Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan & Kulit

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sudah terbukti. Dalam keseharian tentu Anda juga merasakannya bukan? Bawang putih merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga umbi-umbian. Saat ini bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu masakan yang sudah diakui di seluruh dunia. Salah satu khasiat dari bawang putih adalah bisa mencegah kanker. Tapi, karena tanaman ini memiliki bau yang kuat jarang yang mau mengkonsumsi langsung, tetapi hanya digunakan sebagai bumbu sehingga sangat sedikit manfaat yang dirasakan.

Hampir setiap bahan-bahan alami memiliki khasiat bagi tubuh. Terutama tanaman rempah-rempah yang berasal dari Indonesia memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Begitu juga bawang putih yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih sangat beragam dan semuanya memiliki efek tersendiri bagi tubuh.

Manfaat Bawang Putih Memiliki Senyawa Allicin, Digunakan Untuk Obat

Kandungan Senyawa dan Khasiat Bawang Putih
Kandungan Senyawa dan Khasiat Bawang Putih
Sumber Gambar: bawangputih.org

Bawang putih merupakan tanaman obat yang telah ada sejak zaman mesir kuno, kandungan alicilin pada tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu campuran obat herbal. Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif yang banyak terkandung di dalam bawang putih. Lalu apa fungsi allicin bagi tubuh? Zat ini merupakan zat anti bakteri yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dalam berbagai riset yang dilakukan terhadap zat allicin menemukan beberapa efek penting untuk kesehatan diantaranya menurunkan berat badan dan mencegah hipertensi. Selain itu zat ini juga memiliki manfaat untuk mengencerkan sel darah, sebagai zat anti kanker dan anti bakteri serta sebagai antioksidan. Berikut adalah beberapa khasiat bawang putih.

Khasiat Bawang Putih untuk Mengobati Kanker

Menakjubkan bukan? Ya, mungkin para peneliti yang menemukan manfaat dari bawang putih di mana di dalamnya terkandung nutrisi yang memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati kanker. Kandungan zat sulfida alil pada bawang putih merupakan obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker.

Salah satu bukti nyata yang telah ditemukan oleh para peneliti adalah adanya kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang memicu kanker payudara. Dari penelitian tersebut dilakukan uji coba yang memberikan hasil mengejutkan yaitu zat diallyl sulfida pada bawang putih ternyata bisa menghambat pertumbuhan dan perubahan PhIP menjadi karsonogen.

Zat PhIP inilah yang menyebabkan kanker payudara pada perempuan. Yang menjadi poin pentingnya adalah bawang putih ternyata memiliki zat anti kanker yang sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang membahayakan tubuh Anda.

Bawang Putih Ampuh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lain dari tanaman bawang putih adalah bisa menurunkan tekanan pada darah. Manfaat ini sudah teruji dan telah banyak riset yang telah membuktikan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah sekitar 7-8%. Bahkan efek dari tanaman ini juga bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang normal. Jadi jangan terlalu banyak juga ya mengkonsumsi bawang putih agar tidak berakibat buruk pada tubuh.

Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan tanaman rempah yang memiliki beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C, Kalsium serta zat besi pada bawang putih sangat baik untuk tubuh. Inilah beberapa kandungan nutrisi pada bawang putih per 136 gram.

  1. Serat 3 gram memenuhi 11% dari kebutuhan harian pada tubuh.
  2. Zat besi yang memenuhi sekitar 13% dari kebutuhan harian.
  3. Karbohidrat 45 gram, jumlah ini sudah memenuhi sekitar 15% kebutuhan tubuh.
  4. Vitamin C, kandungan vitamin C pada bawang putih sudah memenuhi 71% kebutuhan harian.
  5. Kalsium, memenuhi 25% kebutuhan harian.
Artikel Terkait :  Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Begitu banyak nutrisi yang terkandung pada tanaman ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tetapi selain zat baik yang disebutkan di atas bawang putih juga mengandung beberapa zat yang mungkin berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan seperti lemak jenuh dan kalori. Tetapi obat herbal seperti bawang putih lebih baik dari pada obat kimia, karena obat kimia memiliki efek samping jangka panjang yang buruk untuk tubuh.

Sumber Antivirus /anti bakteri / Antioksidan yang Sangat Ampuh

Bawang putih juga sangat populer digunakan sebagai sumber antioksidan, zat inilah yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk imun pertahanan. Bukan hanya untuk mencegah tetapi bawang putih juga memiliki manfaat sebagai anti virus dan bakteri. Zat yang terkandung di dalam bawang putih bisa membantu mencegah bakteri jamur, ragi dan virus serta cacing dalam tubuh.

Mengurangi Kolestrol Jahat

Kolestrol merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar tertentu. Sebenarnya kolestrol terbagi menjadi 2 yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat. Kolestrol jahat akan menimbulkan efek buruk pada tubuh. Salah satu khasiat dari bawang putih adalah bisa memangkas LDL (kolestrol jahat) di dalam tubuh secara signifikan.

Dalam berbagai riset bawang putih bisa memangkas kolestrol jahat 10 sampai 15 %. Ajaibnya tanaman ini hanya mengurangi kolestrol jahat sedengkan untuk kolestrol baik tidak memiliki efek sama sekali, sehingga kesehatan Anda tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi bawang putih dengan kadar tertentu akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah.

Ingin Panjang Umur? Rutinlah Konsumsi Bawang Putih

Umur merupakan rahasia tuhan, tetapi sebagai manusia tentu Anda wajib berusaha untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena penyakit yang mematikan. Dalam bawang putih terdapat segudang manfaat yang luar biasa bila dikonsumsi secara rutin, sehingga bisa menjaga kesehatan. Berikut beberapa pertimbangan bawang putih bisa memanjangkan umur (baca : menjaga kesehatan).

