Cara Mudah Memulai Bisnis dari Nol

6 Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol

Untuk membangun bisnis dari nol merupakan proses yang sangat panjang, layaknya membangun pondasi rumah, membangun bisnis dari nol membutuhkan kesabaran, karena langkah pertama yang akan menentukan nasib Anda kedepan. Para pengusaha-pengusaha besar dunia seperti Warren Buffett, Richard Branson, Oprah, Bill Gates dan Mark Zuckerberg pun juga memulai usahanya dari nol.

Mereka membangun usahanya dengan optimis. Mereka yakin bahwa bisnis yang mereka rintis akan membuahkan hasil dimasa depan. Pada tahap awal merintis bisnis, semua yang sudah Anda rencanakan memang tidak akan berjalan dengan mulus.

Rintangan serta halangan sudah pasti ada, memang itulah proses yang harus Anda lalui untuk menggapai kesuksesan. Tetaplah maju kedepan walaupun rencana Anda belum sempurna, seiring berjalanya waktu kamu bisa menyempurnakanya. Dengan kekuatan, semangat, untuk memulai usaha serta visi dan misi yang jelas akan menemukan bisnis ideal.

Enam langkah memulai usaha dari nol

Cara Mudah Membuka Bisnis
ringtoindia.com

Berikut ini akan kami jabarkan bagaimana memulai usaha dari nol, agar bisa sukses

Melakukan riset pasar

Riset pasar adalah hal yang sangat vital dalam membuka bisnis. Anda harus melakukan riset, siapakah calon target market Anda, di mana biasanya mereka berkumpul, dan berapa banyak kompetitor Anda dalam menjalankan bisnis. Jika kamu bisa melakukan riset yang lengkap dan detail, Anda bisa mengukur kemampuan, apakah mau terus melanjutkannya atau memilih produk lain yang lebih mudah untuk Anda masuki.

Tetapkan tujuan keuangan

Tetapkanlah rencan dan target yang ingin Anda capai dalam 6 bulan kedepan. catat setiap transaksi yang dilakukan untuk mengetahui laporan keuangan yang keluar ataupun yang masuk. Buatlah evaluasi setiap bulanya, apakah target yang telah Anda tetapkan sudah tercapai atau belum. Bila belum tercapai cari tahu apa penyebabnya dan buatlah rencana baru untuk dijalankan di bulan selanjutnya. Carilah tahu apa saja yang harus Anda lakukan setiap hari agar target yang telah Anda tetapkan tercapai.

Artikel Terkait :  Sally Giovani, Pengusaha Batik Trusmi yang Jadi Miliarder di Usia Muda

Jika Anda membuat website, pastikan shareable

Jika Anda memasarkan produk secara online pastikan website yang Anda kelola mudah untuk di bagikan di sosial media. Pasangalah tombol share media sosial yang banyak digunkan di Indonesia misalnya Facebook, Twitter, atau Google Plus. Dengan strategi ini Anda bisa membuat orang lain untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah konten yang unik dan menarik agar orang yang telah mengunjungi website Anda mau kembali lagi.

Bangun list building

Bangunlah list building orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Kumpulkanlah kontak berupa email, pin BB atau nomor Handphone pelanggan Anda, berikan informasi-informasi yang mereka butuhkan terkait dengan produk Anda. Fokuslah untuk memberikan pelayanan serta memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, sehingga akan mempermudah Anda dalam menjual produk.

Segera launching produk

Setelah semua persiapan sudah selesai segeralah untuk melaunching produk Anda. Jangan menunda-nunda atau merencanakan terlalu detail sehingga Anda tidak segera action untuk membuka bisnis. Jika Anda terlalu lama bisa jadi peluang yang sudah ada di depan mata diambil oleh kompetitor Anda. Hadapilah kondisi dilapangan, bagunlah jaringan yang baik dengan pelanggan, dan bila menghadapi masalah segeralah untuk diselesaikan.

Mulailah sekarang juga

Banyak pemula yang membuang-buang waktu untuk membuka bisnisnya, mereka terlalu berlama-lama dalam menyusun rencana yang sempurna. Banyak hal-hal teknis yang dipikirkan semisal, membuat desain logo, membuat media pemasaran online. Jualah produk Anda sekarang juga, bila memungkinkan tawarkan secara pre order untuk meminimalisir kerugian di awal usaha.
Fokuslah untuk menjulan produk Anda. Perusahaan besar sekalipun biasanya meluncurkan produk kapan saja tanpa perencanaan yang sempurna, mereka menyempurnakan rencananya sambil berjalan. Anda bisa melihat perusahaan raksasa seperti Facebook yang kerap melakukan perbaikan serta pembaharuan untuk menambal celah pada web mereka.
Yang paling penting dalam memulai bisnis adalah untuk menikmati proses, jangan menunggu sempurna tapi sempurnakanlah bisnis Anda sambil menjalankannya. Mulailah untuk membuka bisnis sekarang juga, kalo tidak sekarang kapan lagi?

Artikel Terkait :  Peluang Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Leave a Comment