Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Elegan Resign dari Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri – Banyak faktor yang menyebabkan seseorang untuk keluar dari tempat pekerjaan. Salah satu hal yang banyak dijadikan alasan adalah ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Atau mungkin mendapatkan tawaran dari perusahaan lain dengan posisi dan gaji yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu Anda harus membuat surat pengunduran diri yang baik agar hubungan yang selama ini dijalin dengan perusahaan tetap terjaga.

Banyak sekali contoh surat pengunduran diri yang bisa dibuat untuk resign dari perusahaan, tetapi sebelum membuat surat pengunduran diri sebaiknya Anda tetap menjaga tata krama dengan semua orang yang bekerja di perusahaan tersebut.

Jangan meninggalkan tempat Anda bekerja tanpa pemberitahuan sama sekali, sehingga bisa meninggalkan kesan buruk untuk Anda. Nah, untuk meninggalkan kesan positif Anda harus mengundurkan diri dengan cara profesional.

Cara Mengundurkan Diri yang Elegan

Cara Mengundurkan Diri yang Baik
duniainter.net

Meninggalkan kesan baik adalah sebuah keharusan bagi Anda yang ingin tetap menjaga integritas. Dengan begitu bila suatu saat Anda ingin kembali ke perusahaan lama, mereka akan tetap menerima Anda dengan senang hati. Hal itu karena Anda meninggalkan kesan yang baik selama bekerja di tempat tersebut. Berikut adalah langkah-langkah cara pengunduan diri yang baik.

Berbicara Langsung dengan Atasan

Berbicara dengan Atasan Ketika Mengundurkan Diri

Pastikan sebelum mengajukan surat pengunduran diri, pastikan membicarakan hal tersebut pada atasan Anda. Hal ini untuk menghormati atasan Anda, jangan sampai atasan Anda mendengar isu ini dari orang lain. Kalau hal ini sampai terjadi, bisa jadi atasan Anda akan merasa tidak dihargai.

Oleh sebab itu untuk menjaga hubungan Anda dengan atasan sebaiknya untuk membicarakan masalah pengunduran diri kepada atasan sedini mungkin.

Informasikan Rencana Pengunduran Diri Anda Jauh-jauh Hari

Informasikan Rencana Pengunduran Diri Anda Jauh-jauh Hari

Bila Anda melakukan pengunduran diri secara mendadak akan merepotkan banyak orang. Hal itu karena perusahaan belum mempersiapkan orang lain untuk mengantikan pos yang Anda tinggalkan.

Oleh sebab itu agar tidak merepotkan orang lain, beri jeda waktu setidaknya satu bulan antara saat Anda mengajukan surat pengunduran diri dengan waktu Anda terakhir berhenti bekerja.

Tetaplah Bekerja dengan Sebaik Mungkin

Tetaplah Bekerja dengan Sebaik Mungkin

Walapun sudah mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan saat ini bukan bearti Anda bisa malas-malasan dalam bekerja. Tetaplah bekerja seperti biasanya atau harusnya lebih meningkatkan peforma dalam bekerja.

Sehingga ketika meninggalkan posisi Anda saat ini sudah tidak ada beban pekerjaan yang belum terselesaikan. Dengan begitu perusahaan akan memberikan nilai positif pada kinerja Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Jaga Cara Bicara Anda Selama Proses Pengunduran Diri

Menjaga Bicara Ketika Ingin Mengundurkan Diri

Biasanya hal buruk yang dilakukan seseorang yang mengundurkan diri karena tidak cocok dengan suasana atau rekan kerja sering berbicara tentang keburukan. Jagalah bicara Anda ketika ingin keluar kerja, karena selama bekerja di perusahaan tersebut Anda masih menerima gaji untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Bila Anda menjelekan perusahaan tersebut sama saja dengan menghina diri sendiri. Jaga juga hubungan dengan rekan kerja di perusahaan tersebut, karena siapa tahu nantinya akan bekerja sama lagi di perusahaan lain.

Kembalikan Semua Properti Kantor

Peralatan Kantor

Bila selama bekerja di perusahaan Anda diberikan fasilitas untuk menunjang pekerjaan yang dijalani ketika akan keluar dari perusahaan tersebut sebaiknya mengembalikan semua barang-barang tersebut.

Jangan sampai Anda membawa barang yang bukan menjadi hak milik, sehingga mengakibatkan hal-hal buruk yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Perhatikan Etika Kerja

Etika Kerja Ketika Akan Risign

Walaupun sudah tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut, Anda masih punya kewajiban untuk menjaga semua rahasia perusahaan. Jangan membocorkan apa yang menjadi rahasia perusahaan tersebut pada perusahaan lain dengan alasan apapun.

