Jenis Karangan Teks Deskripsi

Contoh Jenis Karangan Teks Deskripsi Terbaik

Contoh Teks Deskripsi – Sebagai warga negara Indonesia patut dan wajib untuk mempelajari Bahasa Indonesia yang merupakan Bahasa Negara yang tepat dan benar. Di dalam Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali pelajaran seperti berbagai macam teks.

Berbagai macam teks ini menggolongkan jenis teks itu sendiri. Banyak sekali jenis teks yang bisa anda pelajari di dalam bahasa Indonesia.

Salah satu jenis teks yang dipelajari didalam bahasa Indonesia adalah Teks Deskripsi. Mungkin untuk anda sudah tidak asing dengan Teks Deskripsi.

Namun apakah anda sudah tahu apa itu teks deskripsi? Jika belum paham, berikut itu penjelasan mengenai teks deskripsi dan contoh teks deskripsi itu sendiri.

Apa Itu Teks Deskripsi?

Jenis Karangan Teks Deskripsi
pixabay.com

Teks deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang biasa dipelajari didalam Bahasa Indonesia. Teks Deskripsi merupakan suatu paragraf yang didalamnya berisi gambaran atau penjelasan mengenai suatu objek, tempat dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang disajikan untuk para pembaca.

Hal ini bertujuan agar pembaca bisa mengetahui topik yang sedang digambarkan atau dijelaskan didalam teks tersebut secara rinci dan jelas.

Kumpulan Contoh Teks Deskripsi dengan Berbagai Topik

Kumpulan Contoh Teks Deskripsi

Nah agar kamu lebih mudah dalam memahami teks deskripsi, perlu banyak membaca berbagai tema teks deskripsi. Oleh karena itu di bawah ini kami telah memberikan beberapa contoh teks deskripsi yang dengan berbagai tema yang umum digunakan oleh penulis.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Keindahan Sawah

Sebuah sawah dan pemandangan di sekitar Desa Candimulyo, Kretek, Wonosobo, Jawa Tengah. Pemandangan yang indah terpancar di desa ini dengan kehadiran 2 buah gunung yang hijau dan berpetak-petak sawah yang menghijau dan segar ini.

Disebelah kiri terdapat pak tani sedang menyirami sawah.Udara disekitar sawah ini begitu sejuk dan menyegarkan. Hari itu semakin siang dan juga semakin panas, namun pak tani tidak kenal lelah, ia terus melanjutkan pekerjaannya dan menikmati indahnya pemandangan di sawah yang sedang ia kerjakan.

Semakin siangnya hari itu membuat petani melepas penat sejenak dengan beristirahat disebuah gubuk. Panasnya siang ini membuat petani mengibaskan topi besar untuk mengipasi badannya dan tidak lupa meminum air yang telah ia bawa dari rumah sejak pagi tadi.

Sambil beristirahat ia melihat petani lain yang sedang mencangkul sawahnya yang berpetak-petak luasnya. Mereka semua gigih merawat sawah yang dimiliki agar memiliki hasil yang bagus dan maksimal.Para petani tidak kenal lelah untuk mencangkul dan merawat sawah seperti anaknya.

Artikel Terkait :  10 Contoh Paragraf Induktif Paling Lengkap

Selesai istirahat, petani pun melanjutkan pekerjaanya di sawah. Dengan hati gembira ia ayunkan pacul dan siap mencangkul sawahnya. Beberapa waktu kemudian sang istri datang membawakan kiriman makanan sianguntuknya. Ia pun bergegas menikmati makanan yang dibawa istrinyadengan lahap dan gembira.

Selesai makan petani pun melanjutkan pekerjaanya kembali, sedangkan sang istri kembali kerumah. Ia tidak kenal lelah untuk melakukan pekerjaan disawahnya, karena yang diinginkan adalah hasil maksimal dari sawah yang selama ini ia kerjakan.

Ketika langit sudah berubah warna dan tidak cerah lagi, matahari pun mau terbenam, Petani berkemas-kemas untuk bersiap pulang kerumahnya untuk beristirahat agar bisa melakukan pekerjaanya lagi esok hari.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah
kakakpintar.com

Perpustakaan Sekolahku

Sejak kecil aku sangat suka membaca, dan membaca menjadi salah satu hobi kesukaanku. Banyak buku yang suka aku baca baik dari buku novel hingga pelajaran. Saat SMP aku suka membaca buku di Perpustakaan Daerah karena si SMPkuPerpustakaanya kecil dan buku yang tersedia juga sedikit.

