Gambar Kerajinan Tekstil

Pengertian dan Contoh Kerajinan Tekstil Indonesia

Saat ini mungkin hasil dari kerajinan tangan tekstil sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Macam-macam kerajinan tekstil itu seperti berbagai pakaian sebagai kebutuhan sandang, taplak meja, sarung bantal, sprei pelapis serta aneka sandang lain yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel kali ini kita akan membahas semua hal yang berkaitan dengan kerajinan tekstil. Di Indonesia kerajinan tekstil terbagi menjadi 2 yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional. Masing-masing kerajinan memiliki fungsi masing-masing.

Untuk kerajinan modern biasanya digunakan untuk kebutuhan prkatis dan fungsional. Sedangkan untuk kerajinan tradisional biasanya digunakan sebagai simbolis dalam berbagai upacara adat. Untuk lebih mengerti tentang kerajinan tangan tekstil bisa membaca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kerajinan Tekstil

Pengertian Kerajinan Tekstil
Pengertian Kerajinan Tekstil @ kamuelavillas.com

Kerajinan tekstil merupakan sebuah karya seni yang dibuat menggunakan bahan tekstil. Tekstil merupakan bahan yang berasal dari serat yang diolah dari bahan benang atau kain. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat busana serta berbagai macam produk kerajinan lainnya.

Dari pengertian kerajinan tekstil di atas bisa diambil kesimpulan bahwa bahan tekstil yang digunakan meliputi benang, kain, pakaian dan berbagai benda yang dibuat dari serat. Bahan-bahan serat yang digunakan untuk tekstil biasanya serat filamen, serat staple, serat alam, serat sintetis dan lain-lain.

Macam-macam Kerajinan Tekstil

Macam-macam Kerajinan Tekstil
Macam-macam Kerajinan Tekstil @ yoursolution88.wordpress.com

Seperti yang sudah kita singgung di awal bahwa kerajinan tekstil di Indonesia dibagi menjadi 2 yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.

Perkembangan industri tekstil berkembang sangat pesat. Saat ini banyak perancang atau desainer yang menghasilkan karya-karya busana modern. Tetapi tidak sedikit yang mengembangkan ide dari kerajinan tekstil tradisional Indonesia agar dikenal luas oleh dunia. Berikut pembagian kerajinan tekstil Indonesia.

Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern merupakan karya tekstil yang dibuat dengan menggunakan alat bantu modern sehingga bisa membuat suatu produk tekstil dalam jumlah banyak.

Salah satu contoh kerajinan tekstil modern adalah pakaian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti topi, baju, aneka aksesoris. Selain itu ada juga digunakan sebagai pelangkap interior seperti kain sprei, sarung bantal, keset, lap dan lain-lain.

Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan tekstil tradisional merupakan kerajinan tangann yang dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana dan menggunakan bahan yang berasal dari alam. Alat yang digunakan biasanya masih sangat sederhana dan tidak bisa memperoduksi barang dalam jumlah banyak.

Contoh kerajinan tekstil sederhana adalah kain tenun, kain sarung, batik tulis dan aneka produk khas dari derah di Indonesia.

Contoh Macam-macam Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil merupakan suatu karya yang terwujud memlalui beberapa tahap pembuatan produk dari bahan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam membuat kerajinan dengan merancang suatu karya seni akan memudahkan dalam mencapai tujuan dalam pembuatan karya tersebut. Berikut ini merupakan contoh kerajinan tekstil yang ada di Indonesia.

Kerajinan Batik

Kerajinan Batik
Kerajinan Batik @ omahteknik.com

Batik merupakan sebuah karya seni bernilai seni tinggi yang sudah diakui oleh dunia. Membatik biasa menggunakan peralatan sederhana seperti canting atau kuas yang digunakan untuk membuat pola tertentu pada kain.

Untuk mewarnai kain tekstilnya menggunakan teknik tutup celup. Kerajinan tekstil batik ini merupakan warisan budaya nusantara dan menjadi ciri khas kebangaan bangsa Indonesia.

