Contoh Biodata Diri Lengkap

Contoh Biodata Diri Lengkap Sesuai dengan UUD 45

Dalam sebuah berkas lamaran, pasti anda sering menjumpai atau bahkan membuat biodata yang nantinya dilampirkan dalam dokumen tersebut.Ya, karena bisa dibilang jika biodata atau data diri adalah salah satu dokumen wajib.

Hal ini karena dalam sebuah lampiran biodata diri, penulis dokumen akan menyertakan apa saja yang memuat tentang dirinya. Dan hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan atau pihak lain yang memang diperuntukkan menerima biodata diri anda tersebut.

Tips Membuat Biodata Diri

Tips Membuat Biodata Diri Lengkap
Jayce-o-Yesta Graphic

Akan tetapi, sayangnya saat ini masih saja banyak yang kurang paham bagiamanacara membuat biodata diri yang benar dan lengkap. Sebelum membahas bagaimana cara membuat biodata diri yang lengkap dan benar, ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat biodata diri. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Penggunaan bahasa

Satu hal terpenting yang harus anda perhatikan saat membuat biodata diri adalah pemilihan kata atau penggunaan bahasa. Karena biasanya biodata diri dibuat untuk kepentingan formal, maka bahasa atau kata-kata yang digunakan pun harus baku.

Meskipun tak banyak menggunakan kalimat yang panjang, namun pemilihan kata tetap akan mempengaruhi kesan formal darinya. Selain itu, penggunaan

  1. Pemilihan font

Jika anda menulis biodata diri menggunakan print out, maka pemilihan font juga sangat harus diperhatikan.Pilihlah jenis font yang tak membuat biodata terlihat berlebihan.ya, karena beberapa jenis font memang akan membuat biodata terkesan tak formal.

Beberapa jenis font yang cocok untuk anda gunakan antara lain adalah calibri, arial, cambria dan beberapa lainnya. Sedangkan yang sangat tidak disarankan untuk digunakan antara lain adalah monotype corsiva, ravie, comic dan lain-lain.

Selain jenis font, ukuran font juga harus anda perhatikan dengan baik.Baiknya gunakan ukiran sedang 11-12.Karena ukuran ini cukup ideal untuk dibaca (tidak terlalu kecil atau besar).

Sedangkan jika anda menggunakan tulisan tangan, berhati-hatilah dan hindari sebisa mungkin adanya coretan maupun penghapusan.Untuk tampilan lebih rapi, setiap ada kesalahan sebaiknya ganti dengan dokumen yang baru.

  1. Susunan Biodata Diri

Mengapa susunan biodata juga harus diperhatikan dengan baik?Bukankah yang terpenting hanya perlu lengkap? Tidak! Karena susunan biodata diri pun nantinya akan mempengaruhi kesan keformalan dan keseriusan pembuat biodata tersebut.

Pastikan anda mengurutkan susunan data diri mulai dari yang terpenting hingga menjurus ke data yang lebih luas.Anda bisa membayangkan bukan betapa anehnya jika semisal pada bagian atas anda langsung menyertakan pendidikan terakhir?

Nah 3 hal tersebut adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan dengan baik dan tak boleh diacuhkan.Selain itu, kerapian penulisan juga harus diperhatikan.Mulai dari garis tepi, penggunaan tab ataupun titik dan koma.

Dan secara umum, berikut susunan yang benar untuk membuat biodata diri terlengkap dan terbaru dengan format terbaru.

  • Nama

Poin pertama yang harus anda sertakan adalah nama lengkap. Pada beberapa contoh memang anda diperkenankan untuk menyertakan nama panggilan. Namun sebenarnya hal ini tak perlu karena sebuah perusahaan tidak akan menanyakan secara formal siapa nama panggilan anda.

  • Tempat tanggal lahir

Setelah nama, tempat tanggal lahir adalah data berikutnya yang harus anda sertakan dalam biodata. Penyertaan tempat dan tanggal lahir ini biasanya berhubungan dengan umur maksimal atau maksimal yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan atau hal lain.

  • Alamat

Tak kalah pentingnya dengan nama, alamat pembuat biodata diri pun harus disertakan secara lengkap dan jelas. Karena selain berhubungan dengan si pembuat biodata, penyertaan alamat pun akan bersangkutan dengan asal usul si pembuat biodata.

