Gunakan Contoh Teks Tanggapan Kritis yang Tepat untuk Menyapaikan Pendapat

Teks Tanggapan Kritis – Manusia merupakan makhluk sosial, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan hal ini membuat setiap manusia harus saling berkomunikasi satu dengan yang lain. Komunikasi ini pasti memungkinkan terjadinya perseteruan antara manusia seperti debat, cekcok atau tanggapan. Hubungan antara manusia harus berjalan dengan baik agar tetap menikmati kehidupan.

Untuk itu alangkah lebih baik meminimalkan menyinggung orang lain. Sangat penting untuk mengetahui teks tanggapan kritis yang benar, agar tidak menyinggung suatu pihak tertentu. Dengan menggunakan teks tanggapan kritis akan mampu membuat anda menyampaikan tanggapan kepada pihak lain dengan benar atau tanpa menyinggung.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

slidesharecdn.com

Teks tanggapan kritis merupakan teks yang didalamnya berisi kritik tajam tentang suatu hal mengenai sebuah kesalahan. Teks ini biasanya muncul saat terjadi debat, kritikan terhadap orang lain karena sesuatu yang disampaikan tidak pas.

Bisa disebut juga dengan analisa mengenai suatu pendapat. Sangatlah baik jika mampu menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang lain, karena semua tanggapan atau kritikan nantinya akan membuat semuanya menjadi lebih baik.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

kompasiana.com

Sebagai sebuah teks, harus memiliki struktur teks tersebut. seperti halnya teks  tanggapan kritis, memiliki struktur sebagai ciri khas teks itu sendiri. Struktur dari teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut:

Pada salah satu struktur teks tanggapan kritis ini berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan disampaikan oleh penulis pada teks tersebut. Evaluasi ini menjadi bagian pertama dari teks tanggapan kritis.

  • Deskripsi Teks

Deskripsi teks ini merupakan bagian kedua didalam teks tanggapan kritis setelah evaluasi.Deskripsi teks ini merupakan isi dari sebuah teks tanggapan kritis. Di dalam deskripsi ini memuat informasi pendapat dan data-data yang dapat mendukung atau bahkan melemahkan suatu pernyataan.

  • Penegasan Ulang

Didalam teks tanggapan kritis selalu tercantum Penegasan ulang yang merupakan bagian ketiga atau biasa disebut sebagai bagian terakhir atau penutup teks tanggapan kritis. Bagian akhir ini memuat mengenai penegasan ulang tentang apa yang sudah dilakukan atau yang sudah diputuskan tadi.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

slidesharecdn.com

Untuk membedakan dengan teks lain, setiap teks pasti memiliki ciri khas yang membedakan dari teks lainnya. Seperti halnya dengan teks tanggapan kritis memiliki ciri khas sendiri agar lebih mudah untuk mengetahui bahwa teks tersebut merupakan teks tanggapan kritis, berikut ciri-cirinya:

  • Memuat tanggapan mengenai sebuah fenomena yang telah terjadi disekitar yang disertai dengan alasan dan fakta.
  • Memiliki 3 struktur teks yakni Evaluasi, Deskripsi Teks dan Penegasan Ulang.
  • Memiliki kaidah kebahasaan/ ciri kebahasaan yang harus dimiliki sebuah teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis

muhammadalfarizhi10.blogspot.com

SMA ATAU SMK?

Sebagai orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik dalam hal apapun terutama hal sekolah. Saat anak duduk dibangku SMP, bukan hanya orang tua saja yang bingung mencari sekolah lanjutan, namun untuk siswa kelas 9 itu sendiri juga sangat kebingungan untuk memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih.

Untuk memilih sekolah lanjutan apakah SMA atau SMK tidak boleh sembarangan. Harus sangat memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sekolah pilihan sebelum kita memilih dan mendaftarnya.Banyak alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah dan pilihan kita antara SMA atau SMK.

Alasan pertama yang menjadi pertimbangan adalah kita sudah tahu bahwa lulusan SMK lebih mudah dan juga lebih siap untuk bekerja setelah lulus sekolah dibandingkan dengan lulusan SMA.

Ini dikarenakan di SMK siswa tidak diajarkan teori untuk mendalami jurusan saja namun juga dibekali kemampuan praktek yang sangat berharga untuk menambah pengalaman dan juga gambaran nyata mengenai dunia kerja nanti.

Seperti yang sudah kita dengar, siswa SMK sering mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang juga sering disebut magang.

Sedangkan di SMA, siswa hanya diajarkan mengenai teoritik yang mendalam pada bidangnya dan tidak mempelajari kemampuan praktek.

Hal ini membuat lulusan SMA harus melanjutkan ke Kuliah dahulu jika ingin memiliki atau mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak orang yang beranggapan seorang lulusan SMK tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah, pendapat ini sangat salah.

Karena lulusan SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti halnya lulusan SMA.

Banyak kelebihan masuk SMK, siswa yang mempunyai hardskill kemampuan kejuruan yang spesifik membuatnya mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai atau tidak jauh beda dengan jurusannya saat di SMK.

Dengan begitu akan lebih mudah mempelajari materi tentang kejuruannya. Sedangkan untuk siswa SMA lebih diajarkan mengenai kemampuan teoritik saja saat di SMA.

Namun jika dibandingkan SMA, materi-materi yang diterima oleh siswa SMK tidak seluas dengan materi yang diterima atau diajarkan di SMA. Ini karena di SMK lebih mengarah secara detail ke jurusan yang diambil. Sedangkan pada SMA diajarkan berbagai macam materi pada bidang yang diambil contohnya bidang IPA.

Seorang blogger menyampaikan sebuah pendapat “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”.

Dari pendapat ini kita bisa berpikir, logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan dengan siswa SMK.Siswa SMK lebih memilih menggunakan langkah cepat atau instan tanpa ada pertimbangan lebih mendalam dalam menghadapi sesuatu.

Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, lulusan SMK akan lebih dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan siswa lulusan SMA. Sehingga banyak siswa SMK sulit masuk atau mendapatkan Perguruan Tinggi. Ini karena ketika memilih jurusan di Perguruan Tinggi lulusan SMK harus memilih jurusan yang sesuai atau tidak jauh bedadengan jurusan yang diambil saat SMK dulu.

Meskipun diterima di jurusan lain, lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat di SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang diambil saat SMK dulu. Dan Lulusan SMA mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi, karena materi yang diajarkan saat SMA hampir mencakup semuanya.

Dengan demikian bisa disimpulkan siswa lulusan SMK jauh lebih siap untuk kerja dibandingkan dengan siswa lulusan SMA.Selain itu dari segi biaya, SMK lebih hemat karena bisa langsung bekerja dibandingkan dengan SMA yang harus ke perguruan tinggi dulu sebelum kerja.

Namun untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan yang akan dipilih itu semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan juga bakat kita sendiri.

Teks tanggapan kritik sangat penting karena mampu mewakili kritikan terhadap suatu hal atau suatu peristiwa. Jika kritikan dengan kata-kata akan lebih mudah menyinggung berbagai pihak, dengan menggunakan teks tanggapan kritis lebih menurunkan resiko tersebut.

Karena didalam tulisan emosi dalam berpendapat tidak akan mudah untuk diketahui berbeda dengan penyampaian melalui kata-kata.

Selain itu tip tanggapan kritis ini juga membantu untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga akan lebih mudah untuk mengambil keputusan setelah menulis teks tanggapan kritis karena terdapat perbandingan dua pendapat didalamnya.

Artikel Terkait :  Contoh Surat Perjanjian dan Panduan Cara Membuatnya

Leave a Reply