Kerajinan Sulam

Kerajinan Sulam
Kerajinan Sulam @photobucket.com

Bordir atau sulam merupakan suatu hiasan yangg dibuat di kain atau bahan lain dengan menggunakan benang dan jarum. Selain menggunakan benang, bordir atau sulaman bisa menggunakan bahan lin seperti manik-manik, logam, payet bahkan bulu burung.

Kerajinan sulam sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung pada apa hasil dari kerajinan tersebut misalnya sulam terawang, sulam timbul, sulam datar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kerajinan Jahit Perca

Kerajinan Jahit Perca
Kerajinan Jahit Perca @ kirara-shop.com

Perca merupakan sisa-sisa kain untuk membuat pakaian atau kerajinan tekstil lainnya. Jahit perca merupakan proses membuat suatu produk kerajinan tekstil menggunakan bahan-bahan potongan kain perca yang digabungkan dengan cara dijahit mengikuti pola yang direncanakan.

Jahit perca biasa fokus pada teknik menjahitnya bukan pada bahan apa yang digunakan. Untuk mengetahui tentang kerajinan perca bisa membaca artikel lain yang berjudul aneka kerajinan dari kain perca.

Kerajinan Jahit Tindas

kerajinan jahit tindas
kerajinan jahit tindas @pojok-utak-atik.blogspot.com

Jahit tindas atau quilting merupakan salah satu teknik menghias permukaan kain dengan cara membuat lapisan kain dengan bahan pelapis kemudian dijahit tindas pada permukaan kain tersebut. Teknik jahit tindas biasa digunakan untuk membuat selimut dengan hiasan-hiasan timbul.

Kerajinan Cetak Saring

Kerajinan Cetak Saring
Kerajinan Cetak Saring @ subhandepok.wordpress.com

Cetak saring merupakan salah satu proses cetak dengan menggunakan layar. Layar tersebut biasa menggunakan bahan nylon atau sutra yang didesain dengan kerapatan dan pola tertentu. Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya.

Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak. Salah satu contoh kerajinan cetak saring adalah sablon.

Kerajinan Tenun

Kerajinan Kain Tenun
Kerajinan Kain Tenun @ tenunjepara.wordpress.com

Tenun merupakan salah satu teknik membuat kain yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat tenun.

Oleh karena itu dengan melihat motif dan warna kain tentu orang bisa mengetahui dari mana kain tenun tersebut berasal. Setiap orang akan merasa bangga bila menggunakan kain tenun yang berasal dari daerahnya.

Pada suku Sumba atau daerah tertentu biasanya menonjolkan corak binatang contohnya Sumba Timur dengan corak motif kuda, rusa, udang, naga, singa dan lain-lain.

Sedangkan Timor Tengah Selatan banyak menonjolkan corak motif burung, cecak, buaya dan motif kaif. Bagi daerah-daerah lain corak motif bunga-bunga atau daun-daun lebih ditonjolkan sedangkan corak motif binatang hanya sebagai pemanisnya saja.

Kerajinan Makrame

Kerajinan Makrame
Kerajinan Tenun @ karokab.go.id

Makrame merupakan jenis kerajinan membuat simpul dan menggarap untaian benang dari awal sampai jadi sat u kain tenun. Hasil kerajinan makrame mempunyai fungsi, kekuatan dan keindahan yang berbeda-beda.

Untuk fungsi dari karya ini bisa dilihat dari produk yang dihasilkan. Sedangkan untuk ketahanan produk sangat bergantung pada dari bahan apa kerajinan ini dibuat.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Undangan Pernikahan Simple Elegan

10 thoughts on “Pengertian dan Contoh Kerajinan Tekstil Indonesia

  1. Alhamdulillah….
    Jazakillah yaaa… insyaallah besok saya ulangan prakarya yg materinya ttg kerajinan tekstil. dan saya mendapatkan materi untuk pembelajaran.

  2. Kerajinan tekstil memang lagi diminati beberapa tahun ini, apalagi kerajinan tekstil ini memang menghasilkan kebutuhan primer manusia sehari-hari.

Leave a Comment