Tips Untuk Memulai Bisnis Coklat Rumahan

Masa kecil kamu pasti sangat menyukai permen atau coklat. Ternyata menurut ketua Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) konsumsi coklat di Indonesia meningkat, beberapa tahun yang lalu tingkat konsumsi coklat di Indonesia hanya 0.016 kg perkapita. Hingga awal tahun kemarin konsumsi coklat melonjak 0.3 kg perkapita.

Melihat data yang konsumsi coklat yang terus meningkat di Indonesia, mengindikasikan peluang usaha bisnis coklat terbuka lebar. Pasar khusus coklat dan makanan manis terus meningkat setiap tahunnya. Jika kamu berminat terjun dalam bisnis coklat rumahan, dengan menjual coklat hasil buatan kamu sendiri. Untuk terjun di bisnis kuliner ini ada perlu mempunyai perencanaan yang matang agar bisa mengubah hobi anda menjadi bisnis yang menjanjikan.

Cara memulai bisnis coklat rumahan

Cara Memulai Bisnis Coklat

www.greatbusiness.gov.uk

Untuk memulai bisnis coklat yang baik, buatlah rencana yang baik agar bisa menjadi peluang yang menguntungkan.

Lakukan Persiapan yang Matang

Apakah kamu sudah mempunyai resep roti atau kue coklat yang enak? Bagaimana peralatan-peralatan untuk memasaknya? Apakah kamu perlu membelinya atau cukup meminjam dari teman atau saudara. Buatlah rencana yang baik untuk memulai bisnis ini, hitung juga berapa biaya yang akan dipakai agar mudah untuk mengelola semua kebutuhan yang diperlukan untuk memulai bisnis ini.

Fokus Pada Keunikan Coklat Buatanmu

Janga hanya menjual coklat biasa yang sudah banyak di pasaran. Tapi berilah nilai lebih dari coklat yang akan kamu jual, misalnya coklat kamu memberikan manfaat kesehatan seperti sebagai anti oksidan atau untuk jatung sehat. Atau kamu juga bisa membuat kreasi bentuk yang unik dari coklat yang kamu buat, selain itu kamu juga bisa mengkreasikan kemasan agar tampil lebih menarik.

Uji Coklat yang Kamu Buat

Setelah menentukan coklat apa yang akan kamu buat, cobalah buat uji coba apakah coklat yang kamu buat sudah baik apa belum. Mintalah kepada teman atau saudara untuk mencicipi coklat yang kamu buat, dan mintalah saran tentang rasanya apakh sudah layak untuk dijual.

Jualah Coklat Buatanmu ke Gerai Makanan atau Kantin Terdekat

Kamu bisa memulai untuk menjual coklat buatmu dengan cara menitipkanya ke gerai-gerai makanan terdekat. Cobalah untuk mengamati apakah ada produk coklat yang sama dengan coklat yang kamu buat? Bila ada cobalah amati bagaiman cara mereka mengemas dan menjual produknya. Kamu bisa meniru cara mereka dengan sedikit modifikasi agar sesuai dengan produk kamu.

Cobalah untuk MBenjual Coklat Buatanmu ke Acara-acara Pernikahan atau azar

Jika kamu memiliki teman atau saudara yang mengadakan acara yang mengundang orang bayak, cobalha untuk memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan coklat buatanmu sebagi camilanya. Gunakanlah peluang ini untuk menjalin relasi jika produk kamu disukai oleh orang yang datang ke acara itu, kamu akan lebih mudah untuk memasarkan produk buatanmu.

Buatlah pemasaran melalui media Online

Jual Coklat Lewat Online

manggale.com

Agar bisnis yang kamu jalankan bisa berkembang dengan cepat, kamu bisa memasarkan produk buatanmu melalui media online seperti membuat blog atau memanfaatkan media sosial. Bila kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan baik, bukanlah hal yang mustahil untuk menjual produkmu dengan jumlah yang besar.

Lengkapi surat ijin usaha

Sama seperti bisnis pada umumnya. Ketika akan memperbesar bisnis kamu harus melengkapi surat ijin dari pemerintah setempat. Buatalah standar produksi yang baik agar kualitas tetap terjaga, sehingga memudahkan kamu untuk mengajukan ijin sertifikasi produk yang kamu jual.

Kembangkan bisnis

Buatlah perencanaan untuk mengembangkan bisnismu. Variasikan coklat-coklat yang kamu buat, baik dari segi rasa, bentuk , ataupun kemasan. Teruslah berinovasi dan ikuti trend yang sedang booming. Tingkatkan kualitas produk dan juga pelayanan sehingga bisnis yang kamu kelola akan menjadi besar.

Artikel Terkait :  6 Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol

Leave a Reply