Kebiasaan Bangun Pagi

5 Alasan Kenapa Anda Harus Bangun Pagi

Mungkin anda sudah melupakan kejadian khusus yang kamu alami ketika masih di sekolah dulu, tapi pasti ada beberapa hal yang pasti kamu masih mengingatnya sewaktu kamu menjalani masa-masa itu, yups kamu melakukan rutinitas yang sama setiap harinya:

“Bangun pagi sekitar jam 5, merapikan tempat tidur (itupun kalau tidak bangun kesiangan), mandi, sarapan, hingga berangkat ke sekolah.”

Sampai kamu beranjak dewasa dan memasuki umur 17 tahun, dimana kamu sudah masuk kuliah dan sudah tidak perlu bangun pagi-pagi sekali agar tidak telat masuk sekolah. Saat masa kuliah kebiasaan bangun pagi yang menjadi rutinitas di waktu kecil berlahan-lahan kamu tinggalkan, karena jadwal kuliah kamu paling pagi masuk jam 10 pagi.

Tapi bisa tetap bangun pagi walaupun tidak ada aktivitas sekolah ataupun pekerjaan itu sangat bermanfaat banget, dan seharusnya kebiasaan bangun pagi yang kamu lakukan dari kecil harus terus di jaga sampai saat ini. Memangnya kenapa sih harus bangun pagi-pagi? , dan apa bedanya dengan bangun siang?, nah berikut ini ada beberapa alasan kenapa harus bangun pagi.

1. Pagi hari adalah waktu paling sempurna untuk melakukan kegiatan positif

Alasan Kenapa Harus Bangun Pagi
Awali Harimu Dengan Bangun Pagi Dan Melakukan Kegiatan Yang Positif

Mengawali hari dengan kegiatan yang positif akan membantu menjaga suasana hatimu tetap baik, ketika kamu bangun disaat orang lain belum memulai aktivitas, suasana disekitar kamu akan sangat mendukung untuk lebih berkosentrasi dan juga melakukan kegiatan religius seperti, beribadah, sholat, atau meditasi.

Ketika harimu diawali dengan kegiatan yang positif, suasana hatimu akan terasa lebih tenang. Dengan bekal hati yang tenang, kamu akan lebih fokus dalam menjalankan segala aktivitas kamu sepanjang hari

2.Bangun pagi adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan

Kebiasaan Sehat Sarapan di Pagi Hari
Mulailah Membangun Kebiasaan Hidup Sehat Dengan Bangun Pagi Dan Sarapan

Cara paling mudah dan murah untuk menjaga kesehatan adalah dengan bangun pagi, dengan bangun pagi kamu akan mempunyai waktu untuk mengisi bahan bakar tubuh kamu di pagi hari. Banyak orang yang beralasan tidak mempunyai cukup waktu untuk sarapan di pagi hari, mereka hanya mengisi bahan bakar tubuhnya di waktu siang dan malam saja.

Padahal sarapan di pagi hari sangat penting bagi tubuh karena saat memulai aktivitas kita memerlukan energi yang tidak sedikit, dan dari sarapan kita memperoleh energi tersebut. Otak kita juga memerlukan banyak nutrisi untuk bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas kita sepanjang hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, menunjukkan bahwa orang-orang yang sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat daripada yang tidak melakukannya.

3. Bangun pagi bisa terhindar dari rasa stres karena terjebak macet dan terburu-buru berangkat kerja atau kuliah

Bangun Pagi Berangkat Pagi
Bangun Pagi an Mulailah Aktifitas Anda Lebih Awal Agar Terhindar Dari Macet

Buat kamu yang sering terburu-buru berangkat kerja ataupun kuliah dan panik melihat kemacetan di mana-mana ada baiknya untuk segera merubah kebiasaan kamu. Berlatihlah untuk bisa bangun pagi, selain bisa menghirup udara segar di pagi hari kamu juga akan bebas dari kemacetan ataupun berangkat dengan terburu-buru karena yang membuat kamu stres takut telat masuk kerja atau kuliah.

Belum lagi kalau naik angkutan umum yang harus berdesak-desakan, karena semakin siang akan semakin banyak penumpang lain. Bayangkan bila kamu bisa bangun pagi, kamu bisa memulai aktivitasmu lebih awal sehingga tidak kamu tidak akan merasakan kemacetan dan berdesak-desakan dalam angkutan umum.

4. Bangun pagi bisa membuat harimu terasa jadi lebih panjang

Bangun Pagi Akan Memiliki Banyak Waktu
Mulailah Aktifitas Anda Lebih Cepat Agar Memiliki Banyak Me Time

Ketika kamu bangun pagi, kamu bisa memulai aktivitasmu lebih awal, mengerjakan berbagai hal sesuai prioritas . Otomatis waktu yang kamu miliki akan terasa lebih senggang sehingga bisa melakukan aktivitas yang kamu sukai, karena semua pekerjaan telah kamu selesaikan lebih cepat, dan juga tidak ada pekerjaan yang menumpuk.

Dengan bangun pagi dan menyelesaikan semua pekerjaanmu lebih awal kamu akan memiliki banyak waktu longgar yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hobi kamu seperti membaca buku, jalan-jalan, nonton film kesukaan atau hanya sekedar memiliki me time.

5. Jika kamu ingin sukses, berkacalah pada orang-orang yang sudah sukses saat ini

Orang Sukses Memulai Aktifitasnya Lebih Awal
Orang Sukses Selalu bangun Pagi Dan Memulai Aktifitasnya Lebih Awal

Siapa yang belum pernah mendengar nama Bill Gate, orang yang tenar dengan produk microsoft miliknya yang sekarang menjadi orang paling kaya di dunia menurut majalah Forbes. Sandiaga Uno atau Chairul Tandjoeng mereka orang-orang yang sukses di indonesia yang memiliki beberapa perusahaan.

Ada kesamaan dari mereka semua yang saya sebutkan di atas yaitu mereka bangun lebih awal, sekitar 3 jam sebelum jam kerja. Mereka menyusun to-do-list untuk hari itu. Sehingga hari-hari mereka mempunyai target-target yang terukur yang mendukung kesuksesan mereka.

Itulah alasan-alasan mengapa kamu harus bangun pagi, jadi mulailah membangun kebiasan-kebiasan positif seperti bangun pagi agar hidup kamu menjadi lebih berkelas. Semangat Pagi !

Artikel Terkait :  Inilah Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kenari yang Jarang Diketahui