Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Sederhana dan Mudah Dibuat

Kerajinan tangan dari kain flanel merupakan sebuah kerajinan yang dibuat dari kain yang menyerupai kain wol. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain flanel. Dengan memanfaatkan bahan dari limbah tekstil ini akan memberikan sebuah peluang usaha baru dengan potensi keuntungan yang menggiurkan.

Kain flanel mudah kita jumpai disekitar lingkungan kita karena banyak orang-orang kreatif yang memanfaatkan bahan ini untuk membuat sebuah karya seni yang unik dan memiliki nilai jual. Alasan kenapa kain flanel sering digunakan sebagai bahan karya seni karena tipe bahannya yang mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan.

Salah satu ciri dari kain flanel adalah memiliki tekstur yang mirip dengan kain wol. Dengan ini tekstur yang sedikit kaku membuat kain flanel mudah dibuat bermacam-macam kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan kain flanel yang memiliki banyak variasi warna yang cerah dan kelembutan bahannya akan mudah dipadukan dengan bahan lain.

Dengan banyaknya kerajinan tangan yang dibuat pasti akan membuat kamu bingung akan membuat kerajinan dalam bentuk apa. Untuk itu saya sudah mengumpulkan berbagai kerajinan tangan dari kan flanel yang memiliki bentuk yang unik.

Artikel Terkait : Cara membuat Bros dari Kain Flanel

Contoh Kerajinan Tangan dari Kain Flamel

Kerajinan dari Kain Flanel
Sumber Gambar : Kaskus

Dengan kreativitas dan ide sederhana kain flanel dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang unik dan juga menarik. Tapi kadang orang bingung kerajinan yang seperti apa yang diminati dan disukai oleh banyak orang.

Oleh karena itu kami mengumpulkan beberapa kerajinan unik yang dibuat dari kain flanel. Inilah berbagai contoh kerajinan tangan dari kain flanel yang mudah untuk dibuat.

Kerajinan dari Kain Flanel Gantungan Kunci Kodok

Untuk membuat kerajinan gantungan kunci ini sangat mudah. Kamu cukup membuat pola bentuk hewan yang akan dibuat lalu potong dengan menggunakan gunting dengan mengikuti pola yang telah dibuat.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini adalah kain flanel, kapas/dakron (untuk isian), gunting, jarum jahit, pola kerajinan yang akan dibuat, gunting lem dan beberapa bahan pelengkap lain. Cara membuat kerajinan tangan gantungan kunci dari kain flanel

Kerajinan dari kain flanel gantungan kunci
Sumber Gambar :ngulik.co
  • Langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan cara membuat pola hewan atau bentuk lain yang akan kita buat.
  • Gunting kain flanel sesuai dengan pola yang telah dibuat. Cara memotongnya adalah dengan cara menempelkan pola dengan kain flanel selanjutnya tinggal menguntingnya mengikuti pola sehingga hasil guntinganya akan lebih rapi.
  • Pasang aksesoris tambahan seperti mata, mulut pada muka. Untuk merekatkan aksesoris tambahan kamu bisa menggunakan lem yang cepat kering sedangkan untuk aksesoris tertentu bisa menggunakan jahitan benang agar terlihat lebih rapi
Kerajinan dari Kain Flanel
Sumber Gambar : ngulik.co
  • Langkah selanjutnya adalah menyatukan kedua bagian (bagian depan dan bagian belakang) dengan menggunakan tusuk festoon. Jangan lupa sisakan sedikit ruang agar bisa di masukan isian. Setelah diisi dengan isian jahit kembali bagian yang terbuka sampai tertutup rapat dengan sempurna.
Gantungan Kunci dari Kain Flanel
Sumber Gambar : ngulik.co
  • Karena kerajinan flanel akan dijadikan sebuah gantungan kunci, jangan lupa untuk menambahkan gantungannya di bagian atas kain flanel.
  • Untuk sentuhan akhir kamu bisa menggunakan kain flanel yang telah dipotong bulat untuk menambahkan mimik pada kerajinan.

Membuat Kuncup Mawar dari Kain Flanel

Untuk membuat kerajinan ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana hanya kain flanel isian dan juga beberapa aksesoris tambahan yang mudah didapat.

Artikel Terkait : Kerajinan tangan dari barang bekas

Gantungan dari Kain Flanel
Sumber Gambar : flanelsemkanisaoc2011

Berikut ini adalah langkah membuat kerajinan dari kain flanel dengan bentuk kuncup bunga mawar.

Kerajinan dari Kain Flanel Kuncup Bunga
Sumber Gambar : flanelsemkanisaoc2011
  • Sisispkan dakon pada lembaran memanjang felt, lalu bentuk segitiga.
  • jumput pola lalu ikat mati dengan menggunakan benang yang telah disiapakan. Setelah itu potong pangkalnya secara merata.
  • Pasang kelopak bunganya, sunflo buat 4 jari saja karena kalau kebanyakan hasilnya akan jelek.
  • Nah agar bunga terlihat indah harus dikasih bagian yang merekahh caranya adalah dengan menyatukan dengan menjahit kruistik 3-4 jahitan jangan semuanya. Biarkan kuncup mawarnya kelihatan sedikit merekah.
  • Dan hasilnya bisa kamu lihat pada gambar kerajinan. Bila kamu kesulitan bisa melihat gambar langkah-langkah cara pembuatannya.
Hasil dari Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
Sumber Gambar : flanelsemkanisaoc2011

 

Itulah beberapa kerajinan tangan dari kain flanel yang sederhana dan mudah untuk dibuat. Kamu mungkin bisa membuat kreasi sendiri dirumah untuk menghilangkan rasa jenuh atau karena galau ditinggal pacar lebih baik disalurkan pada hal yang lebih positif seperti membuat kerajinan tangan.

Artikel Terkait :  Cara Membuat Undangan Pernikahan Simple Elegan

1 thought on “Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Sederhana dan Mudah Dibuat

  1. Pingback: Matras

Leave a Comment