Seserahan Berupa Peralatan Rias

9 Daftar Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Seserahan pernikahan merupakan bagian dari prosesi acara pernikahan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa dan Sunda. Seserahan pernikahan ini merupakan simboliasi dari tanggung jawab seorang suami untuk memberikan nafkah lahir batin kepada istrinya. Seserahan biasanya diberikan oleh pihak keluarga pria pada malam hari menjelang akad nikah, atau lebih dikenal dengan malam midodareni. Bagi masyarakat Jawa, biasanya seserahan yang diberikan berupa pakaian dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jenis pakaian yang diberikan berupa pakaian adat Jawa seperti kebaya lengkap dengan kain bawahannya. Tapi di era modern saat ini, jenis dan jumlah seserahan yang akan diberikan kepada pihak wanita biasanya sudah melalui kesepakatan bersama.

Jenis Barang untuk Seserahan Pernikahan

Seserahan Pernikahan adat Jawa
Seserahan Pernikahan adat Jawa via nova-fms.blogspot.com

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa seserahan pernikahan saat ini biasanya dicari sendiri oleh kedua calon pengantin. Barang-barang seserahan yang sudah dibeli akan dibungkus dengan sedemikian rupa oleh ahli pembuat seserahan sehingga terlihat unik dan lucu. Misalnya saja selendang dan kain batik akan dibuat menyerupai bentuk bebek, uang ratusan yang akan dibingkai menyerupai lukisan pohon dan lain sebagainya. Berikut ini adalah jenis-jenis barang seserahan pernikahan adat Jawa yang perlu disediakan pengantin pria untuk diberikan kepada pengantin wanita.

Seperangkat Alat Sholat

Seserahan Pernikahan Seperangkat Alat Sholat
Seserahan Pernikahan Seperangkat Alat Sholat via tribunnews.com

Kalau yang ini sudah pasti pada tahu kan? Seserahan ini terkadangan juga digunakan sebagai mahar pernikahan. Bagi masyarakat Jawa khususnya muslim, seperangkat alat sholat memiliki makna yang cukup mendalam yakni dalam membangun sebuah keluarga hendaknya selalu berpegang teguh kepada agama. Itulah tugas pokok seorang suami yakni membimbing anggota keluarganya agar bisa menjadi pribadi muslim yang baik. Separangkat alat sholat ini juga menjadi simbol pengingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Satu Set Cincin Pernikahan

Seserahan Pernikahan
Seserahan Pernikahan via kaskus.id

Cincin merupakan salah satu simbol ikatan dalam pernikahan, oleh karena itu biasanya wanita yang sudah menggunakan cicin emas di jari manisnya merupakan pertanda bahwa ia telah memiliki pasangan. Cincin pernikahan ini biasanya diberikan satu set, yakni satu untuk pengantin pria dan satu untuk pengantin wanita. Khusus untuk pengantin pria hendaknya tidak menggunakan cincin yang terbuat dari emas, karena hal tersebut bertentangan dengan ajaran Islam. Cincin untuk pengantin pria bisa menggunakan bahan kuningan atau monel, sedangkan untuk pengantin putri bisa menggunakan cncin dari bahan emas. Untuk besarnya kadar emas pada cincin tergantung kesepakatan kedua belah pihak, usahakan jangan terlalu memberatkan pihak laki-laki. Karena cincin pernikahan diharapkan menjadi pengikat kedua mempelai sampai akhir hayat.

Seserahan Pernikahan berupa Perhiasan Emas, Permata

Perhiasan untuk Seserahan Pernikahan
Perhiasan untuk Seserahan Pernikahan via kaskus.co.id

Selain memberikan cincin pernikahan, biasanya bila memiliki kemampuan ekonomi lebih pihak pria juga memberikan seserahan berupa perhiasan. Perhiasan ini bermacam-macam bisa berupa emas, berlian, mutiara atau bahan berhaga lainnya. Seserahan perhiasan disini mempunyai harpan untuk pengantin wanita agar selalu bersinar seperti perhiasan yang dikenakannya. Perhiasan ini juga bisa menjadi simpanan bagi wanita bila di tengah perjalanan mengalami kesulitan ekonomi bisa menggunakan perhiasan ini sebagai jaminan.

Artikel Terkait :  Susah Dapat Jodoh? Berdoalah Dengan Doa Ini

Leave a Comment