Usaha Sampingan Tanpa Modal

Macam Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa memiliki penghasilan? Malah dari profesi yang identik dengan pekerjaan rumah ini Anda bisa banyak menemukan inspirasi bisnis tanpa modal yang bisa dikembangkan. Menjadi ibu rumah tangga memang sangat melelahkan, hampir lebih semua waktunya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Mulai dari mengurus anak, memasak dan juga bersih-bersih rumah. Tapi bila pandai mengatur waktu sebenarnya Anda masih bisa memiliki sedikit celah waktu yang bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha sampingan tanpa modal.

Tanpa modal bisa diartikan dengan menggunakan sumber daya lain selain materi. Karena setiap bisnis atau usaha sudah pasti memerlukan modal, modal di sini bukan hanya materi mungkin berupa ide, keahlian, jaringan dan lain-lain. Banyak orang yang beralasan ketika akan membuka bisnis terkendala dengan modal uang, padahal Tuhan sudah menganugrahkan tubuh dan akal yang sehat. Jika mau Anda bisa sedikit berpikir kreatif bagaimana cara memulai usaha rumahan tanpa modal yang memberikan keuntungan besar.

Tips Memulai Sampingan Usaha Tanpa Modal

Jika modal materi yang Anda jadikan alasan orang untuk tidak membuka bisnisnya maka Anda seharusnya belajar dari orang-orang yang sudah sukses merintis bisnis mereka. Para pengusaha besar rata-rata merintis bisnis mereka dari nol dan nyaris tanpa modal uang sepeserpun. Berikut ini beberapa tips agar bisa membuka bisnis tanpa modal.

  • Perluas Jaringan

Ini sebuah langkah awal agar Anda bisa memulai bisnis tanpa modal yaitu dengan memperluas pergaulan. Perbanyak teman dan bangun relasi sehingga bila ada sebuah peluang bisnis baru Anda bisa cepat tahu informasi tersebut. Para pengusaha sukses yang merintis usahanya dari nol ternyata mempunyai kesamaan yaitu sama-sama memiliki jaringan bisnis yang luas di bidang mereka.

Artikel Terkait :  Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Dengan memiliki banyak relasi Anda punya banyak inspirasi bisnis dari orang yang Anda kenal. Atau mungkin diantara relasi Anda ada yang mau memberikan permodalan untuk bisnis yang Anda rintis tentu disini dengan sistem bagi hasil. Atau Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk mereka dengan modal kepercayaan saja.

  • Miliki Keahlian dan Bangun Kepercayaan

Mungkin Anda tidak punya modal materi, tapi Tuhan telah memberikan anugerah kepada Anda tubuh yang sehat, akal dan pikiran yang bisa Anda gunakan dengan bebas. Berlatih lah satu keahlian dan jadilah yang paling Ahli di bidang yang Anda geluti.

Jika Anda telah memiliki keahlian akan mudah mendapatkan kepercayaan dari relasi maka hal yang perlu Anda perhatikan ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari teman adalah dengan menjaganya. Jaga amanah yang diberikan oleh teman Anda, karena dengan modal kepercayaan Anda akan mudah untuk merintis bisnis sampingan tanpa modal.

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga
tabloidbisnis.com

Beberapa usaha sampingan ini bisa dikerjakan oleh ibu rumah tangga dan untuk memulai bisnis ini nyaris tanpa modal. Untuk menjalankan bisnis ini modal awalnya hanya relasi dan juga kepercayaan.

Baca juga : Peluang bisnis rumahan yang menguntungkan

1. Agen asuransi

Sebagai ibu rumah tangga Anda tentu akan menjalani beberapa aktivitas seperti mendatangi arisan, mengantar buah hati Anda ke sekolah, atau dalam rapat pertemuan antar orang tua wali murid. Dengan adanya aktivitas tersebut Anda bisa memanfaatkannya dengan menawarkan beberapa asuransi yang memberikan jaminan pendidikan dan kesehatan keluarga. Bagi keluarga dikalangan menengah biasanya sangat tertarik dengan asuransi, karena mereka memiliki dana yang terbatas, hal ini bisa menjadi celah usaha yang bisa Anda manfaatkan dengan menjadi agen asuransi tertentu.

Artikel Terkait :  Cara Mencari Supplier Bisnis Dropship Terpercaya

2. Direct Selling

Satu lagi peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan ketika melakukan pertemuan dengan banyak orang yaitu dengan menawarkan berbagai produk secara langsung. Anda bisa menggunakan katalog produk-produk tertentu untuk menawarkan produk yang Anda jual. Dengan menggunakan katalog Anda tidak perlu lagi melakukan stock produk sehingga modal yang dikeluarkan sangatlah minim yaitu hanya untuk membeli katalog saja.

3. Online shop

Cara lain untuk mempunyai bisnis smapingan tanpa modal adalah dengan membuka bisnis online. Bisnis ini hampir sama dengan sistem direct selling, bedanya katalog yang digunakan berupa katalog digital. Anda bisa bekerja sama dengan beberapa suplier yang memiliki produk dan menjual kembali produk tersebut dengan sistem dropship. Usaha sampingan online ini mengeluarkan modal untuk biaya online dan juga pemeliharaan website.

4. Content Writer

Bila Anda suka menulis dan ingin mengembangkan bakat yang Anda miliki? Mungkin ide bisnis sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Selain bisa menambah wawasan serta mengasah skill yang Anda miliki, Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari hobi tersebut. Jasa menulis ya itulah profesi yang baru-baru ini muncul karena banyaknya kebutuhan konten tulisan yang berkualitas. Anda bisa menjadi penulis di beberapa website untuk menyusun sebuah artikel yang menarik dan enak untuk dibaca. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya memerlukan koneksi internet dan juga kemampuan merangkai kata yang memenuhi standar penulisan dalam web.

3 thoughts on “Macam Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Leave a Comment