  • Menghindari kanker, pembunuh utama di dunia
  • Menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
  • Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus

Keempat hal tersebut merupakan hal yang menunjang untuk bisa hidup awet muda. Terhindar dari berbagai penyakit berbahaya serta memiliki anti oksidan dan anti bakteri merupakan salah satu kunci meraih hidup sehat bahagia.

Bawang Putih Untuk Kecantikan Kulit

Bawang putih tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Banyak sekali manfaat dari bawang putih dalam merawat kulit agar tetap cantik dan mulus. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit.

Membersihkan Komedo. Munculnya komedo pada daerah hidung tentu akan sangat mengganggu penampilan bukan? Ada cara praktis yang bisa Anda pakai untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Cukup haluskan bawnag putih kemudian oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo, diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan air bersih.

Menghilangkan bekas noda luka. Memiliki bekas luka pada kulit tentu akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Oleh karena itu banyak sekali obat untuk menghilangkan bekas luka secara cepat. Tetapi terkadang obat tersebut mengandung zat yang berbahaya sehingga tidak baik untuk kesehatan kulit. Solusi agar bekas luka pada kulit cepat hilang adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan bawang putih pada noda luka tersebut secara teratur sampai noda tersebut hilang.

Obat jerawat. Hemmm… Jerawat? Tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan hal tersebut. Kebanyakan remaja yang memiliki jenis kulit berminyak banyak jerawat yang tumbuh pada kulit. Ada cara alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan bawang putih. Haluskan satu siung bawang putih kemudian balurkan pada permukaan kulit yang berjerawat, diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan.

Artikel Terkait :  Cara Sukses Budidaya Pisang Kepok

Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Emang bisa ya, bawang putih mencegah penyakit syaraf seperti demensia? Tahukah kamu bila kerusakan syaraf atau oksidatif disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang putih bisa mendukung perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Dengan rutin mengkonsumsi bawang telah terbukti bisa meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, selain itu bisa juga mengurangi stress oksidatif pada pasien yang terkena tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan dari bawang putih dalam mengurangi kolesterol serta sifat antioksidan bisa membantu mencegah penyakit otak umum seperti Alzheimer dan Demensia.

Bawang Putih Dapat Memangkas Berat Badan

Pengen punya tubuh langsing dan ideal tapi malas diet? Bawang putih merupakan solusi alami yang bisa kamu pilih. Zat inflamasi pada bawang putih bisa membantu mengatur sel lemak yang diproduksi tubuh. Seperti yang telah kamu tahu obesitas terjadi karena penumpukan lemak. Pembentukan lemak terjadi dengan tahapan mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang disebut sitem inflamasi. Vinyldithiin merupakan zat yang terdapat pada bawang putih bisa membantu menghambat terjadinya proses inflamasi, sehingga proses penumpukan lemak bisa dikurangi. Jadi bawang putih juga sangat efektif untuk mengurangi berat badan.

Menghilangkan Sakit Gigi Sangat Ampuh

Ternyata bawang putih bisa juga lho, digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Kok bisa? Iya begini penjelasnya, penyebab utama darii sakit gigi adalah adanya bakteri atau virus yang ada pada gigi. Pada bawang putih terdapat zat anti bakteri dan anti virus yang bisa menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang bermanfaat untuk mengobati sakit gigi kamu.

Penting Diketahui Mengenai Bawang Putih

Efek Samping dari Mengkonsumsi Bawang Putih
Efek Samping dari Mengkonsumsi Bawang Putih
Sumber Gambar : birthorderguy.com

Ada beberapa hal penting yang harus ketahui tentang bawang putih. Diantaranya adalah efek samping yang ditimbulkan bila mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan selain memiliki zat yang baik untuk tubuh, bawang putih juga memiliki zat yang memberikan efek buruk bagi tubuh.

Efek Samping Bawang Putih

  • Bila dioleskan terlalu tebal pada kulit akan menyebabkan luka seperti bekas terbakar pada kulit.
  • Bila dikonsumsi oleh ibu hamil secara wajar bawang kulit tidaklah berbahaya, tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah pada kehamilan. Tidak ada cukup informasi yang akurat tentang penggunaan bawang putih untuk ibu hamil dan menyusui, baiknya untuk keamanan sebaiknya dihindari.
  • Untuk anak-anak sebaiknya penggunaan bawang putih tidak berlebihan. Karena bila bawang putih dikonsumsi secara berlebihan oleh anak-anak akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh anak tersebut.
  • Masalah Pencernaan. Bawang putih dapat menyebabkan iritasi saluran gastrointestinal (GI). Gunakan dengan bijak jika anda mengalami masalah dengan pencernaan atau fungsi lambung.

Cara Penyajian Bawang Putih

Khasiat bawang putih yang begitu banyak tentu membuat kamu ingin mengkonsumsinya bukan? Tetapi tidak semua orang bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung karena memiliki bau yang kuat. Berikut adalah cara mengkonsumsi bawang putih agar bisa dinikmati rasa dan manfaatnya.

  1. Di tumis, hampir setiap masakan apapun menggunakan bawang putih, bila ingin merasakan efek dari khasiat bawang putih bisa menambahkan beberapa butir bawang putih.
  2. Buat irisan tipis kemudian campur dengan kecap lalu konsumsi.
  3. Dibuat sambal bawang
  4. Dimakan langsung, bila kamu bisa memakan langsung bawang putih akan semakin cepat terasa efeknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *