Istilah Dasar Dalam WordPress Yang Harus Kamu Ketahui

Ada Beberapa istilah dasar dalam wordpress yang pelu anda ketahui, agar anda tidak kesulitan dalam menggunakan menu-menu yang disediakan oleh wordpress. Aplikasi dan istilah yang ada di dalam wordpress biasanya menggunakan bahasa inggris, jadi saya juga akan menggunakan istilah dalam bahasa inggris juga supaya lebih mudah untuk menjelaskannya šŸ˜€

Beberapa yang biasa digunakan dalam wordpress

Beberapa istilah yang biasa digunakan dalam wordpress
Beberapa istilah yang biasa digunakan dalam wordpress

WordPress Theme

WordPress theme atau bisa juga disebut wordpress template. Theme biasanya berfungsi untuk mengatur tampilan suatu website seperti layaout pada web, background dan besar kecilnya huruf yang di gunakan. Ada banyak sekali theme wordpress yang bisa di gunakan, baik yang gratis atau yang berbayar. Untuk mencari theme ini anda bisa menggunakan fitur yang sudah ada dalam wordpress atau menggunakan mesin pencari seperti google atau bing dengan mengetikan keyword “Theme WordPress”

WordPress Dashboard

Dashboard adalah halaman utama admin suatu website yang di dalamnya terdapat berbagai tools utuk mengatur web wordpress yang dibuat. Contoh halaman Dashboard suatu webiste “http://namadomain/wp-admin.” “http://sarungpreneur.com/wp-admin.

Post Dan Page

Keduanya adalah sarana yang di sediakan oleh wordpress untuk membuat suatu artikel. Kenapa harus di bedakan keduanya dan kapan anda harus menggunakan page dan kapan anda harus mengunakan post berikut penjelasanya. Page biasanya di gunakan untuk memuat suatu artikel yang bersifat statis dan tidak akan berubah-ubah, misal artikel yang berada depan suatu website seperti menu Home, About Me,. Sedangkan post sendiri untuk membuat artikel yang bersifat dinamis, dan digunakan untuk emnulis artikel dengan tema tertentu, seperti traveling, adventure, dan biasanya di kelopokan dalam satu category dan tag.

SideBar

Side bara atau bisa juga disebut menu, biasanya sidebar ini terletang pada sisi kanan atau kiri suatu website. Dibeberapa themes yang sudah memiliki sidebar tanpa harus kit setting. Selain di kanan dan kiri halaman utama website, sidebar kadang juga berada di bawah artikel.

Artikel Terkait :  Lava Aktif Gunung Berapi Menerjang Kota Hawai

Widget

WIdget adalah suatu mul kecil yang di pasang di sidebar, satu sidebar bisa di pasang lebih dari satu widget. Ada beberapa widget yang otomatis ada dalam fitur wordpress tapi ada juga widget bawaan dari themes atau plugin yang dipakai.

Taxonomy

Pada dasarnya taxonomy adalah pengelompokan. Mengapa perlu ada taxonomy, fungsinya untuk mempermudah kita dalam pengelompoan suatu post atau link tertentu kedalam suatu berdasarkan penggolongan tertentu, agar mudah ditemukan karena sudah di kelompokan dalam satu sub kategori.
Pada worpress biasanya sudah menyediakan 3 taxonomy:

  • Category.

    Pada kategori ini kita bisa mengelompokan post ke de dalam beberapa jenis kategory tertentu, biasanya satu post bisa masuk ke beberapa kategory.Kategori memiliki hierarchy dimana sebuah kategori bisa merupakan parent atau child dari kategori lain.

  • Tag.

    Taxonomy ini juga mengelompokan post ke dalam suatu pengelompokan (tag). bedanya kalau tag tidak memilikiĀ hierarchy,Ā post juga bisa terdiri dari beberapa tag. Jadi 1 post bisa terdiri satu atau beberapa kategori dan juga 1 atau beberapa tag.

  • Link Category.

    Taxanomi jenis ini digunakan untuk mengelompokan suatu link (alamat suatu website), misal kita mau mengumpulkan beberapa link yang berhubungan dengan wordpress ke dalam satu kategori. WordPress menyediakn satu widget untuk menampilkan kelompok link tertentu.
    Contoh link kategori blogroll:

Contoh link kategori blogroll
Contoh link kategori blogroll

Slug

Slug merupakan bagaian dari alamat website, contoh : http://sarungpreneur.com/Tutorial-Seo/Beberapa-Istilah-Dasar-Dalam-Wordpress, contoh dari url diatas memiliki slug “Tutorial Seo”. Slug ini bisa kita jumpai di kategori atau Tag, tampilan url ini akan bergantung pada pengaturan permalink.

Plugin

Plugin adalah kumpulan file yang berisi scrip PHP yang berfungsi untuk menambah atau mengurangi fungsi dari wordpress. Plugin di buat karena kita tidak boleh mengubah scrip PHP yang ada dalam wordpress sebab akan menimbulkan masalah ketika ada update fitur dari wordpress. Karena itulah plugin dibuat untuk memudahkan kita dalam memodifikasi beberapa fitur yang ada dalam wordpress.
Berikut contoh beberapa plugin yang ada di dalam wordpress:

Contoh Plugin Yang Ada Dalam WordPress
Contoh Plugin Yang Ada Dalam WordPress

Permalink

Permalink berfungsi untuk menentukan format suatu url dari suatu halaman website. WordPress sudah menyediakan beberapa option yang bisa kita pilih untuk menetukan format url post yang kita buat.
http://namadomain/2012/post-name/
atau

http://namadomain/2012/12/30/post-name

Cukup sekian dulu ya belajar tentang istilah dasar dalam wordpress, semoga bisa membantu anda dalam belajar. jikan anda sudah mengetahui fitur-fitur dsar dalam wordpres anda juga bisa membaca artikel saya tentang Bagaimana cara mengoptimasiĀ Ā blog

One thought on “Istilah Dasar Dalam WordPress Yang Harus Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *