Kerajinan Tangan Kupu-kupu dari Kertas dan Cara Membuatnya

Kerajinan Tangan dari Kertas – Bila kamu mempunyai banyak kertas warna yang sudah tidak terpakai, mungkin bisa kamu manfaatkan kertas tersebut untuk dijadikan sebuah karya seni yang cantik dan indah. Ya, kali ini kita akan membuat sebuah kerajinan tangan unik yaitu kupu-kupu dengan warna yang indah.

Bahan yang akan kita gunakan nanti adalah kertas lipat dengan aneka ragam warna yang menarik. Hasil kerajinan tangan dari kertas ini nantinya bisa kamu jadikan hiasan gantung untuk kamar anak-anak atau kamar kamu sendiri biar tambah kece, hehehe.

Kerajinan dari kertas ini sangat lucu dan bisa dibuat dengan langkah-langkah sederhana yang sangat mudah dilakukan oleh siapapun termasuk kamu. Iya, kamu….! 😀 Jadi bila kamar kamu tampak kusam dan seram segera ambil kertas warna yang kamu punyai dan segera lipat kertas-kertas itu menjadi sebuah karya seni hasil dari tangan kamu.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Kupu-kupu Lucu dari Kertas

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kupu-kupu Dari Kertas
mypoppet.com.au

Untuk membuat kerajinan tangan ini kamu memerlukan bahan-bahan seperti kertas lipat warna-warni dengan ukuran 15×15 cm. Untuk hasil terbaik sebaiknya kita mengunakan kertas lipat yang mempunyai warna berbeda di kedua sisinya, tapi bila tidak mempunyai kertas tersebut, kamu bisa menggunakan jenis kertas apapun.

Tetapi banyak  yang menggunakan kertas kado. Selain itu kita juga memerlukan pita tipis atau benang dengan panjang 15 cm, nantinya pita ini kita gunakan untuk menggantung kupu-kupu yang sudah jadi.

Langkah-langkah Membuat Kerajinan Tangan dari Kertas

1. Langkah pertama lipatlah kertas membentuk diagonal untuk membuat segitiga.

2. Lipat kertas secara zigzag mulai dari tengah lipatan sampai ke tengah garis, lebar lipatan kertas sekitar 1 cm.

3. Ulangi langkah no 2 untuk bagian sisi kertas yang lain. Buatlah satu lagi kertas dengan tekukan yang sama persis.

4. Ikat 2 kertas yang sudah dilipat tadi pada bagian tengah kertas menggunakan pipa warna. Lihat gambar

Cara Melipat Kertas Warna
mypoppet.com.au

5. Ikat bagaian tengah kertas tadi mengunakan pipa warna, lalu tekuk dan bentuk pipa warna tersebut sampai menyerupai antena kupu-kupu.

6. Buka kertas yang berada di pinggir lipatan agar tampak menyerupai sayap kupu-kupu yang lucu.

Kupu-kupu dari Kertas
mypoppet.com.au

7. Buatlah kupu-kupu sebanyak yang kamu suka dengan berbagai variasi warna.

Kupu-kupu dari Kertas
mypoppet.com.au

8. Rangkai semua kupu-kupu tersebut dengan cara memasukan pita warna ke bagian tengah tubuh kupu-kupu.

Rangkaian Kupu-kupu Warna Warni
mypoppet.com.au

Rangkaian indah kupu-kupu dengan berbagai warna yang lucu telah siap untuk dijadikan hiasan gantung pada kamar kamu agar terlihat lebih cerah dan ceria.

Hasil dari Karya Seni Melipat Kertas
mypoppet.com.au

Untuk melengkapi hiasan kamar kamu agar tampak lebih indah, kamu biasa membuat kerajinan tangan bunga mawar yang terbuat dari kertas. Jadilah kamar kamu seperti taman bunga yang indah yang dihiasi dengan kupu-kupu yang terbang di dinding kamar.

Cukup sekian dulu ya, ragam cara membuat kerajinan dari kertas. Semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat bagi kamu yang membacanya, jangan lupa share bila kamu merasa artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait :  Cara Mudah Membuat Anyaman Kertas dengan Berbagai Motif

3 thoughts on “Kerajinan Tangan Kupu-kupu dari Kertas dan Cara Membuatnya

Leave a Comment