Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks yang Mudah Dipahami

Contoh Teks Prosedur Kompleks – Ketika berada di bank atau kantor pos sering ada petunjuk dalam melakukan pembayaran. Nah, petunjuk yang berurutan tersebut biasa disebut prosedur.

Teks prosedur kompleks bisa diartikan sebagai karya tulis yang memuat informasi tentang tahapan-tahapan yang saling berhubungan untuk menyeselasikan suatu kegiatan.

Tahapan informasi yang diberikan harus jelas dan bersifat logis sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca. Pemilihan serta penulisan kalimat yang dipakai dalam teks prosedur hendaknya yang ringkas dan mudah dimengerti sehingga orang yang membacanya bisa memahami dan menjalankan panduan tersebut dengan mudah.

Nah untuk lebih lengkapnya mengenai teks prosedur komplek akan diulas secara mendetail pada artikel di bawah ini.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur Kompleks

Sebelum pembahasan yang lebih jauh terlebih dahulu yang perlu Anda ketahuai adalah pengertian dari teks prosedur. Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau yang sering disebut dengan KBBI prosedur artinya tahap-tahapan kegiatan untuk menyelesaikan aktivitas.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa teks prosedur kompleks berarti sebuah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahapan untuk melakukan suatu hal yang disajikan dengan urutan tertentu.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Setelah mengetahui pengertian sekarang kita lanjutkan mengenai struktur teks prosedur. Dengan membuat struktur yang baik akan memudahkan orang yang membaca teks prosedur untuk memahami urutan kegiatan yang harus dilakukan.

Memang tidak ada struktur bakunya tetapi kebanyak orang membuat teks kompleks dengan susunan yang hampir sama.

Dalam membuatnya ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan yakni bagian tujuan, bagian material, dan yang terakhir bagian langkah-langkahnya. Susunannya akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

Struktur Teks Prosedur Kompleks
pixabay.com

Bagian Awal Teks Prosedur Kompleks (Bagian Tujuan)

Pada bagian awal dari teks prosedur biasanya diisi dengan penjelasan terkait tujuan dari pelaksanaan atau pembuatan suatu kegiatan yang di jelaskan. Pada bagian ini bisa diisi dengan judul tujuan contohnya seperti “Cara Daftar Ulang”, “Tuntunan Sholat”, Dan lain sebagainya.

Bagian Kedua Teks Prosedur Kompleks (Bagian Material)

Bagian kedua ini biasanya diisi dengan penjelasan tentang kegiatan dan capaian akhir serta disebutkan berbagai bahan dan alat yang dibutuhkan dalam melakukan aktivitas tersebut.

Bagian Ketiga Teks Prosedur Kompleks (Tahapan – Tahapan)

Pada bagian akhir merupakan bagian utama dari teks prosedur kompleks. Pada bagian ini penulis memberikan panduan mengenai tahapan-tahapan atau langkah-langakh yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan.

Tahapan-tahapan tersebut harus disusun secara berurutan dengan menggunakan bahasa yang logis dan mudah untuk dimengerti.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Suatu karya tulis biasanya memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya adalah bahasa yang digunakan. Hal ini berlaku juga dalam teks prosedur kompleks, biasanya teks ini menggunakan bahasa yang bersifat perintah.

Kalimat yang digunakan biasanya mengandung konjungsi, adanya kata kerja imperatif, verba material, dan juga juga partisipan manusia secara umum. Lebih jelasnya masing-masing bagian tersebut akan dijelaskan di bawah.

Konjungsi

Ada banyak sekali konjungsi pada teks prosedur kompleks yang menyatakan waktu (kegiatan). Contoh pemakaian kalimat kongjungsi pada teks prosedur diantaranya: seperti kemudian, setelah itu, lalu, dan selanjutnya.

Kata-kata seperti itu hadir sebagai konsekuensi dari langkah-langkah penggunaan sesuatu yang bersifat kronologis.

Kata Kerja Imperatif (perintah)

Pada teks prosedur sering dijumpai penggunaan kalimat perintah. Konsekuensi dari penggunaan kalimat perintah tersebut maka akan banyak pula pemakaian kata kerja imperatif, yakni kata yang menyatakan perintah, keharusan, atau larangan.

Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material merupakan perintah yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan ungkapan. Penggunaan verbal material dan tingkah laku banyak dijumpai pada kalimat teks prosedur.

Partisipan Manusia

Dalam segi partisipan manusia secara umum kita cukup memeriksa apakah pada teks prosedur kompleks yang telah sunting terdapat partisipan manusia dan partisipan manusianya bukan secara khusus.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Penulisan Teks Prosedur Kompleks
pixabay.com

Setelah membaca penjelasan di atas tentu saat ini Anda juga mengetahui apa itu teks prosedur kompleks dan kalimat-kalimat apa saja yang biasa digunakan untuk membuatnya. Sampai di sini tentu Anda sudah bisa membuat teks tersebut secara mandiri.

Bila masih belum yakin, mungkin Anda perlu membaca beberapa contoh teks prosedur kompleks. Ada banyak sekali teks prosedur yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari.

Paling sering tentu di berbagai fasilitas umum yang memberikan beberapa petunjuk penggunaan fasilitas tersebut. Berikut adalah contoh teks prosedur kompleks yang sederhana.

Contoh Teks Prosedur Komples Tentang Cara Wudhu yang Benar

Prosedur Kompleks Wudhu
Prosedur Kompleks Wudhu

Bersuci merupakan kewajiban bagi muslim sebelum melakukan ibadah. Kegiatan ini rutin dilakukan hampir setiap haris ketika akan melakukan ibadah sholat ataupun membaca Al Qur’an. Tetapi terkadang masih ada yang melakukan dengan cara yang tidak tepat.

Nah untuk membantu orang-orang tersebut Anda bisa membuat teks prosedur kompleks tentang tata cara berwudhu yang baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

#1 Membasuh atau mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali, sambil membaca basmallah.

#2 Berkumur sekaligus membersihkan lubang hidung sebanyak tiga kali.

#3 Membasuh wajah dengan air sebanyak tiga kali sambil membaca niat wudhu di bawah ini.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL WUDHUU A LIRAF’IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya :

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah Ta’ala

#4 Membasuh kedua tangan mulai mulai dari ujung siku sampai ujung jari sebanyak tiga kali. Dahulukan tangan kanan terlebih dahulu baru kemudian tangan kiri.

#5 Mengusap kepala, semua permukaan rambut sebanyak tiga kali

#6 Mengusap atau membasuh kedua daun telinga sebanyak tiga kali

#7 Membasuh dan mengusap kedua kaki mulai dari ujung kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali.

#8 Setelah itu membaca doa setelah wudhu berikut ini.

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA

Contoh Teks Prosesdur Kompleks Tentang Cara Mengurus Kartu Pelajar

Contoh Teks Prosedur Kompleks
Contoh Teks Prosedur Kompleks

Kartu pelajar merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh seseorang yang sedang belajar di lembanga pendidikan tertentu. Kartu ini menjadi identitas bagi siswa dan menjadi tanda bahwa siswa tersebut memang terdapat di sekolah tempat ia belajar. Kartu pelajar bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan sebagai pengganti kartu penduduk.

Bagi yang ingin membuat kartu pelajar bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

#1 Datanglah di kantor sekeolah bagian tata usaha

#2 Minta blanko untuk membuat kartu pelajar pada petugas tata usaha

#3 Isilah data-data yang diperlukan pada blanko dengan jujur dan baik

#4 Setelah blanko diisi dengan baik, serahkan kembali kepada petugas tata usaha

#5 Setelah itu Anda masuk ke ruang khusus untuk keperluan pengambilan foto

#6 Anda akan menerima selembaran kertas sebagai bukti pengambilan kartu pelajar.

Sampai di sini dulu ya pembahasan tentang contoh teks prosedur kompleks. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Artikel Terkait :  Gunakan Contoh Teks Tanggapan Kritis yang Tepat untuk Menyapaikan Pendapat

Leave a Comment