12 Manfaat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Zaitun Olive Oil

Beberapa waktu lalu, minyak zaitun menuai popularitas tertinggi disetiap dunia. Banyak juga yang menjadikan minyak zaitun sebagai alternatif minyak sayur yang jauh lebih sehat.

Berbagai macam jenis minyak zaitun yang dipasarkan sesuai dengan fungsinya diantaranya extra virgin olive oil yang berasal dari perasaan pertama buah zaitun yang dijual dengan harga mahal.

Khasiat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan

pixabay.com

Sejak dulu sampai sekarang minyak zaitun sangat bekhasiat untuk menghaluskan kulit wajah. Jangan aneh kalau minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. olive oil berasal dari tanaman buah yang hidup di wilayah mediterania yang mendatangkan intensitas matahari yang kuat.

Minyak zaitun sudah dikenal dalam dunia kecantikan, makanan bahkan kesehatan. Faktor ini disebabkan oleh kandungan nutrisi dalam minyak virgin.

Disetiap 100 gram olive oil mengandung gizi, energi, Karbohidrat, Lemak jenuh dan lemak tak Jenuh sehingga sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan 9 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan Jantung

pixabay.com

Berdasarkan beberapa sumber yang kami dapatkan lemak tidak jenuh merupakan salah satu kandungan dari minyak virgin itu sendiri. Khasiat dari kandungan lemak yang teradapat di dalam minyak zaitun salah satunya yaitu berguna untuk kesehatan jantung.

Terutama bisa mengontrol kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya pada tubuh manusia dan dapat mengendalikan kolestrol baik. Sehingga guna olive oil salah satunya adalah bisa merawat kesehatan jantung.

Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Menurunkan Jumlah kematian

Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Menurunkan Jumlah kematian

pixabay.com

Dari hasil studi yang pernah disampaikan dalam majalah Lanst yang telah lama pada tanggal 20 Desember 1999 M, bahwa Albania yang letaknya di Eropa dikenal dengan negara masyoritas Islam.

Mereka mempunyai salah satu keistimewaan yaitu minus angka kematian. Angka kematian di negara Albania di kalangan laki-laki yaitu 41 orang dari 100.000 orang, angka yang begitu luar biasa.

Usut punya usut ternyata hal itu disebabkan karena penggunaan olive oil dalam makanan oleh masyarakat Albania.

Mengurangi Pemakaian Obat Penurun Hipertensi

Mengurangi Pemakaian Obat Penurun Hipertensi

pixabay.com

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Itali, ia telah melakukan percobaan terhadap 32 pasien yang mengidam penyakit hipertensi kemudian setelah mengkonsumsi olive oil hasilnya tekanan darah penderita berkurang pada kadar 7 poin.

Khasiat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Mengatasi Terjadinya Gejala Kanker

Khasiat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Mengatasi Terjadinya Gejala Kanker

pixabay.com

Selain mengandung lemak tak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat antioksidan yang baik. Antioksidan dapat difungsikan untuk mencegah penyakit kanker.

Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berkhasiat untuk menormalkan zat gula dalam tubuh. tak heran jika manfaat olive oil bisa mencegah penyakit mematikan ini.

Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

pixabay.com

Manfaat minyak virgin lainnya yang sudah terkenal dikalangan masyarakat umum adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Telah dinyakini bahwa lemak jahat akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Di dalam minyak zaitun juga terkandung campuran antioksidan yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghapus dan tetap mempertahankan kadar lemak baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

Khasiat Minyak Zaitu Sebagai Pengganti ASI

Khasiat Minyak Zaitu Sebagai Pengganti ASI

pixabay.com

Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak ada di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak yang paling baik dan seharusnya dikonsumsi setiap orang, maka dari itu salah satu lemak tersimpan di dalam minyak zaitun.

Minyak Zaitun untuk Melindungi Kesehatan Usus

Minyak Zaitun untuk Melindungi Kesehatan Usus

pixabay.com

Didalam minyak virgin juga mengandung zat Oleuropein Aglycone. Zat ini sangat berperan penting untuk kesehatan usus karena zat senyawa tersebut berfungsi untuk mengontrol suplayan darah ke bagian usus.

Zat senyawa ini juga berfungsi membantu mengurangi kerusakan usus yang disebabkan penyakit anemia atau dikenal dengan penyakit kurang darah.

Manfaat Minyak Zaitun Menangkal Radikal Bebas

Manfaat Minyak Zaitun Menangkal Radikal Bebas

pixabay.com

Manfaat minyak virgin yang lain yaitu adanya kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini bisa meningkatkan dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi sehingga bisa berguna menangkal radikal bebas.

Mengurangi Sakit Tulang

Mengurangi Sakit Tulang

pixabay.com

Dilansir dari Majalah ACN yang terbit pada November 1999 M, adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien yang sakit persendian di negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit osteoporosis yang mengkonsumsi minyak virgin bisa memberikan efek yang manjur dalam mencegah rasa sakit radang sendi ini.

Khasiat Minyak Zaitun Mencegah Rambut Beruban

Khasiat Minyak Zaitun Mencegah Rambut Beruban

pixabay.com

Pertambahan usia akan mengubah warna rambut. Oleh sebab itu sebelum hal ini terjadi pada diri kamu gunakan minyak zaitun untuk mengurangi uban di kepala.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup ogoleskan minyak zaitun ke bagian kepala sampai seluruh rambut basah, berikan pijat ringan agar minyak meresap ke dalam kulit kepala, kemudian bungkus dengan menggunakan handuk.

Setelah itu diamkan rambut kurang lebih sekitar 4-5 jam kemudian bilas dengan air shampo untuk membersihkan rambut dari sisa-sisa minyak yang menempel.

Manfaat Minyak Zaitun Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok sering dialami siapa aja sehingga membuat kamu mudah galau. Masalah seperti ini bisa aja disebabkan oleh shampo. Minyak zaitun juga bisa mencegah rambut rontok.

Hanya dengan menggunakan minyak zaitun dalam waktu 2-3 minggu kamu akan menjadikan rambut kamu lebih kuat dan sehat.

Cara menggunakan minyak ini juga mudah, kamu hanya perlu menambahkan dua sendok makan minyak zaitun kemudian campur dengan satu sendok minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran minyak zaitun dan minyak kelapa tadi sambil dipijat lembut selama 15 menit.

Kalau udah, bungkus dengan handuk selama 8-10 jam, alangkah baiknya dipakai pada saat kamu hendak tidur. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo.

Mengobati Rambut Kering

Rambut kering juga menimbulkan kegalauan yang gak ada abisnya. Hanya dengan minyak zaitun rambut kering akan berubah menjadi rambut yang sehat.

Cara penggunaannya juga mudah, oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut sambil di pijat lembut menggunakan tangan. Bungkus dan Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dan shampo.

 

Artikel Terkait :  30 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya

Leave a Reply