Momen Istimewa Di Pondok Sintesa

Tidak terasa sudah hampir satu bulan saya berada di pondok sintesa untuk belajar internet marketing, banyak hal yang saya pelajari disini mulai dari pengetahuan tentang dunia internet marketing, pengetahuan tentang agama, dan berbagai cerita dan pengalaman-pengalaman dari teman-teman yang ada di pondok sintesa.

Kegiatan Baru Yang Seru

Saat pertama kali datang ke pondok sintesa ternyata berbeda dari yang saya bayangkan sebelumnya, ya karena ada kata pondok jadi bayangan saya ya seperti pondok-pondok pesantren :D. Saat pertama kali tiba di pondok sintesa yang berada di ruko sederhana yang ruanganya telah di modifikasi sedemikian rupa untuk menunjang aktifitas belajar internet marketing. Belajar di pondok sintesa tidak dibebani biaya apapun loe, malah segala kebutuhan pokok saya dipenuhi mulai dari makan, minum serta berbagai keperluan lainya. Tapi dengan berbagai fasilitas yang dapat saya juga di berikan beberapa tugas atau harus mengikuti kegiatan yang telah disusun oleh pengelola pondok.

Berbagai Kegiatan Pondok Sintesa

Beberapa kegiatan pondok sintesa yang memberikan kesan instimewa bagi saya, kegiatan-kegiatan ini juga mengingatkanku ketika masa kecil dulu. Berikut kegiatan-kegiatan yang biasa kami lakukan di pondok sintesa

Makan Berjamaah Dalam Satu Nampan

makan dengan berjamaah

beberapa santri makan berjama.ah dengan alas daun pisang

Makan secara berjamaah dalam satu nampan sudah jarang dilakukan oleh orang-orang, padahal makan secara berjamaah adalah sunah yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, karena dengan cara makan seperti ini akan mendapatkan keberkahan dalam makanan itu, selain itu semakin banyak jumlah yang makan semakin banyak juga keberkahan yang didapatkan. Hal yang membuat saya senang adalah saling ejek dan bercanda ria ketika makan 😀

Sholat Berjama’ah Di Masjid

sholat berjama'ah

beberapa orang sedang melakukan sholat berjamaan di masjid

Ini juga hal yang paling membuat saya berkesan, saat adzan berkumandang maka segala aktifitas dihentikan dan semua orang bergegas bersiap-siap untuk menjalankan sholat secara berjama’ah di masjid. Semua orang yang ada di pondok saling mengingatkan agar tidak telat. Keadaan ini sangat berbeda jauh ketika saya bekerja dulu, setiap orang sibuk dengan pekerjaan masing-masing bahkan ketika telah waktu sholatpun masih saja melajutkan pekerjaannya.

 Menghafal Al Qur’an Dengan Metode Talaqqi

Rutinitas setiap pagi sesudah sholat shubuh adalah menghafal Al Qura’an dengan metode talaqqi, target kami adalah dalam satu tahun setidaknya kami bisa menghafal 2 juz. Dalam membaca Al Qur’an saya memang baru belajar dan bacaanyapun masih kurang lancar,tapi dengan metode ini saya merasa bisa lebih cepat dalam belajar membaca Al Qur’an selain itu juga hafalan saya juga bisa bertambah :).

Disiplin Dalam Waktu

Di pondok sintesa saya diajarkan untuk bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, kami membuat beberapa kegiatan yang telah disepakati bersama, diantaranya seperti jam beajar, kapan waktu istirahat, kapan waktu bersenang-senang atau biasa disebut rilah. Dengan disiplin waktu yang telah diajarkan oleh pondok sintesa saya berharap bisa merubah beberapa kebiasaan buruk saya, yaitu suka menunda-nunda suatu pekerjaan.

Bemain Bola

Selain kegiatan-kegiatan belajar dan menghafal Al Qur’an kami juga punya jadwal kegiatan olahraga yang rutin kami lakukan setiap hari selasa dan jum’at. Olahraga yang sering kami lakukan adalah sepakbola, sebenarnya saya sudah sangat lama sekali bermain bola mungkin terakhir kali saya main bola di lapangan bola ketika masih sekolah di SMK dulu. Karena kegiatan ini wajib dilakukan maka saya pun ikut bermain juga walaupun begitu bermain sebentar sudah seperti kehabisan nafas 😀 maklum sudah lama tidak berolahraga.

ya itu lah beberapa kegiatan yang menurut saya sangat istimewa 🙂 karena ide dikepalaku sudah habis dan bingung mau nulis apa lagi maka ceritanya cukup samapai disini dulu ya, sampai jumpa lagi.

Artikel Terkait :  Lava Aktif Gunung Berapi Menerjang Kota Hawai

Leave a Reply