Contoh Penulisan Susunan Makalah yang Baik dan Benar

Susunan Makalah – Menyusun sebuah makalah memang bukalah pekerjaan yang mudah, terutama bagi orang yang belum pernah membuatnya. Makalah merupakan sebuah karya ilmiah jadi untuk membuatnya telah diatur standarisasinya. Susunan makalah yang baik akan membuat pembaca makalah tersebut mudah untuk memahami materi yang disampaaikan.

Meski sumber informasi tentang makalah sudah banyak, bahkan bisa didapatkan dengan mudah tetapi masih banyak yang belum mengetahui susunan makalah yang baik. Kebanyakan dari mereka hanya memdukan informasi yang didapat dari internet kemudian dibrikan nomo halaman dan daftar pustaka tanpa memperhatikan susunan dan kerapian makalah.

Susunan Kerangka Makalah

Susunan Makalah

Susunan Makalah – pixabay.com

Pada prinsipnya makalah merupakan bagian kecil dari karya ilmiah, meskipun begitu, harus tetap memperhatikan unsur-unsur karya ilmiah yang berlaku. Dengan membuat makalah yang sesuai dengan kerangka akan melatih kita dalam menulis karya ilmiah, hal ini tentu akan membantu ketika sudah menginjak pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Ketika jejang perguruan tinggi membuat makalah akan menjadi tugas yang rutin diberikan oleh dosen. Berikut adalah susunan makalah atau karya ilmiah lain yang baik dan benar.

Cover dan Judul Makalah

Cover merupakan sampul atau bagian luar dari sebuah makalah. Biasanya bagian sampul ini berisi informasi mengenai judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat, dan tahun terbit. Untuk nama penulis harus ditulis dengan lengkap, tidak boleh disingkat dan tanpa menyertakan gelar apapun.

Bagian cover makalah biasanya menggunakan kertas yang lebih tebal dan dilapisi dengan plastik. Tujuannya agar makalah tidak mudah rusak dan tahan lama.

Daftar isi

Daftar isi merupakan bagian informasi halaman dari makalah. Setiap bab dan judul di dalam makalah biasanya diberikan judul dan nomor halaman. Hal ini untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi pada makalah. Daftar isi juga memuat daftar gambar dan daftar tabel (jika ada).

Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar mencakup isi dari keseluruhan esensi makalah. Pada bagian ini membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi hanya garis besarnya saja, tidak dijelaskan secara mendetail.  Hal ini perlu dilakukan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai makalah yang dibuat.

Kata pengantar biasanya juga menuliskan ungkapan syukur kepada tuhan, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dan mendukung dalam penyelesain makalah. Pada bagian akhir penulis menuliskan harapan agar makalah yang dibuat bermanfaat pada masyarakat umum dan diri sendiri.

Bab I : Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bahasan awal topik penelitian yang ada di dalam makalah yang disusun berdasarkan sudut pandang dari penulis. Pendahuluan hanya mengulas bagian umum dari makalah, serta masalah yang ditemui saat awal melakukan penelitian.

Pada bab pendahuluan biasanya akan mencakup 3 sub bab yakni latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan pembahasan.

Bab II : Isi

Bab isi memuat masalah pokok yang akan dijelaskan secara mendetail mulai dari masalah yang diteliti, metode penelitian yang digunakan, tempat dilakukan penelitian serta penjabaran hasil data yang didapatkan di lapangan. Data-data tersebut bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif, ataupun campuran keduanya.

Isi menjelaskan tentang definisi dan landasan teori, ulasan materi, penyelesaian masalah, serta solusi atau hasil penelitian.

 

Bab III : Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan merupakan penjabaran dari hasil penelitian yang dilakukan. Rumusan masalah yang telah ditemukan di awal kemudian dianalisa dengan berbagai teori dan metode penelitian sehingga mencapai sebuah kesimpulan penelitian. Kesimpulan yang didapatkan mungkin akan berbeda dengan hipotesa awal sebelum melakukan penelitian. Hal ini karena ditemukan data-data baru di lapangan yang tidak ada di dalam teori.

Bagian saran biasanya ditujukan kepada pembaca makalah. Saran yang diberikan bisa berupa anjuran untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut, ataupun menerapkan hasil penelitian dalam kehidupan masyarakat.

IV Penutup

Penutup makalah biasanya berisi harapan penulis pada makalah yang sudah dibuat. Tentu saja penulis berharap penelitian yang sudah dilakukan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum ataupun secara khusus pada diri sendiri.

Penulis juga memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Penutup juga menjelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

Daftar Pustaka

Bagian terakhir dalam sebuah karya ilmiah adalah membuat daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan kumpulan sumber informasi yang digunakan dalam menulis makalah. Dalam menyusun sebuah makalah, daftar pustaka selalu diletakan di akhir.

Untuk menulis daftar pustaka harus sesuai dengan sesuai dengan standart penulisan daftar pustaka. Bila kamu belum bisa menulis daftar pustaka bisa mempelajarinya pada artikel Cara Menulis Daftar Pustaka.

Semoga artikel tentang susunan makalah ini bisa bermanfaat bagi kamu membacanya. Jangan lupakan dalam menyusun sebuah makalah untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing.

Artikel Terkait :  Pengertian dan Contoh Karangan Eksposisi yang Baik

Leave a Reply