7 Hal Yang Menghalangimu Dalam Meraih Ilmu

Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap ingsan manusia, karena tanpa ilmu anda tidak akan bisa menjalani kehidupan di dunia ini dengan baik. Orang yang tidak berilmu biasanya mudah manfaatkan dan di bodohi oleh orang lain, dalam islam wajib hukumnya untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu anda bisa menjadi orang yang baik dalam hal dunia maupun akhirat. Tapi 7 hal ini akan menjadi penghalang anda dalam mendapatkan ilmu,

Penghalang-Penghalang Dalam Meraih Ilmu

Hal-hal Yang Menghalangimu Dalam Mencari Ilmu
Hal-hal yang menghalangi dalam menuntut ilmu

1. Menuntut ilmu bukan karena Allah SWT

Niat merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan hal apapun, niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT akan memudahkan anda dalam mencari ilmu. Jauh-jauh hari yang lampau Rosulllah SAW telah memberi peringatan kepada seluruh pencari ilmu agar meluruskan niatnya dalam belajar.

Hendaknya mereka menjadikan landasan dasar dalam mencari ilmu karena Allah. Bukan karena ingin meraih bagian dunia, seperti agar terkenal sebagai orang yang alim atau meraih derajat yang tinggi di mata manusia. Rosulllah SAW bersabda:

“Barang siapa menuntut ilmu yang seharusnya ditunjukan kepada Allah (tetapi) dia belajar tidak lain adalah untuk mendapatkan bagian dunia, maka pada hari Kiamat tidak akan mendapati baunya surga”
(HR Abu dawud:3664, Ibnu Majah:252, Ahmad 1/338, Hakim 1/85.

2.Tidak mengamalkan ilmunya)

Tujuan dari menuntut ilmu adalah supaya kita bisa mengamalkan ilmu yang diperoleh dan berusaha semaksimal mungkin agar ilmu yang dimiliki bisa di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk yang mempunyai ilmu tapi tidak mengamalkan ilmunya maka di akhirat kelak akan dimintain pertanggung jawaban atas ilmu yang dimilikinya, Rosulullah SAW bersabda:

“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam pada hari Kiamat hingga ditanya empat perkara: tentang umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya untuk apa digunakan, hartanya dari mana didapat dan kemana disalurkan, serta ilmunya apa yang dia perbuat.”
(Shahih. Lihat ash-Shahihah no.946)

Maka dari itu hendaklah orang-orang yang memiliki ilmu untuk mengamalkan ilmu yang telah dimilkinya sebab kokohnya ilmu seseorang karena seringnya diamalkan.

3.Tidak menempuh tahapan belajar

Dalam belajar membutuhkan proses atau tahapan-tahapan yang harus dilalui dan di selesaikan. Sekarang ini banyak sekali para penuntut ilmu yang menuntut ilmunya tidak sampai tuntas karena berbagai alasan, padahal dalam memelajari suatu ilmu harus sampai menguasai ilmu yang dipelajarinya baru mempelajari ilmu yang lain. Proses dan juga tahapan dalam mencari ilmu ini sangat penting maka kita harus melaluinya tiap tahapan itu agar tidak salah dalam memahami ilmu tersebut

4.Alasan karena banyak kesibukan

Meraih ilmu adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya, oleh karenanya ilmu yang kita dapat harus terus dijaga dan disirami dengan ilmu rohani yang bermanfaat agar tetap tumbuh subur dan tidak mati. Dan salah satu cara setan untuk memperdaya manusia adalah dengan membisikan kemalasan-kemalasan dalam mencari ilmu, dan membuat kita mencari-cari alasan kesibukan sehingga membuat kita lalai dalam mencari ilmu.

5.Tergesa-gesa ingin mendapatkan hasil

Kesalahan sebagian besar penuntut ilmu adalah tergesa-gesa dalam menuntut ilmu, mereka berfikir ilmu itu sama seperti minuman yang dapat diteguk dengan cepat. Tidak semua ilmu bisa cepat diserap, oleh karenanya dalam belajar tentu membutuhkan kesabaran agar bisa menuai ilmu yang kita cari.

Ada peribahasa yang mengatakan bahwa mencari ilmu itu dari dalam pangkuan sampai keliang lahat, maka bersabarlah wahai para penuntut ilmu, jalanmu masih panjang, tidak cukup satu atau dua tahun dalam menuntut ilmu. Teruslah belajar sampai anda benar-benar merasakan manisnya buah dari menuntut ilmu.

6.Putus asa dan cepat bosan

Penghalang dalam menuntut ilmu
Teruslah belajar dalam mencari ilmu jangan cepat menyerah

Ketika menuntut ilmu anda akan menemui banyak kesulitan, maka bersabarlah dan janganlah berputus asa ketika mendapati pelajaran yang sulit atau engkau merasa bosan karena banyaknya ilmu yang harus anda pelajari.

Hilangkanlah perasaan putus asa dan juga rasa bosan yang mendera ketika menuntut ilmu. Mengapa orang-orang yang menuntut ilmu mereka bisa berhasil dan sukses? semua itu tergantung pada seberapa kerasnya kita berusaha.

7.Sering menunda-nunda dan panjang angan-angan

Sebagian besar orang suka menunda-nunda dalam belajar. Banyak yang beralasan akan mengerjakan pekerjaannya diwaktu kosong, menunda-nunda adalah penyakit kronis yang bisa merusak hati dan waktu dan hanya mengantarkan kita ke dunia hayalan. Ibarat orang yang ingin berbuat baik dan dia menundanya samapi tidak terasa kematian telah menghapirinya.

Maka mulai saat ini sing-singkanlah lengan baju anda dan teruslah berjihad dalam menuntut ilmu. Dan janganlah terbuai oleh khayalan dan sikap menunda-nunda yang tidak memberikan kebaikan walaupun sedikit.

Artikel Terkait :  Komunikasi Dakwah Habib Syech, “Bershalawat Hingga Negeri Jiran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *