Cara Membuat Minyak Kemiri

Inilah Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kenari yang Jarang Diketahui

Kemiri merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah yang bijinya banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masak dan obat, kemiri banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak. Minyak yang dibuat dari kemiri bukan minyak untuk memasak ya, tetapi minyak yang bisa digunakan untuk obat dan juga menjaga kesehatan rambut.

Sejak zaman dahulu kemiri sudah dikenal di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah nama dari rempah ini berbeda-beda, misalkan di daerah Sunda biasa disebut muncang, di Jawa biasa disebut pedekan dan kebiri di Batak serta masih banyak lagi nama lain di seluruh penjuru nusantara. Sebelum lebih jauh belajar tentang cara membuat minyak kemiri mungkin terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa manfaat dari minyak ini.

Manfaat Minyak Kemiri

Kemiri memiliki nama ilmiah Aleurites moluccana yang termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Hanya sedikit yang tahu bahwa minyak kemiri ini merupakan satu spesies dengan singkong, hal itu dikarenakan jarang orang yang melihat langsung pohon kemiri. Seperti yang sudah disinggung di awal saat ini kemiri banyak digunakan sebagai bumbu masak. Tetapi dahulu kemiri banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak yang berkhasiat untuk kesehatan rambut.

Banyak zat baik yang terkandung di dalam kemiri. Zat tersebut seperti vitamin A, vitamin B1, karbohidrat, protein, zat gizi, folat serta fitosterol serta zat lainnya. Banyaknya kandungan vitamin dan zat lain membuat rempah yang satu ini memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan.

Pohon Kemiri yang Masih Hijau
Sumber Gambar:pixabay.com

Mengobati Sariawan dengan Kemiri

Bukan hanya biji kemiri yang memiliki manfaat tetapi bagian batang dan getahnya juga salah satunya adalah untuk mengobati sariawan dan bau mulut. Untuk mengobatinya cukup gunakan getah dari pohon kemiri. Cara mendapatkan getahnya bisa dengan merobek kulit pohon kemiri dengan pisau dan tunggu sampai getahnya keluar. Cara memanfaatkannya adalah ambil getah kemiri dengan kapas, campur dengan sedikit santan kelapa kemudian oleskan kapas tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan.

Artikel Terkait :  Bermalam di 10 Hotel Ini Akan Menekan Bujet Liburan di Bekasi

Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur merupakan sebuah momok bila sudah menyerang tubuh manusia. Infeksi jamur yang menyerang kulit seperti panu memang tidak berbahaya, tetapi hal tersebut akan sangat berdampak pada kepercayaan diri si penderita. Untuk mengobati jamur pada kulit cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit yang terkena infeksi jamur. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan maksimal.

Mengatasi susah Tidur

Bagi kamu yang terkenal Insomnia atau penyakit susah tidur bisa mencoba metode ini. Di dalam minyak kemiri terdapat zat melatonin yang berkhasiat untuk membuat kamu lebih rileks dan cepat tertidur. Dengan begitu sedikit demi sedikit akan memperbaiki pola tidur kamu. Dengan waktu istirahat yang berkualitas akan menjadi awal hidup sehat bagi kehidupan kamu.

Mengobati Diare

Kemiri juga bermanfaat untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar kemudian bersihkan dan tumbuk hingga halus. Rebus air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi setengahnya, saring dan ambil airnya. Kemudian minum air tersebut dua kali sehari sampai sakitnya sembuh.

Minyak Kemiri Menyuburkan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut sudah tidak diragukan lagi. Minyak kemiri memang sudah sejak zaman dulu telah digunakan untuk menyuburkan rambut. Caranya dengan mengambil minyak kemiri secukupnya, kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan pada kepala secara lembut dan diamkan semalaman. Kemudian esok paginya bilas dengan menggunakan shampo, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin sampai terlihat hasilnya.

Menghilangkan Ketombe

Satu lagi masalah yang sering terjadi pada rambut yaitu ketombe. Dengan memanfaatkan minyak kemiri kamu bisa menghilangkan ketombe yang mengganggu. Caranya hampir sama dengan dengan di atas yaitu dengan mengoleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Minyak kemiri bisa menghilangkan kotoran pada kulit kepala yang menjadi biang keladi terjadinya ketombe. Dengan cara yang sama kamu juga bisa mengatasi masalah rambut lainnya seperti mengurangi rambut rontok, menghitamkan rambut, menumbuhkan rambut dll.

Artikel Terkait :  Usaha Ternak Bebek Petelur dan Bebek Pedaging yang Menguntungkan

Merawat Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan pada minyak kemiri memiliki khasiat untuk meremajakan kulit serta menghilangkan keriput serta garis halus. Hal ini karena zat yang ada di dalam kemiri bisa menangkal radikal bebas yang sangat merugikan bagi kesehatan kulit.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri Putih'
Sumber Gambar:googleusercontent.com

Setelah tahu begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kemiri, tentu saat ini kamu menjadi bersemangat bukan untuk membuat minyak ini? Untuk membuat minyak kemiri tidaklah terlalu sulit karena semua prosesnya bisa dikerjakan secara tradisional. Selain itu bahan serta alat untuk membuatnya juga banyak tersedia di warung-warung.