Apalagi bila di dalam kontrak kesepatkan kerja dicantumkan hal tersebut, bila Anda melanggar akan berurusan dengan hukum.

Pamit Pada Rekan Kerja

Pamit Pada Rekan Kerja

Jangan lupa untuk pamit kepada rekan kerja dan juga teman yang ada diperusahaan tersebut. Berikanlah kesan yang baik agar kemudian hari bila bertemu kembali masih bisa diterima dengan baik juga. Jangan sampai ketika masuk kerja diterima dengan baik ketika keluar pergi tanpa pamit.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Surat Surat Pengunduran Diri
fisipunsil.blogspot.com

Bila Anda sudah melakukan beberapa tips yang telah dibuat di atas ada satu hal lagi yang harus dilakukan yaitu membuat surat pengunduran diri.

Hal ini sangat penting, bisa dibayangkan bila Anda mengundurkan diri dari perusahaan tanpa surat? Pastinya akan membuat kecewa rekan kerja, atasan bahkan perusahaan. Kalau sudah terjadi hal seperti itu pasti nama kamu akan jelek di mata perusahaan.

Dengan membuat surat pengunduran diri yang baik akan tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan. Sehingga suatu saat apabila Anda ingin kembali melamar pekerjaan di perusahaan tersebut masih akan diterima dengan baik.

Surat pengunduran diri sebaiknya dibuat dengan kalimat yang sopan dan jelas. Gunakan bahasa baku yang baik dan benar sehingga mudah untuk dimengerti.

Bagian-bagian di Dalam Surat Pengunduran Diri

Contoh Isi Surat Pengunduran Diri
anneahira.com

Head Line 

Maksud dari head line adalah judul surat yang dibuat. Biasanya judul surat ditulis dengan menggunakan huruf tebal dan ukuran lebih besar. Head line biasanya langsung mengarah pada tujuan ditulisnya sebuah surat, kalau dalam kasus ini berarti di tulis “Surat Pengunduran Diri”

Waktu Pengunduran Diri

Penulisan waktu juga penting, karena hal ini akan menjadi salah satu sah atau tidaknya surat pengunduran diri yang Anda buat. Selain itu penulisan waktu sebaiknya ditulis hurufnya secara sempurna jangan disingkat. Contoh Bandung, 15 September 2014. Jangan menulisnya dengan singkatan seperti ” 15 Sep 14 atau 15 September 14.

Kepada Siapa Surat Ditujukan

Sebelum membuat surat, pastikan ke bagian mana surat tersebut ditujukan. Jangan sampai apa yang ditulis di dalam surat tersebut tidak sama pada siapa surat tersebut ditujukan. Anda bisa menujukan surat pengunduran diri ke bagian HRD, Manager, atau Direktur dari perusahaan tersebut.

Jangan sampai surat yang Anda buat salah masuk sehingga tidak mendapat respon dari yang bersangkutan. Oleh sebab itu sangat penting untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum memberikannya.

Beri Penjelasan dengan Jujur Tujuan Anda

Banyak sekali rang yang takut atau ragu dalam menuliskan alasan yang jujur tentang keinginannya untuk keluar dari perusahaan tempat dia bekerja.

Padahal setiap orang yang bekerja memiliki hak untuk mengundurkan diri asalkan tidak terikat dengan kontrak yang sudah disepakati sebelumnya.

Misalnya bila perusahaan mengajukan kotrak pada Anda untuk bekerja selama 3 tahun di perusahaan tersebut. Maka Anda harus menjalani isi dari kesepakatan kontrak tersebut, kalau dilanggar tentu akan terkena sanksi adminitrasi.

Jadi bila Anda tidak terikat kontrak maka memiliki hak untuk resign dan jangan lupa untuk menuliskan secara jujur alasan kenapa keluar dari perusahaan tersebut.

Jangan Lupa untuk Mengucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih merupakan hal yang sederhana tetapi dari hal yang sederhana ini karakter seseorang akan terlihat.

Bagaimanpun juga Anda telah diterima bekerja di perusahaan tersebut dan mendapatkan penghasilan dari sana. Sudah sepantasnya Anda mengucapkan banyak terima kasih agar hubungan dengan perusahaan tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa poin yang harus ada dalam surat pengunduran diri, bila Anda masih kesulitan dalam membuat surat pengunduran diri ada beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda tiru. Untuk mendapatkan surat tersebut Anda bisa mendownloadnya disini  Surat Pengunduran Diri .

Artikel Terkait :  Contoh Biodata Diri Lengkap Sesuai dengan UUD 45

1 thought on “Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Elegan Resign dari Pekerjaan

Leave a Comment