Sangat beruntung saat aku masuk ke SMA yang baru ini, di SMA ku ini memiliki sebuah perpustakaan besar dan didalamnya terdapat banyak koleksi buku dan lengkap. Bukan hanya buku pelajaran saja, di perpustakaan sekolahku jua terdapat buku bacaan seperti novel, koran juga ada.

Perpustakaan sekolahku memiliki ukuran sekitar 50 x 70 m2 dan terdiri dari satu lantai. Walaupun satu lantai perpustakaanku sangat indah dan nyaman. Banyak terdapat rak-rak buku yang menghiasi perpustakaan sekolahku. Di setiap rak-rak tersebut tersusun berbagai macam buku yang disusun dengan rapi dan menurut jenis bukunya.

Didepan barisan rak-rak buku itu terdapat meja dan kursi yang biasa digunakan para pengunjung untuk sekedar membaca buku-buku yang ada di perpustakaan maupun mengerjakan tugas sekolah. Terdapat pendingin ruangan didalam perpustakaan tersebut, sehingga para pengunjung bisa nyaman dan betah ketika membaca buku.

Terlebih lagi pihak sekolahan menyediakan 3 buah komputer untuk mencari buku, sehingga akan lebih mudah dan cepat untuk menemukannya. Selain nyaman dan luas, perpustakaan sekolahku juga dilengkapi penjaga perpus yang ramah tamah. Para penjaga perpustakaan siap untuk membantu para pengunjung.

Aku sangat bersyukur bisa masuk ke SMA ku ini yang mempunyai Perpustakaan yang luar biasa ini.aku bisa melakukan hobiku dan bisa belajar lebih giat berkat perpustakaan yang luar biasa ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Teks Deskripsi Tentang Ikan
seputarikan.com

Ikan Peliharaanku

Artikel Terkait :  Kumpulan Contoh Paragraf Eksposisi Paling Lengkap

Aku merupakan orang yang suka dengan hewan.Hampir semua hewan peliharaan aku menyukainya.Namun hewan yang paling aku sukai adalah ikan.Ikan merupakan hewan yang tinggal hidupnya berada didalam air.Salah satu jenis ikan yang aku sukai adalah koi.

Nama Koi berasal dari Negara Jepang yang berarti ikan karpet, untuk bahasa Inggris lebih tepatnya nishikoigo yang memiliki makna ikan karpet mersulam perak atau emas. Ikan koi ini biasa dijadikan lambang persahabatan dan cinta, untuk itu aku sangat menyukai ikan hias satu ini.

Ikan koi yang aku pelihara ditempatkan didalam kolam. Ikan hias ini akan semakin cantik dan indah saat berenang didalam kolam, jika diletakkan didalam akuarium keindahan ikan koi ini akan berkurang, untuk itu aku menempatkannya dikolam depan rumah.

Aku memilih memelihara ikan koi karena umur yang dimiliki ikan koi relatif lama dan bisa disebut teman hidupku. Ada ikan koi yang berumur hingga 200 tahun, dan untuk ikan koiku ini sudah berumur hampir 5 tahun.

Ikan koi yang aku miliki berwarna merah dan putih, memang banyak sekali macam warna ikan koi tapi aku lebih suka melihat ikan koi merah dan putih karena tampak lebih indah didalam kolam.

Untuk makanannya koi sangat mudah, koi peliharaanku sering aku kasih pur khusus ikan. Tingkah ikan koi peliharaanku sangat menyenangkan saat diberi makan, karena akan mengumpul dan memakan makanan yang aku berikan dengan lahap. Setelah aku beri makan, ikan koi peliharaankuakan melakukan atraksi dengan berenang indah keseluruh penjuru kolam seakan sedang menghiburku.

Aku sangat menyukai ikan koi peliharaanku ini.segala penat yang aku rasakan hilang saat bermain atau berada didekat ikan peliharaanku ini. aku berjanji akan merawat ikan koi itu dengan benar dan tidak akan membiarkannya mati.

Teks Deskripsi itu sangatlah penting, karena menggambarkan sebuah topik atau sesuatu benda dengan jelas dan rinci. Dengan teks deskripsi ini akan membantu pembaca lebih mengetahui dengan jelas topik apa yang disampaikan oleh penulis dan lebih mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai topik itu sendiri.

Memang agak sulit untuk membuat teks deskripsi itu sendiri apalagi untuk anda yang jarang membuatnya. Semoga contoh teks deskripsi diatas bisa membantu anda untuk merancang teks deskripsi lebih bagus, baik dan lebih jelas. Agar apa yang dimaksudkan oleh anda bisa terbaca dengan jelas oleh pembaca.

Leave a Comment