Bahan-bahan yang Digunakan

  • 250 gram biji kemiri, bisa juga disesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan.
  • Air Putih

Proses Pembuatan Minyak Kemiri

  1. Langkah pertama adalah membersihkan biji kemiri yang akan dibuat minyak sampai benar-benar bersih. Kemudian haluskan tetapi jangan sampai terlalu halus. Untuk menghaluskannya bisa dengan cara ditumbuk secara langsung atau menggunakan blender. Bila kamu menumbuknya secara langsung, tumbuklah sampai halus dan mudah untuk disaring.
  2. Sedangkan bila menggunakan blender, campurkan dengan sedikit air dan kemudian haluskan kira-kira sampai memiliki tekstur agag kasar. Jangan sampai terlalu halus seperti jus.
  3. Setelah biji kemiri dihaluskan dengan tumbukan manual atau menggunakan blender, selanjutnya adalah menyaring minyaknya. Caranya adalah dengan mencampur kemiri yang telah ditumbuk halus dengan air secukupnya, kemudian peras sampai keluar santannya. Proses ini sama seperti ketika memeras santan kelapa. Bila tumbukan biji kemiri terlalu halus, kamu bisa menggunakan kain untuk memerasnya. setelah diperas pisahkan antara ampas dan santan.
  4. Setelah mendapatkan santan yang diperas dari biji kemiri maka selanjutnya adalah memasak santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan sampai mendidih. Selama proses merebus aduk-aduk santan secara berlahan agar proses penguapan bisa berjalan dengan sempurna.
  5. Proses penguapan ini akan memakan waktu cukup lama oleh karena itu kamu harus bersabar dalam menunggunya. Terus aduk secara berlahan santan kemiri sampai airnya menguap dan tinggal minyaknya saja. Ciri minyak kemiri yang sudah jadi biasanya terlihat dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.
  6. Langkah terakhir dari membuat minyak kemiri adalah memindahkan minyak ke dalam botol. Setelah minyak jadi, tunggu dan diamkan sampai dingin. Lalu ambil kerak tersebut kemudian peras minyaknya dengan menggunakan kain kering. Masukan minyak hasil perasan tersebut ke dalam botol yang bersih, tujuannya tentu agar mudah digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Kamu juga bisa melihat proses pembuatan minyak kemiri pada video di bawah ini.

Cara Membuat Minyak Kemiri ala Hawai

Selain cara di atas sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk membuat minyak kemiri. Cara ini biasanya digunakan oleh masyarakat Hawai dan dianggap lebih mudah dan praktis dibandingkan cara di atas. Untuk bahan yang digunakan juga sama saja yaitu biji kemiri dan air putih. Berikut langkah-langkah pembuatannya.

  • Sangrai biji kemiri atau bisa juga dengan dipanggang dengan oven sampai matang lalu dinginkan.
  • Setelah biji kemiri dingin, tumbuk biji kemiri tersebut hingga halus seperti cara yang digunakan di atas.
  • Setelah biji kemiri halus campur dengan menggunakan air kemudian peras dengan menggunakan kain sampai minyaknya keluar.
  • Saring hasil perasan tersebut agar minyak lebih bersih kemudian masukan ke dalam botol penyimpanan.
  • Itulah cara membuat minyak kemiri ala Hawai, bagaimana mudah bukan? Setelah minyak dimasukan ke dalam botol simpan di tempat yang sejuk atau bisa ditaruh di lemari es agar bisa bertahan dalam waktu yang lama.
Membuat Minyak Kemiri ala Hawai
Membuat Minyak Kemiri ala Hawai
Sumber Gambar:andhikabagoes.blogspot.com

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Setelah selesai membuat minyak kemiri saatnya kini kamu menggunakannya untuk mendapatkan rambut hitam, sehat dan terlihat cantik. Agar bisa merasakan manfaat minyak kemiri dengan sempurna maka ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Berikut cara menggunakan minyak kemiri agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

  1. Oleskan minyak kemiri pada rambut setiap pagi. Gunakan sebagai pengganti minyak rambut.
  2. Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut satu jam sebelum keramas. Pijat pelan pada kulit kepala agar minyaknya bisa meresap dengan baik.
  3. Oleskan pada rambut pada malam hari sebelum tidur dan kemudian pagi harinya bersihkan dengan keramas menggunakan shampo.

Setelah melakukan 3 hal di atas secara teratur, maka kamu bisa melihat hasilnya. Dijamin kamu akan puas dengan tampilan rambut yang makin sehat dan cantik. Melakukan perawatan dengan menggunakan minyak kemiri tentu lebih murah dibandingkan harus ke salon. Sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran bulanan. Bila tidak mau repot membuat minyak kemiri sendiri, maka kamu bisa membelinya minyak tersebut yang banyak dijual di pasaran.

Leave a Comment