  • Jenis kelamin

Poin berikutnya adalah berisikan jenis kelamin.Dimana jenis kelamin yang nantinya bisa berpengaruh dengan posisi atau jabatan atau pembatasan dengan lainnya.

  • Agama

Agama juga perlu dicantumkan, karena saat ini tak sedikit perusahaan atau pihak yang cukup mempermasalahkan agama ketika hendak menerima orang baru dalam lingkungannya (baik untuk bekerja maupun untuk sekolah).

  • Kewarganegaraan

Bagi anda yang hendak menggunakan biodata diri untuk melamar pekerjaan diluar negeri, kewarganegaraan adalah hal yang sangat penting. Karena status kewarganegaraan lah yang nantinya akan bersangkutan dengan data diplomatik.

  • Pendidikan

Jika memang biodata diri yang anda buat diperuntukkan untuk melamar pekerjaan, maka pendidikan terakhir pun harus disertakan.Biasanya penyertaan pendidikan terakhir ini bersangkutan dengan jabatan yang diinginkan.

  • Telephone

Penyertaan nomer telephone juga sebaiknya dilakukan untuk mempermudah ketika pihak yang bersangkutan ingin mendapatkan keterangan lebih lanjut dari anda (pembuat biodata diri).

Data-data di atas adalah data minimal yang harus anda sertakan.Pastikan anda menyusunnya dengan baik dan mengisinya dengan benar dan tepat.

Lalu beralih pada bagian bawah, dimana bagian bawah biasanya akan diisi dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja. Ya, meskipun pada bagian atas sudah disertakan pendidikan terakhir, namun pada bagian bawah baiknya disertakan kembali dengan penjelasan yang lebih lengkap.

Anda bisa menyertakan tahun lulusan serta nomer ijazah. Karena semakin lengkap data yang andacantumnyaakan semakin baik biodata diri yang anda buat. Lalu untuk pengalaman kerja sendiri bisa diisikan jika memang anda sudah memilikinya.Akan tetapi jika belum maka dikosongkan pun tak masalah.

Nah pada bagian ujung bawah, anda bisa menyertakan tempat dibuatnya biodata tersebut dan tanggal pembuatanya. Kemudian sertakan tanda tangan dan nama pembuat biodata tersebut.

Contoh Biodata Diri yang Baik

Tips Membuat Biodata Diri Lengkap
pinterest.com

Bagaimana, sudah paham dengan cara pembuatan biodata diri yang lengkap dan baik? Untuk lebih mudahnya, anda bisa mempelajari contoh biodata diri berikut ini.

Data Pribadi
Nama                                            :  Adina Lestari
Tempat, Tanggal Lahir             : Surabaya, 06 September 1982
Jenis Kelamin                             : Perempuan
Agama                                          : Islam
Kewarganegaraan                      : Indonesia
Alamat                                          : Jl. Kebagusan III/20
Pal Merah, Jakarta Selatan 12220
Telp : 021-7665652 (rumah)
0812-597850 (HP)

Latar belakang Pendidikan
Formal :
1990 – 1993: SMP 624, Jakarta 1994 – 1997: SMEA 04 Jakarta
1997 – 2001: Yayasan Administrasi Indonesia (YAI), Jakarta Non Formal
1994 – 1996: Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta 1996 – 1997: Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta 2003 – 2003: Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan :
–    Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
–    Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
–    Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja

–    Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. ARJUNA CARGO, Jakarta Periode: April 1997 – June 1997 Tujuan: Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta Posisi: Staff Administrasi Rincian Pekerjaan:

  • Mengupdate data konsumen
  • Menyiapkan tagihan
  • Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
  • Bekerja di PT. SAMUDRA CARGO. Jakarta Periode: Januari 2002 – Juli 2005
  • Menyiapkan surat-surat penawaran untuk konsumenStatus: Karyawan Tetap
    Posisi: Staf bagian Accounting

Rincian pekerjaan:

  • Mengelola kas kecil
  • Mengontrol persediaan peralatan kantor
    Melakukan surat menyurat bisnis
  • Penggajian (payroll)
    Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok

Dari contoh di atas, anda bisa memperhatikan dengan baik mulai dari penggunaan kata, penggunaan jenis dan ukuran font serta susunannya.

Artikel Terkait :  Contoh Surat Penawaran dan Cara Membuatnya

Leave a Comment