
Cara Membuat Slime – ytimg.com

Mungkin kamu masih binggung apa sih sebenarnya slime? Dan mengapa slime menjadi salah satu mainan favorit anak? Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia slime berati “lendir”, ops jangan negatif dulu ya. Slime memang mempunyai bentuk kenyal dan sedikit berlendir, tapi itu tergantung juga dengan bahan yang digunakan untuk membuat slime.

Untuk membuat slime kamu bisa menggunakan bahan seperti sabun, sampoo, sunlight, lem, lem fox, lem povinal, rinso, dengan tepung dan juga dengan lainnya seperti dengan lem UHU. Jadi kamu bisa memilih bahan mana yang kira-kira aman dan cocok untuk dijadikan slime. Nah di bawah ini akan kami berikan beberapa cara membuat slime dengan bahan yang berbeda.

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

Cara Membuat Slime
Cara Membuat Slime – ytimg.com

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat slime adalah shampoo. Cara membuatnya juga lebih mudah dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu slime dari shampoo lebih menarik apalagi dengan aroma harup dari sampoo akan menjadi ciri khas tersendiri slime yang telah dibuat. Sebelum membuatnya sedikan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan

  1. Wadah kecil, bisa berupa baskom atau alat lainnya yang bisa digunakan untuk mencampur adonan slime.
  2. Pengaduk yang akan digunakan untuk mengaduk adonan
  3. Air
  4. Shampoo (soft) satu sachet
  5. Detergent bubuk 5 sendok makan
  6. Lem fox atau povinal 3 sendok makan
  7. Pewarna makanan sumba

Langkah-langkah Membuat Slime

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah siap barulah kita mulai untuk membuat slime. Caranya cukup mudah kok, bila kamu mengikuti tutorial ini keberhasilan membuat slime pertama kali akan meningkat. Langsung saja ikuti tutorial membuat slime di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah menyiapkan seluruh paralatan dan bahan yang telah disebutan di atas dalam satu tempat.
  • Selanjutnya ambil wadah untuk mengaduk bahan kemudian masukan lem fo atau lem povinal 3 ke dalamnya.
  • Setelah itu masukan bahan utamanya shampoo dan deterjen yang soft ke dalam wadah kemudian masukan perwarna somba. Gunakan warna favorit kamu.
  • Setelah semua bahan sudah masuk ke dalam wadah, aduk semuanya sampai semua bahan tercampur rata. Setelah adonan sudah mulai mengental berarti slime sudah hampir jadi.
  • Bila adonan sudah kental, rendamlah adonan slime tersebut ke dalam air sekitar 4 menit.
  • Apabila adonan slime masih terasa lengket teruslah tekan-tekan adonan sampai padat dan kental.
  • Bila adonan slime sudah mengental sempurna maka slime sudah jadi dan bisa digunakan untuk membuat berbagai permainan kreatif.

Jangan lupa setelah selesai mengunakan slime untuk selalu cuci tangan sampai bersih, karena slime merupakan adonan yang mudah untuk ditempeli debu.

Cara Membuat Slime dengan Deterjen

Cara Membuat Slime dengan Deterjen
Cara Membuat Slime dengan Deterjen – penuliscilik.com

Setelah sebelumnya kita belajar bagaimana membuat slime dengan menggunakan shampoo, kali ini kita akan menggunakan bahan lain yakni deterjen. Pada awalnya slime digunakan untuk membersihkan debu-debu yang susah dijangkau pembersih biasa.

Karena bentuknya yang imut, kenyal saat ini slime malah banyak digunakan untuk mainan. Deterjen merupakan salah satu bahan yang mudah untuk dijadikan slime, mau tahu bagaimana cara membuatnya? Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Wadah untuk mencampur adonan slime
  2. Sendok atau pengaduk
  3. Lem fox atau povinal 3 sendok makan
  4. Deterjen
  5. Pewarna makanan
  6. Air

Tutorial Membuat Slime dari Deterjen

Setelah semua alat dan bahan tersedia, selanjutnya kita bisa membuat slime dengan bahan deterjen. Tenang saja caranya tidak susah kok, mungkin hanya memakan waktu beberapa menit saja kamu sudah bisa membuat slime secara mandiri. Langsung saja berikut tutorial membuat slime dengan bahan deterjen.

  1. Masukan lem ke dalam wadah atau mangkuk untuk adonan slime. Kemudan berikan pewarna sesuai dengan waran kesukaan kamu, dua tetes saja cukup untuk memberikan warna pada slime. Aduk kedua bahan tersebut sampai adonan tercampur dan warna merata.
  2. Setelah itu masukan deterjen sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai menggumpal begitu seterusnya sampai adonan menggumpal sempurna.
  3. Setelah adonan tercampur dengan deterjen secara merata diamkan sebentar sekitar 2-3 menit.
  4. Setelah itu masukan adonan ke dalam rendaman air selama 3 menit. Setelah itu adonan slime sudah bisa digunakan. Tarik-tarik aja karena adonannya sangat lentur tapi tidak lengket ditangan. Warnanya juga bagus tidak seperti ingus khan? hihihihi… ^.^

Bagiamana mudah bukan? Bila masih kesulitan kamu bisa melihat videonya di bawah ini.

Itulah beberapa tips singkat cara membuat slime dengan berbagai bahan. Yang pasti mainan ini tidak berbahaya untuk anak-anak, asal tidak dimakan hehehe.

Untuk menjaga kesehatan jangan lupa untuk mencuci tangan ketika selesain bermian slime, karena slime mudah sekali tertempel debu dan berbagai kuman kecil lainnya. Bila kamu masih kesulitan untuk membuat slime mungkin bisa juga mencoba cara membuat slime yang aman untuk anak.

Artikel Terkait :  Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Plastik

133 thoughts on “Cara Membuat Slime Tanpa Borax dalam Waktu Singkat

  1. Udah 3 kali gua buat gak bisa bisa ini sebenarnya pake detergen bubuk atau cair sih ?? Kok kalo pakek detergen bubuk gak jadi kayak kentel kasar gitu kalo pake yang cair kecairan kagak bisa dipegang yang bener dong!
    Ngabis ngabisin lem povinal aja!

  2. Cara ku

    Bahan:
    *wadah
    *pengaduk (sendok)
    *lem fox
    *sabun cair
    *gom

    Caranya:
    Masukan lem fox ke dalam wadah sesuai selera

    Kemudian masukan air minimal 3 tetes

    Masukan gom 5-8 tetes

    Sabun cair sedikit ajah

    Lalu aduk aduk sampai menggumpal.

    Klo masih encer tambakan sabun cair

  3. Aku bisa

    Bahan dan alat
    *lem foxk atau lem povinal
    *wadah dan pengaduk
    *gom bisa di beli di apotik
    *pewarna makanan
    *sabun lux kalo yang lain gak tau deh
    *baby oil

    Cara membuat
    *masukan lem berikan pewarna satu tetes saja
    Kasih juga sabun lux tadi aduk hingga merata
    *tetes kan gom secukupnya aduk jika sudah mengumpal kasih baby oil biar gak lengket jadi deh.

  4. Apa lagi aku cara nya gampang aku bikin slime seterici bahan bahannya
    .Lem povinal
    . Shampo,bebas
    .Gom
    . Mangkok
    .Sendok
    Gampang kan cara bikin nya

Leave a Comment