Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Unik dan Kreatif

Kerajinan tangan dari sedotan adalah hasil dari kreativitas yang dihasilkan dengan menggunakan bahan sedotan plastik yang belum atau sudah terpakai. Sedotan biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk minum, dan seringkali setelah dipakai biasanya sedotan tersebut dibuang begitu saja dan akhirnya menjadi sampah yang tidak terpakai.

Sampah dari sedotan ini sangat susah sekali diurai oleh tanah, kalaupun bisa memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu daripada membuang sampah sedotan begitu saja ada baiknya untuk memanfaatkan sedotan tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan.

Waktu sekolah dulu kamu pasti pernah kan ditugasi untuk membuat kerajinan tangan entah terbuat dari kardus, kertas koran atau bahan-bahan yang lain. Nah kali ini kita akan fokus pada kerajinan tangan dari sedotan saja. Ada bermacam-macam karya yang bisa dibuat dari bahan sedotan plastik ini misalkan bunga, aneka lampu hias, ornamen, maupun produk yang mempunyai manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Memanfaatkan bahan sedotan untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan akan sangat berguna untuk membantu anak mengembangkan kreativitas, oleh karena itu biasanya kegiatan ini sering dilakukan di sekolahan seperti playgroup dan juga sekolah dasar. Dengan begitu kreativitas anak akan terasah sejak dini sehingga bisa menjadi orang yang punya ide-ide baru yang kreatif dan juga inovatif.

Artikel Lain : Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Contoh Kerajinan dari Sedotan

Banyak sekali produk yang bisa kamu buat dari bahan yang satu ini. Dengan bahan utama berupa sedotan dan juga peralatan sederhana kamu sudah bisa membuat sebuah karya yang memiliki nilai jual. Ya, kamu bisa menjual kerajinan yang telah kamu buat dengan harga yang tinggi, bila hasil karya kamu memang unik dan menarik.

Artikel Terkait :  Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Sederhana dan Mudah Dibuat

Dengan kreativitas serta inovasi banyak jenis karya dari sedotan yang unik serta beragam. Berikut ini adalah berbagai produk hasil dari kerajinan tangan dengan bahan sedotan.

Aneka Lampu Hias dari Sedotan

1. Lampu Meja

Lampu Meja dari Sedotan Hias
Sumber Gambar : Liputan6.com

Lampu meja ini bisa kamu letakan di meja samping tempat tidur. Idenya sangat sederhana yaitu dengan menggunakan kumpulan sedotan warna-warni dan disusun dengan apik. Umumnya bentuk lampu dari sedotan ini berbentuk bulat, tetapi kamu bisa membuat kreasi lain sesuai dengan minat kamu.

Selain itu warna dari sedotan juga sangat berpengaruh terhadap hasil dari lampu hias ini, jadi pintar-pintarlah dalam memilih warna. Dengan adanya lampu ini pasti kamar kamu akan menjadi semakin artistik dan tentu saja akan membuat kamu semakin nyaman.

Lampu Hias Pelangi

Lampu Gantung dari Sedotan Bekas
Sumber Gambar : Liputan6.com

Lampu gantung unik ini beda dari yang lain. Meski sama-sama lampu gantung lampu gantung pelangi ini lebih terlihat berwarna dari lampu gantung biasa. Sepintas lampu ini sama seperti lampu hias yang telah dibahas di atas. Cuma beda konsep aja, yang tadi lampu hias yang memiliki kaki jadi bisa ditaruh di dalam kamar.

Sedangkan lampu hias yang ini ditaruh di luar ruangan seperti halaman depan atau taman. Berbagai pola menarik bisa dibentuk dari kumpulan sedotan aneka warna. Gunakan lampu led agar lampu hias ini terlihat berwarna-warna waktu siang ataupun malam hari.

Lampu Kristal

Lampu Kristal dari Sedotan Bekas
Sumber Gambar : Liputan6.com

Buatlah tampilan rumah kamu lebih elegan dengan lampu kristal dari sedotan ini. Mewah tidak harus mahal kan? Gabungan dari warna putih dan kuning memberikan efek nyaman. Lampu kristal ini sangat cocok untuk ditempatkan pada sudut ruangan untuk menambah keindahan dan kenyamanan ruangan. Dengan menggunakan bahan sedotan kamu bisa membuat lampu yang mewah seperti ini.

Lampu Warna Mix dari Sedotan

Lampu Hias dari Sedotan Bekas
Sumber Gambar : Liputan6.com

Kamu bisa memanfaatkan gelas plastik dan juga piring plastik untuk membuat lampu yang penuh warna ini. Dengan mengkombinasikan ketiga bahan ini bisa membuat kerajinan tangan yang unik dan indah ini.

Artikel Lainnya : Aneka karya Seni Anyaman Kertas

Aneka Kreasi Anak dari Sedotan Bekas

Sedotan yang murah serta mudah untuk didapat bisa dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan. Kamu bisa mengunakan kerajinan tangan ini untuk mengasah kreativitas serta inovasi anak. Dengan begitu maka anak-anak akan memiliki ide-ide kreatif dan inovasi. Berbagai permainan edukasi yang dibuat dari sedotan ini memiliki banyak manfaat.

Diantaranya mengajarkan anak-anak untuk memanfaatkan barang bekas untuk digunakan sebagai mainan. Selain itu mainan yang dibuat bersifat edukatif sehingga akan merangsang anak untuk menjadi kreatif. Berikut ini berbagai kerajinan tangan dari sedotan untuk kreasi anak-anak.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan
Sumber Gambar : http://kerajinantangansip.blogspot.com/
mainan dari sedotan
Sumber Gambar :www.pinterest.com
kalung dari sedotan
Sumber Gambar : beautiful-abg.blogspot.com

Asah Kemampuan anak-anak dengan menyuruhnya membuat berbagai kerajinan ini sebagai sarana bermainnya.

Bunga Hias dari Sedotan Bekas

Bunga-bunga yang indah serta cantik bisa juga dibuat dari sedotan, keindahannya tidak kalah dengan bunga aslinya. Tidak hanya bisa dibuat lampu hias, aneka bunga cantik juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sedotan bekas. Dengan menggabungkan beberapa bahan bekas yang disatukan akan tercipta sebuah hasil kerajinan yang sangat mengesankan.

Banyaknya pilihan warna pada sedotan serta bentuk dan tekstur yang mudah dibentuk menjadikan bahan ini banyak dijadikan kerajinan tangan seperti bunga hias. Aneka tiruan bunga seperti bunga mawar, bunga melati, bunga tulip bisa dibuat mirip dengan aslinya. Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari sedotan dengan bentuk bunga.

Bunga dari Sedotan Bekas
Sumber Gambar :zhahab.blogspot.com
Bunga Plastik dari Sedotan
Sumber Gambar : zhahab.blogspot.com

Helicopter Mini dari Sedotan dan Botol Susu

Mainan Helikopter Mini dari Botol dan Sedotan
Mainan Helikopter Mini dari Botol dan Sedotan – kedublock.blogspot.com

Pernahkah kamu membayangkan memiliki mainan yang terbuat dari barang bekas seperti botol dan sedotan. Kedua bahan ini yang menurut orang sudah tidak berguna dan dibuang di tempat sampah bisa diolah menjadi sebuah mainan unik. Mainan ini tidak kalah keren dengan mainan yang dijual di toko-toko.

Dengan mengajari anak-anak membuat mainan sendiri akan menanamkan sifat kreatif serta peduli dengan lingkungan sekitar. Salah satu wujud dari kepedulian itu yaitu dengan memanfaatkan barang bekas untuk dibuat mainan, sehingga mengurangi sampah yang susah diuraikan oleh tanah.

Gantungan Pot dari Sedotan

Pot Gantung dengan Sedotan
Pot Gantung dengan Sedotan – brit.co

Sepertinya orang kreatif selalu memiliki ide-ide yang luar biasa ya? Bagaimana tidak sebuah sedotan yang tidak dipakai bisa dibuat gantungan pot bunga indah. Dengan pot kecil yang diisi tanaman hias serta digantung menggunakan sedotan warna-warni akan menambah keindahan taman kecil yang kamu buat.

Itulah beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari sedotan plastik. Dengan banyaknya kerajinan tangan dari sedotan yang bisa dibuat akan mengubah pola kehidupan kamu dengan memanfaatkan berbagai sampah disekitar kita dengan membuatnya menjadi produk yang lebuh berguna.

4 thoughts on “Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Unik dan Kreatif

  1. Itu helikopternya saya sudah buat tapi kenapa susah ya cari botol susu yang kayak gitu saya sudah cari keliling sampai di pembuangan sampah terakhir,tapi gak ketemu.

  2. Hi there, every time i used to check weblog posts here early in the morning, becausse i love to learn more and
    more.

  3. Lengkap banget Min…
    Manteep dah… Ijin Ambil Refrensi buat Artikel ya Min… 😉 Sumber tetep tak seret kok Min…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *